Mengenal UI TouchWiz Nature UX di Ponsel Android

/
/
/
Touchwiz Nature UX

TouchWiz Nature UX merupakan antarmuka pengguna atau user interface (UI) jadul di Android namun tetap menarik untuk dikupas di artikel ini.

UI dalam pengertian teknologi gadget merupakan lapisan atau tampilan di permukaan paling atas perangkat Android. Tiap industri mobile membuat UI tersendiri dengan menambah fitur-fitur, atau mengubah tampilan perangkat Android masing-masing. Mereka melakukan hal itu demi membedakannya dengan perangkat mobile produk lain.

Selain itu, UI juga dijadikan sebagai ruang untuk menempatkan layanan atau aplikasi mereka sendiri, selain aplikasi regular dari Google.

Di artikel sekarang ini, kami akan menyajikan dua UI Android yang terpopuler, yakni TouchWiz Nature UX 1.0 dan TouchWiz UX 2.0 lansiran Samsung. Artikel ini dikutip dari Android Authority.

1. TouchWiz Nature UX 1.0 (Android 4.0/4.0)

UI ini kali pertama dilihat di Samsung Galaxy S3 pada tahun 2012. Antar Muka pengguna ini dirancang dengan inspirasi alam. Karakter alam di TouchWich Nature UX 1.0 terlihat dari mulai wallpaper, layer terkunci, bahkan hingga suara notifikasi. Keseluruhan antar muka ini terpusat di sekitar alam. Dan memang, konsep itu sesuai tagline Galaxy S3, yakni “Dirancang untuk manusia, terinspirasi alam”.

Touchwiz dikenal dengan kaya fitur dan antar muka pengguna penuh warna. Kendati memang, UI ini menuai kritik karena menyebabkan kinerja sistem menjadi lamban, serta kenyataannya, beberapa fitur tidak bekerja sesuai dengan yang diiklankan.

Beberapa aplikasi yang terdapat di ToucWiz Nature UX 1.0 termasuk Music Hub, Samsung Apps, S Voice, S Memo dan S Planner.

Sedangkan beberapa fitur yang terdapat di UI ini antara lain:

    • Smart stay: fitur untuk menjaga layar tetap aktif dengan tatapan mata.

 

    • Multiview: fitur yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi dalam waktu bersamaan. Hanya saja, fitur ini tersedia di perangkat mobile kelas atas.

 

    • Pop up Play: fitur untuk memainkan film atau video kendati Anda sedang membuka aplikasi lain.

 

    • S-Beam: fitur untuk berbagi video, musik, foto atau nomor kontak dengan Samsung Galaxy S3 atau Galaxy Note 2 yang lain.

 

    • Burst Photo: Fitur yang membuat pengguna mampu mengambil 20 gambar dengan cepat. Fitur ini cocok untuk memotret saat menyelam.

 

    • S Voice: fitur ini merupakan jawaban untuk Siri milik Samsung, semacam asisten pribadi yang bisa mengubah pengaturan dengan suara dan menjawab pertanyaan pengguna.

 

    • Direct Call: fitur ini secara otomatis melakukan panggilan nomor kontak seseorang yang sedang Anda kirim pesan hanya dengan mendekatkan ponsel ke telinga.

 

  • Air View: dengan fitur ini, Anda bisa melihat pratampilan foto atau pesan dengan mengibaskan S-Pen di atas permukaan kotak pesan atau galeri.

TouchWiz Nature UX 1.0 ini terdapat di Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy Note 2, Samsung Galaxy S3 mini, Samsung Galaxy Ace 2, dan Samsung Galaxy Note 10.1.

2. TouchWiz Nature UX 2.0 (Android Jelly Bean 4.2)

UI ini merupakan kelanjutan dari ToucWiz Nature UX 1.0, dan kali pertama dilihat di Samsung Galaxy S4. Sebagian besar desain UI ini sama dengan Nature UX 1.0. Perbedaannya adalah di TouchWiz Nature UX 2.0 tampilan layar terkunci dan aplikasi pengaturan agak dipelintir.

Ada beberapa fitur tambahan yang dimasukkan ke TouchWiz Nature UX 2.0 antara lain:

    • Smart Pause dan Smart Scroll. Smart Pause merupakan fitur pelacak pandangan Anda. Fitur ini mirip Smart Stay. Hanya saja Smart Pause bekerja ketika Anda menonton video lalu pandangan Anda menjauh untuk mengerjakan sesuatu yang lain, maka video akan berhenti sementara (pause) secara otomatis. Lalu video akan berlanjut kembali ketika wajah atau pandangan Anda kembali menghadap layar perangkat mobile. Dengan fitur ini, Anda tidak akan kehilangan adegan atau momen yang dimainkan di video. Sementara Smart Scroll membuat Anda bisa menggerakkan layar (scroll) hanya dengan kedipan mata. Layar yang bergerak hanya secara vertikal.

 

    • Air View dan Air Gesture: Air View merupakan perluasan fitur dari Air View sebelumnya di keluarga Galaxy Note. Hanya saja, Air View yang ini bisa bekerja dengan jari, bukan hanya S-Pen lagi. Untuk melihat pratampilan foto cukup mengibaskan jari di atas galeri, tidak perlu menyentuhkan jari ke layar. Pun demikian ketika Anda ingin melihat pratampilan pesan email atau melakukan speed dial.
      Air Gesture merupakan fitur yang memungkinkan Anda menjawab panggilan telepon, scroll browser atau mengubah musik dengan mengibaskan jari di atas layar, tanpa mesti menyentuhnya.

 

    • S Translator: fitur penerjemah ketika Anda mengetik pesan atau membaca pesan yang masuk. Bahasa yang tersedia antara lain Portugal, China, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea dan Spanyol.

 

    • S Health: Fitur ini dapat memonitor asupan kalori, berat dan aktivitas tubuh Anda.

 

  • Dual Camera: Fitur ini memungkinkan pengguna memotret atau merekam gambar video subjek dan si pemoto sekaligus dalam satu jepretan.

TouchWizh Nature UX 2.0 tersedia di Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy Mega 5.8, Samsung Galaxy Mega 6.3, Samsung Galaxy S4 Mini, Samsung Galaxy S4 Zoom, dan Samsung Galaxy S4 Active.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :