GOOGLE secara resmi sudah meluncurkan sistem operasi terbarunya Android 13 pada 15 Agustus 2022. Sistem operasi versi teranyarnya itu sudah masuk ke Google Pixel 4 dan Pixel 4a atau sejenisnya.

Namun jika Anda tidak memiliki ponsel Pixel jangan khawatir, HP Android lain kemungkinan akan mendapat update Android 13 pada penghujung 2022. Android 13 ini memiliki nama Tiramisu.

Baca juga: Cara Menggunakan Android di Komputer atau Laptop

Fitur utama Android 13

Android 12 membawa perubahan signifikan pada User Interface Material You. UI baru ini memungkinkan pengguna memiliki pilihan yang lebih personal, mulai dari kontrol palet warna berbasis wallpaper hingga animasi yang lebih intuitif.

Nah, Android 13 tidak mengubah UI terbaru ini secara radikal. Namun demikian, Google masih membawa beberapa fitur baru dan perubahan desain, antara lain:

Ikon bertema otomatis

Google membagikan tangkap layar ikon bertema otomatis ketika pertama kali meluncurkan Android 12 pada pengembang. Versi Android tahun 2022 ini memungkinkan Anda untuk mengubah tema ikon Anda secara otomatis sebagaimana yang sudah dilakukan pada Android 12.

Sayangnya, ada dua peringatan di sini. Pertama bahwa fitur ini hanya tersedia di perangkat Pixel. Peringatan kedua adalah bahwa fitur ini hanya bekerja dengan aplikasi di dalam UI Material You yang di dalamnya termasuk ikon monokrom. Dengan demikian, fitur tema otomatis ini tidak akan bekerja maksimal.

Banyak pilihan tema Material You

Fitur baru lainnya di Android 13 adalah perluasan pilihan tema warna dengan menawarkan enam palet baru yang berkaitan dengan nuansa tertentu atau warna komplementer.

Enam palet baru itu antara lain TONAL_SPOT, VIBRANT, EXPRESSIVE, SPRITZ, RAINBOW dan FRUIT SALAD. Dua pilihan pertama, yakni EXPRESSIVE dan SPRITZ merupakan bawaan dari sistem tema Android 12.

Palet EXPRESSIVE bersandar pada warna yang secara tidak langsung bersumber dari wallpaper, sementara SPRITZ berasal dari warna yang lebih abu-abu dan netral.

Pengaturan jam layar kunci

Android 13 memungkinkan pengguna beralih di antara dua gaya jam di layar kunci. Pengguna dapat memilih tata letak satu atau dua baris. Untuk mengakses ke fitur ini caranya mudah, masuk ke Pengaturan> Tampilan> Layar Kunci.

Pembaharuan widget Now Playing

Ada tampilan baru pada pemutar media yang muncul di notifikasi ponsel. Album menutupi widget dan kontrol sedikit dipindahkan.

Baca juga: 5 Ponsel Android dengan Baterai Terbaik, Ada yang Murah

Google Weekly

Android 13 memungkinkan pengguna membaca informasi seputar sistem operasi Android dari Google.

Demikianlah fitur-fitur terbaru Android 13 yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang tidak memiliki ponsel Google Pixel harap bersabar, pembaharuan OS ini kemungkinan muncul di HP lain pada akhir 2022.

SUMBERAndroid Authority
Artikulli paraprakHP 5G Realme 9i Dirilis dengan Harga Murah, Ini Spesifikasinya
Artikulli tjetërYouTube Hapus Video Uji Coba Tesla pada Anak-anak di Jalan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini