MEMPELAJARI cara mengoptimasi website penting Anda lakukan demi keberhasilan situs Anda.

Sebab, optimasi SEO bisa menjamin website Anda bekerja sesuai harapan Anda, yakni menjadi nomor satu di mesin pencarian.

Jika website Anda memiliki SEO yang bagus, maka bisa menarik lebih banyak trafik atau pembaca, sehingga kesempatan untuk mendapatkan pelanggan potensial kian besar jika Anda menjadikan situs tersebut sebagai ladang bisnis.

Baca juga: Fitur-fitur Utama Android 13

Berikut ini tips dan strategi optimasi SEO sekaligus meningkatkan konversi situs Anda.

Apa itu SEO

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang cara optimasi SEO website, perlu diketahui dahulu apa itu SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencarian. SEO adalah proses peningkatan trafik wesbite melalui hasil mesin pencari.

SEO ini membantu website Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencarian, terutama mesin pencarian Google. Ketika audiens mencari istilah yang berkaitan dengan konten website yang Anda tulis, maka website Anda berpeluang untuk ditemukan. Selanjutnya, audiens akan menjadi langganan membaca konten di website Anda.

Atau katakanlah ketika website Anda menjadi sarana untuk bisnis, maka dengan SEO, istilah yang berkaitan dengan brand Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia Anda.

Misalnya, Anda memiliki website bisnis kecantikan. Anda menawarkan produk kosmetik atau artikel seputar kecantikan, lalu seseorang mencari kata kunci “cara menghilangkan jerawat” lalu Google mengarahkan pembaca ke website Anda. Itu artinya bahwa website Anda mudah ditemukan di mesin pencarian dan direkomendasikan oleh Google ke pencari kata kunci itu. Itulah kekuatan SEO.

Cara mudah optimasi SEO website Anda

Agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencarian Google serta menarik banyak trafik, Anda perlu meningkatkan SEO website Anda. Berikut cara sederhana optimasi SEO website Anda:

1. Analisis semua data website Anda

Satu data tidak akan memberi informasi apa-apa tentang website Anda. namun ketika Anda mengumpulkan banyak data dari website Anda, maka Anda akan menemukan pola tertentu bagaimana pembaca menemukan situs Anda.

Untuk melihat bagaimana pembaca menemukan situs Anda adalah dengan memeriksa laporan behavior atau perilaku di Google Search Console (GSC).

Data perilaku di GSC ini membantu memberikan gambaran jelas tentang artikel apa saja dari website Anda yang sering ditemukan oleh pembaca. Carilah topik artikel yang menghasilkan banyak trafik. Lalu fokuslah pada topik tersebut.

2. Riset Keyword atau Kata Kunci

Salah satu tool terbaik untuk riset kata kunci adalah Ubersuggest. Tool ini membantu Anda menemukan kata kunci yang sesuai dengan bisnis atau niche website Anda.

Gunakanlah Ubersuggest untuk mencari kata kunci ekor panjang atau long-tail keywords.

Long-tail keyword merupakan kata kunci turunan dari kata kunci pendek. Long-tail keyword lebih spesifik, tertarget dan persaingannya di mesin pencari pun kecil.

Misalnya, kata kunci pendek atau short-tail keyword “berat badan”. Kata turunannya atau long-tail keyword-nya adalah “berat badan ideal tinggi 155”. Kata kunci buntut panjang ini memiliki tingkat kompetisi rendah sehingga peluang untuk masuk peringkat di mesin pencari tinggi.

3. Buatlah artikel panjang dan bermanfaat

Berapa idealnya jumlah kata untuk artikel yang SEO? Buffer sebagaimana dilansir dari crazyegg menyebutkan bahwa panjang artikel yang ideal adalah 1.600 kata.

Namun sebelum menulis, Anda sedikit riset di Google Search dengan kata kunci yang ingin Anda tulis. Lalu ambillah 10 hasil teratas, kemudian cek apakah panjang artikelnya lebih dari 1.600 kata? Jika iya, maka tirulah.

Memang panjang artikel bukan segalanya. Namun demikian, artikel yang panjang mengirimkan sinyal ke Google bahwa Anda memberikan informasi lebih banyak. Semakin banyak orang menghabiskan waktu membaca artikel Anda, maka peluang untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencarian Google akan besar.

4. Optimasi on-page SEO

On-page SEO adalah optimasi SEO di artikel. Sederhananya adalah kata kunci utama harus ada di judul, URL, subheading dan teaser atau meta description.

Sementara di badan artikel, kata kunci setidaknya 2,5 hingga 5 persen. Jangan kebanyakan karena akan dianggap spam oleh Google.

Jangan lupa kata kunci juga harus ada di image alt text. Mengapa harus demikian? Hal itu agar Google secara tepat memahami apa yang dibahas dalam artikel yang Anda tulis tersebut.

5. Optimasi off-page SEO

Off-page SEO adalah optimasi website secara eksternal. Caranya adalah dengan guest blogging, share artikel di media sosial atau oleh influencer. Cara ini bisa meningkatkan SEO situs Anda.

6. Optimasi website untuk versi mobile

Ini penting karena saat ini sebagian besar pembaca adalah melalui ponsel atau handphone. Oleh karena itu, website Anda harus mudah diakses oleh ponsel atau mobile friendly.

Buatlah website dengan desain yang responsif dan memiliki versi mobile. Biasanya tema WordPress premium mendukung untuk versi mobile. Anda harus mengeluarkan dana untuk hasil yang optimal.

7. Percepat akses loading halaman

Jika Anda mengunjungi website yang lelet, tentu Anda akan mengklik tombol kembali. Anda tidak jadi membaca artikel di website tersebut kan?

Nah, hal itu bisa terjadi pada website Anda ketika hendak dibuka orang lain dan ternyata loadingnya lama. Oleh karena itu, usahakan website Anda ringan.

Untuk mengukur kecepatan proses loading halaman website Anda, bisa menggunakan Google PageSpeed Insight. Tool ini memberi data lengkap seberapa cepat proses loading website. Tool ini juga memberitahu Anda mana yang harus diperbaiki untuk mempercepat proses loading website tersebut.

8. Cari backlink berkualitas

Backlink adalah faktor utama untuk membantu peringkat website Anda lebih baik di mesin pencari.

Jika banyak situs kualitas tinggi merujuk pada website Anda itu artinya kredibilitas situs Anda bagus di mata Google.

Memang untuk mendapatkan backlink berkualitas tidak mudah. Namun jika Anda mendapatkannya, maka hasilnya akan luar biasa.

Baca juga: 6 Headset Nirkabel Terbaik Tahun 2022

Banyak website atau agen yang menawarkan backlink berkualitas, silakan Anda pilih sesuai dengan budget Anda.

Kesimpulan

SEO sangat penting untuk meningkatkan kinerja website Anda dan mendongkrak trafik. Untuk meningkatkan SEO website, Anda hanya membutuhkan 8 langkah sederahana tadi.

Namun yang penting dari semua langkah itu adalah konsistensi Anda, terutama dalam menulis konten. Bagaimana pun juga konten unik adalah salah satu faktor penting untuk membuat website Anda berada di peringkat pertama di mesin pencarian Google.

 

Artikulli paraprak6 Headset Nirkabel Terbaik Tahun 2022
Artikulli tjetërSamsung Rilis Upgrade Firmware untuk 500 Juta Ponsel Galaxy Lawas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini