8 Simbol Paling Kuno yang Diketahui Manusia

/
/
/
Simbol paling kuno diketahui manusia

Untuk memahami dengan benar makna simbol tertua yang diketahui manusia, pertama-tama kita harus mendefinisikan apa itu simbol.

Dalam situasi ini, simbol bukan hanya tulisan atau matematika; itu adalah proses menghasilkan representasi dari sesuatu yang lain, yang merupakan temuan yang signifikan secara psikologis.

Tebasan di batu, misalnya, mungkin menyiratkan manusia purba yang bosan mengiris batu atau degradasi alami dari waktu ke waktu.

Namun, jika seorang arkeolog dapat menunjukkan bahwa garis miring menandakan sesuatu yang bermakna, itu adalah simbol lama yang menunjukkan bahwa manusia pada saat itu cukup maju secara intelektual untuk menggambarkan dunia di sekitar mereka dalam bentuk abstrak seperti seni dan tulisan.

Ikon-ikon ini, 8 simbol paling kuno yang dikenal manusia, berasal dari abstraksi kuno ini.

Baca juga: 5 Misteri Dunia yang Sudah Terpecahkan

Berikut 8 simbol paling kuno yang dikenal manusia yang dilansir dari laman Oldest.org.

1. Ankh

simbol paling kuno
Ankh (Sumber foto:  Pxhere)

Ankh adalah tanda Mesir yang berasal dari abad ke-30 SM, umumnya dikenal sebagai Dinasti Pertama. Bentuknya seperti salib dengan lingkaran di atasnya, desain yang asal-usulnya telah diperdebatkan selama beberapa dekade.

Simpul dikatakan sebagai interpretasi ulang dari tanda kuno yang berarti “perlindungan”, dengan ankh menjadi varian yang digunakan untuk jimat. Yang lain mengklaim itu mencerminkan tali sandal yang diikat atau bahkan memiliki nada seksual, karena menyerupai sistem reproduksi wanita dan pria dalam satu simbol.

Tahukah kamu?

Terlepas dari signifikansi yang tepat, Ankh sering muncul dalam seni Mesir kuno sebagai simbol kehidupan. Itu dipamerkan di tangan para dewa, yang digambarkan menyerahkannya kepada firaun dari setiap dinasti dan menghembuskan kehidupan ilahi ke dalam mereka.

2. Tablet Cuneiform

simbol paling kuno
Tablet Cuneiform (Sumber foto:  Wikimedia Commons)

Bangsa Sumeria menemukan bahasa tulisan pertama yang diketahui di dunia di Uruk, negara kota yang kemudian menjadi Irak. Menggunakan stylus buluh, mereka mengukir simbol yang mewakili transaksi ke dalam tablet tanah liat. Simbol-simbol ini menghasilkan Cuneiform, sistem standar bentuk irisan yang dapat disatukan untuk membuat kalimat dasar atau catatan pembukuan.

Cuneiform akhirnya digunakan untuk penggunaan selain Sumeria dan berperan penting dalam pengembangan Akkadia, bahasa Semit dari Kekaisaran Babilonia.

Tahukah kamu?

Cuneiform digantikan oleh skrip alfabet pada abad pertama. Orang-orang tidak membacanya selama ribuan tahun pada waktu itu. Batu Rosetta, sebuah tablet dari 500 SM. yang menyalin catatan sejarah dalam tiga bahasa: Persia, Elam, dan Akkadia, semuanya berasal dari Cuneiform, mengajari para sarjana modern cara membacanya.

3. Elang berkepala dua

Simbol paling kuno
Elang berkepala dua (Sumber foto: Ancient Origins)

Simbol elang dianggap berasal dari Mesopotamia, di mana ia mewakili dewa bernama Anzu. Kemudian, elang itu diberi dua kepala dan digunakan sebagai dewa elang berkepala dua oleh orang Asyur, yang membawanya ke Anatolia dan kemudian ke Yunani Kuno.

Elang ganda telah dianggap sebagai simbol kekuatan suku dan agama sepanjang sejarah Het. Dia dikenal sebagai Raja Burung di Yunani, dan dikaitkan dengan Zeus (meskipun dia tidak mewujudkannya). Status elang sebagai lambang agama dan politik bertahan hingga saat ini.

Tahukah kamu?

Sudah lama diasumsikan bahwa ukiran Mesopotamia ini, yang telah diturunkan selama berabad-abad, adalah sumber citra elang di pemerintahan Eropa dan Amerika saat ini. Elang telah digunakan pada koin kekaisaran sejak Kekaisaran Romawi pada 104 M, kemudian pada mata uang Bizantium pada abad ke-6, di istana Seljuk Turki pada abad ke-12, dan pada koin Amerika pertama pada abad ke-18.

4. Swastika

Simbol paling kuno
Swastika (Sumber foto: Wikimedia Commons)

Apa yang sekarang hampir secara universal diakui sebagai logo partai Nazi sebenarnya adalah simbol kuno dengan makna yang sama sekali berbeda. Swastika tertua telah dilacak sekitar 7.000 tahun yang lalu di Eurasia kuno. Karya seni itu dianggap sebagai representasi matahari yang bergerak melintasi langit, menurut para peneliti. Mereka percaya itu pertama kali digunakan sebagai simbol kebahagiaan dan kebersamaan.

Contoh kemudian telah ditemukan di kuburan Kristen kuno serta Katedral Cordoba. Lambang itu suci dalam agama Buddha, karena melambangkan jejak kaki Buddha. Swastika adalah simbol dewa matahari India yang digunakan sebagai tanda selamat datang di pesta pernikahan dan di pintu toko.

Tahukah kamu?

Swastika, penggambaran kubus empat dimensi yang menunjukkan tingkat kesadaran keempat, bahkan digunakan dalam matematika Veda. Itu dianggap sebagai keadaan keberadaan keempat, setelah bermimpi, tidur, dan bangun. Pada tingkat filosofis dan spiritual, penggunaan Hitler sebagai simbol politik dianggap sebagai penghinaan di India.

5. Tulisan gua

simbol paling kuno
Tulisan gua (Sumber foto: Steemit)

Tulisan gua, yang berasal dari 40.000 tahun yang lalu dan menghubungkan orang dan budaya melalui penggunaan simbol yang serupa, dapat ditemukan di seluruh Eropa. Dalam bukunya The First Signs, Genevieve von Petzinger membahas fenomena ini. Dia mencari awal dari simbolisme kognitif, pengejaran yang membawanya ke seluruh Eropa, di mana dia mempelajari lukisan gua Zaman Es.

Baca juga: Mengapa Arsitektur Mesir Begitu Unik? Ini Jawabannya

Simbol geometris yang ditemukan di gua-gua di seluruh dunia, termasuk Chauvet, Lascaux, Niaux, Bustillo, dan lainnya, menggambarkan abstrak dasar angka dan pola, seperti garis silang dan spiral. Mereka sangat non-figuratif sehingga mereka tidak mungkin mengekspresikan satu konsep pun seperti surat. Petzinger, di sisi lain, menyatakan bahwa mereka memiliki kepentingan budaya yang dimiliki bersama di seluruh wilayah.

Tahukah kamu?

Simbol dapat diterjemahkan dengan bantuan kekhasan daerah. Simbol tektiform yang ditemukan di gua-gua di Dordogne, misalnya, belum ditemukan di gua-gua di lokasi terdekat. Ini, menurut Petzinger, dapat menunjukkan bahwa tektiform adalah lambang suku daripada lambang budaya.

6. Lukisan di gua

Simbol paling kuno
Lukisan gua (Sumber foto: Prehistour)

Seni yang menghiasi dinding gua Maltravieso di Caceres, Spanyol, telah berusia lebih dari 64.000 tahun, menjadikannya yang tertua di dunia. Simbol manusia, babi tua, rusa, dan stensil merah dari tangan kuno adalah beberapa di antara figur yang ditemukan di gua-gua.

Lukisan-lukisan itu mendahului migrasi manusia saat ini ke Eropa setidaknya 20.000 tahun, karena mereka cukup tua untuk diberi tanggal hingga Zaman Es terakhir. Ini menyiratkan bahwa seni itu diciptakan oleh Neanderthal, memicu lebih banyak perdebatan tentang sejarah simbol dan bagaimana kaitannya dengan perkembangan manusia.

Tahukah kamu?

Penanggalan radiokarbon adalah metode penentuan usia. Tidak mungkin menentukan tanggal seni gua ini sampai teknik kontemporer memungkinkan pemeriksaan yang lebih tepat. Kita sekarang bahkan dapat menentukan tanggal lukisan dengan memeriksa tanda-tanda yang ditinggalkan di dinding oleh lilin.

7. Palang merah

Simbol paling kuno
Palang merah (Sumber foto: Artsy)

Gambar tertua di dunia dianggap sebagai simbol tanda silang merah tua yang ditemukan di sebuah gua di Afrika Selatan. Crosshatch telah ditemukan sepanjang Zaman Batu, tetapi tidak pernah ditemukan setua ini. Itu dibuat dalam warna dari sepotong oker yang diubah menjadi krayon antik, yang menambah daya tariknya.

Ujung crosshatch turun tiba-tiba di tepi pecahan batu silcrete, membuat para peneliti berasumsi bahwa karya seni itu sebelumnya lebih besar. Seluruh tablet batu asah telah dicari tetapi tidak ditemukan.

Tahukah kamu?

Gua telah digali dengan motif crosshatch sebelumnya (lihat di bawah). Namun, fakta bahwa itu digambar oleh orang-orang yang sudah kita kenal sebagai pengrajin perhiasan primitif menunjukkan bahwa tanda itu bisa menjadi dekoratif. Ini secara teknis bertentangan dengan penunjukan mereka sebagai “simbol” dalam daftar ini, tetapi para peneliti saat ini memperdebatkannya.

8. Ukiran tulang Ramle

simbol paling kuno
Ukiran tulang Ramle (Sumber foto: Menteri Luar Negeri Israel)

Ukiran pada fragmen tulang Ramle adalah simbol tertua yang diketahui manusia. Banyak arkeolog percaya bahwa simbol-simbol ini telah ada di bagian lain dunia selama ratusan ribu tahun. Namun, fragmen tulang berusia 120.000 tahun dari distrik Ramle Israel ini adalah spesimen paling awal yang diketahui.

Para peneliti menemukan enam goresan berbeda di satu sisi tulang purba ini yang mereka rasa lebih dari sekadar tanda kebetulan dan mungkin memiliki makna spiritual. Sisa-sisa sapi purba diperkirakan telah digunakan untuk membuat instrumen tulang hewan.

Tahukah kamu?

Peneliti dapat memeriksa lukisan pada tingkat mikroskopis dengan alat analisis laboratorium untuk melihat apakah itu dilakukan dengan sengaja atau secara organik. Mereka sampai pada kesimpulan bahwa ukiran ini menandakan hubungan spiritual antara seorang pemburu dan hewan yang jenazahnya ia kumpulkan, menjadikannya sebuah simbol.

Akhir kata

Simbol paling awal yang diketahui menunjukkan lambang agama, budaya, atau alam yang penting bagi orang-orang (atau Neanderthal) yang menciptakannya.

Baca juga: 15 Misteri Gunung Lawu, Menyeramkan!

Mereka adalah penggambaran abstrak dari benda-benda konkret di dunia, namun mereka lebih berarti bagi kita. Mereka adalah jendela ke dalam evolusi pikiran manusia saat kita berkembang dari sekadar memahami dunia menjadi memproses secara mental dan mereplikasinya dalam simbol.

Delapan simbol paling awal dalam daftar ini lebih dari sekadar artefak. Simbol-simbol ini berutang segalanya pada dunia yang berbicara dalam kata-kata, tertawa dalam lelucon, dan menangis dalam emoji.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :