10 Layanan Nonton Film Gratis Pengganti Netflix

Jutaan orang di seluruh dunia menganggur dan jutaan orang pula sedang mencari cara untuk menghemat uang. Termasuk penghematan untuk liburan.

Jika melihat layanan nonton film berbayar semacam Netflix dan sejenisnya, tentu agak berat hati untuk merogoh kocek karena memang situasinya sedang sulit seperti ini. Namun hiburan nonton film harus tetap berjalan demi mencegah diri dari depresi atau stres.

Lalu apa yang harus dilakukan agar tetap bisa menonton film tetapi beras masih bisa terbeli? Tenang banyak kok layanan nonton film gratis yang bisa menjadi alternatif Netflix. Berikut 10 layanan nonton film gratis yang layak kamu coba dilansir dari Cnet.

1. Crackle

Crackle adalah milik Sony dan menawarkan layanan nonton film gratis streaming yang mengandung iklan. Layanan ini menawarkan film dan pertunjukan TV, sebagian film di antaranya adalah original.

Layanan ini tersedia di sejumlah perangkat. Bahkan untuk mengaksesnya, pengguna tidak usah membuat akun, kecuali kalau memang ingin menyimpan film-film favorit yang akan ditonton kembali di waktu yang akan datang.

Beberapa film yang hit di Crackle pada Juli 2020 ini adalah The Big Chill, The Illusionist, Onec Upon a Time in West, Patriot Games dan Train to Busan.

2. IMDb TV

Layanan film gratis ini sudah terkenal dan tidak asing lagi di telinga kamu. IMDb TV sebelumnya dikenal sebagai FreeDrive yang merupakan database film milik Amazon. Layanan ini merupakan cara Amazon menawarkan layanan film streaming yang mendukung iklan. Layanan ini juga tidak terbatas pada film, tetapi pertunjukan televisi.

Sayangnya, layanan ini hanya bisa diakses melalui personal computer (PC) dan aplikasi Prime Video serta IMDb.

3. Hoopla

Layanan film gratis ini terbilang unik karena bisa diakses jika pengguna meminjam buku di perpustakaan. Ya, Hoopla bekerja sama dengan perpustakaan untuk menawarkan hiburan bagi pembaca buku. Misalnya, pengguna meminjam buku dan akan mendapatkan akses ke film di Hoopla. Jumlah film yang bisa ditonton tergantung ketentuan dari perpustakaan itu sendiri.

4. Internet Archive

Para blogger pasti sudah mengenal apa itu internet archive. Layanan ini bukan hanya menyediakan jual beli domain kedaluarsa, tetapi juga bisa ribuan film berdurasi panjang.

Pengguna bisa mengakses banyak film yang rata-rata memang klasik. Tapi tentu saja film klasik juga banyak yang menarik. Silakan bisa dicoba juga.

5. Kanopy

Layanan ini mirip dengan Hoopla. Kanopy juga bekerja sama dengan perpustakaan untuk menawarkan layanan film gratis bagi para pembaca. Cara untuk mengakses layanan film ini juga sama, yakni harus meminjam buku.
Sayangnya, perpustakaan yang bekerja sama dengan Kanopy sebagian besar berada di Amerika Serikat. Tapi cek dulu, siapa tahu perpustakaan di Indonesia juga ada yang sudah bekerja sama.

6. Plex

Plek dikenal sebagai layanan gado-gado untuk film, program televisi, podcast, berita dan lainnya. Namun baru-baru ini ia memberi celah bagi pengguna untuk “membobol” akses menonton film-film secara gratis.

7. Pluto TV

Pluto mulai tayang sebagai layanan livestreaming yang menawarkan berbagai kanal konten. Termasuk di dalamnya video pilihan CNET.

Pluto awalnya dibeli oleh Viacom yang kemudian merger dengan perusahaan induk CNET, yakni CBS. Meski sebagian besar kontennya berupa program televisi seperti olahraga dan berita, namun layanan ini juga meawarkan film-film atas permintaan pengguna.

Sayangnya, ketika dicoba, layanan ini belum tersedia di Indonesia.

8. Roku Channel

Roku Channel sebenarnya bukan penyedia film gratis, melainkan agregator layanan konten film tanpa biaya. Namun terkadang isinya tumpang tindih dengan layanan dengan film yang tersedia di layanan lain.

Roku Channel bermitra dengan Lionsgate, MGM, Sony dan Warner. Di sisi lain Roku juga punya layanan serupa sendiri seperti FilmRaise, Popcornflix dan Vidmark.

Layanan ini tersedia di PalyStore dan juga peramban web di desktop.

9. Tubi TV

Tubi TV merupakan rumah untuk ribuan film komersil yang gratis. Tubi TV menawarkan konten film dari beberapa studio termasuk Lionsgate, MGM dan Paramount.

10. Vudu

Vudu merupakan layanan video milik Walmart yang memperluas kontennya pada penyediaan film gratis. Untuk mengaksesnya, pengguna perlu membuat akun dan daftarnya juga gratis.

Demikian 10 layanan film gratis yang bisa kamu coba. Sebagian tersedia di Google Paly Store dan App Store. Kamu tinggal ketik kata kunci nama layanan itu kotak pencarian. Selamat mencoba dan tetap sehat.

Tinggalkan komentar