10 Cara Ampuh Mengatasi Layar HP Redup

  • Whatsapp
iPhone
Layar ponsel

Layar HP tiba-tiba redup membuat kita jengkel. Apalagi layar HP redup ketika kita sedang bermain game, menonton video atau membaca berita di media online.

Kejadian itu sering saya alami. Hampir semua HP mengalami hal serupa. Kebetuan saya menggunakan HP Xiaomi Redmi Note 8 Pro, ternyata kena juga hal semacam ini. Padahal HP itu trbilang ponsel flahsip Xiomi. Jadi ini intinya HP kelas apa pun, kejadian layar tiba-tiba redup bisa saja terjadi.

Ada cara-cara ampuh untuk mengatasi layar HP tiba-tiba redup. Mulai dari cara yang sederhana hingga rumit. Mulai dari pengaturan layar hingga reset ke setelan pabrik.

Namun ada baiknya, kamu harus melakukan mulai dari cara yang sederhana. Siapa tahu dengan cara sederhana tapi ampuh itu, layar HP kamu kembali normal.

1. Matikan kecerahan layar otomatis

Fitur kecerahan otomatis sebenarnya bagus untuk menjaga mata agar tidak lelah kita ketika menatap layar HP. Tapi terkadang, kecerahan otomatis terjadi bukan pada tempatnya. Misalnya, ketika kita menonton video di luar ruangan yang sangat terang. Cahaya layar otomatis menyesuaikan, jadi meredup hingga gelap.

Nah, dengan kondisi ini maka, alangkah baiknya pengaturan cara layar HP dilakukan secara manual. Caranya, masuk ke pengaturan, lalu klik tampilan, cari menu tingkat kecerana. Kalau di HP Xiaomi, menu tingkat kecerahan berada di paling atas atau paling awal.

Selanjutnya matikan tingkat kecerahan otomatis. Lalu atur kecerahan layar dengan menggeserkan tombol ke kanan. Layar HP akan terang.

2. Bersihkan sampah di ponsel

Layar HP tiba-tiba meredup bisa juga karena banyak sampah (cache) dan banyak aplikasi yang masih aktif. Hal itu mengakibatkan prosesor HP lemot hingga berpengaruh pada proses pencahayaan pada layar. Prosesor menjadi berat untuk mengangkat elemen yang menyalakan layar.

Oleh karena itu, cara ampuh kedua untuk mengatasi layar HP redup adalah membersihkan sampah di HP. Biasanya di setiap ponsel memiliki tools untuk membersihkan sampah dan mematikan aplikasi yang masih aktif tapi tak terpakai.

kalau tidak memiliki tools default, maka kamu bisa mengunduhnya di toko aplikasi. Jika di Android, ya di Play Store dan iPhone di Apps Store. Saya rekomendasikan unduh CC Cleaner. Banyak fiturnya, mulai membersihkan file tak berguna, sampah atau cache hingga menutup aplikasi yang masih aktif.

3. Bersihkan lubang jack pengisian baterai

Lubang jack USB untuk pengisian baterai terkadang kotor karena kita sering mengeluarkan dan memasukan jack charger. Hal itu bisa mengganggu pada kinerja ponsel sehingga prosesor berat menggerakkan komponen yang menyalakan cahaya layar HP.

Untuk mengetahui apakah kotornya lubang jack benar-benar berpengaruh pada layar HP, kamu bisa coba masukkan kabel jack charger tapi tanpa menyambungkannya dengan listrik. Jika layar HP tiba-tiba terang, berarti memang lubang jack harus dibersihkan.

4. Restart HP

Cara ampuh lainnya adalah dengan me-restart HP. Ini benar-benar terbukti ampuh untuk mengatasi layar ponsel redup.

Dengan me-restart HP, maka semua aplikasi yang masih aktif akan mati, lalu komponen lainnya bekerja normal seperti biasa.

Cara restart HP tentu saja semua orang yang memiliki ponsel akan mengetahuinya. Tekan tombol power, lalu pilih restart atau muat ulang.

5. Matikan aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa mengganggu kecerahan layar, tertuama yang berkaitan dengan sistem. Untuk membuktikannya, kamu bisa masuk ke safe mode di HP untuk proses reboot. Caranya, klik tombol power daya, lalu klik ikon daya mati cukup lama. kemudian tekan Oke untuk masuk ke safe mode.

Setelah proses reboot berhasil, kamu coba lagi atur kecerahan layar. Jika layar kembali normal, itu artinya memang aplikasi menjadi penyebabnya.

Untuk menghapus atau uninstal aplikasi bisa dilakukan seperti biasa. Kamu masuk ke pengaturan, lalu ke aplikasi dan tekan lalu akan muncul pilihan hapus atau uinstal. Bisa juga kamu masuk ke memori dan uninstal aplikasi. Untuk ponsel terbaru, cukup tekan lama aplikasi di layar utama, lalu klik hapus.

6. Matikan Opsi Developer

Menurut situs leskompi, opsi developer aktif bisa mengganggu tingkat kecerahan layar HP. Dengan demikian, cara ampuh selanjutnya untuk mengatasi layar HP redup adalah dengan menonaktifkan opsi developer.

Kamu akan melihat menu opsi developer jika fitur ini aktif. Menu itu berada di pengaturan, kemuduan gulir ke bawah. Jika ada opsi developer, berarti fitur itu aktif. Jika tidak ada, maka tidak aktif dan biarkan saja.

Opsi developer ini poisinya tersembunyi. Untuk memunculkannya, kamu ketuk beberapa kali antarmuka ponsel kamu. Kalau Xiaomi, kamu ketuk berulang-ulang MIUI.

7. Unroot HP

Mungkin HP kamu mengalami layar redup akibat proses rooting Android. Proses ini biasanya dilakukan untuk mengunduh aplikasi yang memang tak tersedia di Android. Perlu diketahui agar HP kamu aman, alangkah lebih baiknya mengunduh aplikasi resmi yang tersedia di Play Store.

Kembali ke dampak rooting Android. Salah satu dampaknya adalah error di beberapa software yang bisa jadi salah satunya adalah kecerahan layar HP. Jika itu memang terjadi, maka kamu harus unroot. Tiap HP bisa berbeda cara dalam proses unroot. Kamu bisa mencarinya di pencairan Google.

8. Reset HP

Kalau cara-cara tadi tidak menyelesaikan masalah layar HP redup, maka solusi selanjutnya adalah dengan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik atau factory reset.

Caranya, kamu masuk ke pengaturan. Lalu gulir ke paling bawah. Nanti kamu akan menemukan factory reset. Setiap ponsel memiliki tempat berbeda untuk pengaturan ini. Biasanya berada di menu keamanan. Kalau HP Xiaomi berada di menu “Tentang”.

9. Instal ulang OS

Ini cara terakhir untuk mengatasi layar HP meredup. Bisa jadi penyebabnya adalah sejumlah eror di sistem operasi. Beberapa fungsi fitur ponsel tidak bekerja dengan baik.

Instal ulang OS dilakukan dengan cara flash ulang. Berbeda dengan reset, flash ulang ini adalah menginnstal ulang atau mengganti sistem operasi. Cara ini memang tidka bisa dilakukan sembarangan karena berkaitan dengan sistem.

Untuk melakukan cara ini, kamu mesti mengerti alur-alurnya. Mulai dari proses recovery, ROM, flashing dan lainnya. Ada baiknya kamu ke tukang servis ponsel saja. Tapi kalau memang ingin belajar, bisa mencari caranya di internet. Banyak.

10. Instal OS di pusat servis resmi

Cara paling akhir adalah dengan datang ke pusat servis resmi HP kamu untuk menginstal ulang atau malah upgdare sistem operasi ponsel kamu. Misalnya, jika HP kamu Samsung, maka kamu bisa pergi ke Service Center Samsung. Di sana, selain bisa memperbaiki komponen ponsel, kamu juga servis sistem operasi. Lama perbaikan tergantung di sana. Kalau kerusakannya ringan, tidak sampai sehari proses perbaikannya.

Penutup

Kamu bisa mencoba secara bertahap 10 cara atasi layar HP redup yang sudah dijelaskan tadi. Jika cara satu gagal, maka bisa mencoba ke cara ke dua dan seterusnya.

Misalnya, ketika cara menonaktifkan kecerahan otomatis, maka coba ke cara membersihkan sampah dan seterusnya.

Jika masih gagal, berarti memang adalah masalah di ponsel kamu, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Jika ponsel kamu masih baru dan garansi masih berlaku, saya sarankan langsung saja ke pusat servis resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *