10 Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Jitu Mengatasinya

/
/
/
17 Views
ad-mania

Ponsel baik Android maupun iPhone saat ini sering mudah panas. Hal itu karena memang beban chipset sangat tinggi karena menjalankan banyak aplikasi.

Hal itu tentu saja berbeda dengan ponsel-ponsel dulu yang beban prosesornya rendah, sehingga tidak mudah panas dan durasi baterainya pun bertahan lama.

Selain itu, ponsel mudah panas karena sering dipakai terus menerus. Apalagi jika dipakai untuk bermain game atau membuka aplikasi yang berat.

Selain itu, banyak penyebab lain yang membuat ponsel mudah panas. Mulai dari penggunaan yang berlebihan hingga masalah perangkat lunak atau software.

Berikut 10 penyebab ponsel mudah panas dan cara jitu untuk mengatasinya yang dilansir dari sejumlah sumber dan pengalaman penulis sendiri.

1. Menjalankan aplikasi berat

Ponsel akan mudah panas jika dipakai untuk menjalankan aplikasi berat. Biasanya aplikasi yang terbilang berat adalah edit video dan foto.

Untuk mengatasinya, maka hapuslah aplikasi yang berat. Lalu rutin membersihkan cache atau sampah-sampah digital di ponsel.

2. Bermain game berlebihan dan lama

Bermain game di ponsel memang mengasyikan dan terkadang sampai lupa waktu. Akibatnya, kita bisa terlalu lama bermain game hingga membuat ponsel panas.

Ponsel yang dipakai terlalu lama bermain game juga bisa membuat beban mesin ponsel kian berat hingga menurunkan kinerja perangkat.

Untuk mengatasinya, hentikan dulu bermain game. Lalu clear cache dan ponsel direstart. Setelah itu, istirahatkan ponsel dipakai bermain game beberapa jam. Setelah itu ponsel akan kembali normal.

3. Nonton film atau video streaming

Saat ini menonton film atau video streaming menjadi sebuah rutinitas hampir semua pengguna ponsel. Sebab memang banyak konten-konten menarik di layanan streaming itu.

Akan tetapi menggunakan ponsel untuk konten streaming memiliki efek negatif pada ponsel jika dilakukan terlalu lama. Tentu saja ponsel akan panas.

Untuk mengatasinya, hentikan dulu menonton video streaming seperti YouTube dan lainnya. Istirahatkan ponsel sejenak untuk pendinginan. Atau simpan ponsel di depan kipas angin. Setelah dingin, silakan pakai kembali ponselnya.

4. Masalah pengaturan

Penyebab lain ponsel cepat panas adalah karena masalah pengaturan perangkat yang tak optimal. Kesalahn pengaturan mempengaruhi terhadap energi yang dipakai. Misalnya, pengaturan kecerahan layar, penggunaan wallpaper animasi dan lainnya.

Pengaturan tersebut jika tidak optimal akan menyebabkan daya baterai ponsel menurun, dan perangkat cepat panas.

Untuk mengatasinya, atur ulang ponsel atau kembalikan pengaturan ponsel ke versi default atau ke awal. Cara ini akan mencegah baterai boros dan menghindari ponsel cepat panas.

5. Lingkungan dan suasana

Faktor lingkungan dan suasana bisa berpengaruhi suhu ponsel. Misalnya, anda memegang ponsel di bawah terik matahari. Selain Anda yang kepanasan, ponsel juga akan cepat panas.

Selain itu, ponsel dibiarkan terlalu lama di saku baju atau celana pun kurang bagus karena sirkulasi udara panas di ponsel tidak keluar. Sebab, meski ponsel disimpan, namun CPU atau prosesornya tetap berjalan.

Sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan membiasakan diri menggunakan ponsel di tempat yang tidak langsung terpapar cahaya matahari. Selain itu, sesekali ponsel digenggam dan tidak lama disimpan di saku pakaian.

6. Aplikasi yang belum di-update

Aplikasi yang belum diperbaharui juga bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Sebab, aplikasi yang butuh pembaharuan mengalami bug alias masalah ketika dijalankan, lalu berdampak pada kinerja CPU. Kerja CPU menjadi berat sehingga menyebabkan suhu ponsel naik dan cepat panas.

Untuk mengatasinya, periksa semua aplikasi di Play Store lalu cek apakah ada yang butuh pembaharuan. Jika ada, segera perbaharui.

Setelah itu jangan lupa clear cache dan restrat ponsel.

7. Hotspot menyala terus

Hotspot menyala tersebut akan membuat ponsel cepat panas. Terutama hotspot yang sedang dipakai tethering di perangkat lain.

Untuk mengatasinya, matikan dahulu hotspot dan diamkan ponsel beberapa menit. Lalu restart ponsel agar aplikasi berjalan normal.

8. Casing ketat minim ventilasi

Casing ketat biasanya berbahan fiber campuran karet. Hal itu akan membuat sirkulasi suhu di ponsel terhambat. Apalagi jika casing yang digunakan minim lubang ventilasi.

Untuk mengatasinya, ganti casing yang memiliki banyak lubang ventilasi. Harga sedikit mahal tak masalah yang penting ponsel tetap terlindungi dan sirkulasi udara di ponsel berjalan normal.

9. Software bermasalah

Biasanya ponsel yang sering dipakai untuk membuka banyak aplikasi kerap mengalami kendala di software. Ponsel mengalami ngelag dan kadang sulit menyala dengan sempurna. Hal itu akan membuat ponsel cepat panas.

Solusinya adalah dengan melakukan pengaturan ulang total dengan kembali ke stelan pabrik. Cara itu akan menormalkan kembali ponsel.

Namun jika dengan cara stelan pabrik tak berhasil, maka Anda segera pergi ke pusat service center untuk memperbaiki perangkat lunak yang bermasalah.

10. Dipakai sambil dicas

Ini kebiasaan orang yang sering menggunakan ponsel sambil dicas. Kebiasaan ini juga menyebabkan ponsel cepat panas dan pada sejumlah kasus bisa menyebabkan ponsel terbakar.

Cara mengatasinya adalah dengan tidak membiasakan menggunakan ponsel sambil dicas, apalagi jika sambil bermain game. Jika terpaksa, gunakanlah power bank untuk mengisi baterai sambil ponsel dipakai. Tapi cara ini juga jangan keseringan karena bisa menyebabkan ponsel mudah rusak.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :