5 Tempat Wisata Terdekat dari Bendungan Ciawi dan Sukamahi … – Kompas.com

Diposting pada

5 Tempat Wisata Terdekat dari Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang Baru
Tim Redaksi

KOMPAS.comBendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, baru diresmikan pada Jumat (23/12/2022) lalu. Bendungan untuk pengendali banjir itu dikatakan bisa dijadikan tempat wisata ke depannya. 
Sebab, Bendungan Ciawi dan Sukamahi memiliki arsitektur yang menarik untuk dijadikan obyek wisata.
Baca juga:
“Kita lihat arsitekturalnya ini sangat bagus untuk wisata, baik Ciawi dan Sukamahi, dua-duanya akan dipakai untuk wisata,” kata Presiden Joko Widodo setelah peresmian, dikutip dari Kompas.com, Jumat (23/12/2022). 
 
Adapun saat dikonfirmasi lebih lanjut kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, wacana tempat wisata di bendungan masih akan dibicarakan lebih lanjut. 
“Potensinya memungkinkan tetapi belum ada pembicaraan teknis,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/12/2022). 
Baca juga: 12 Masjid Terbesar di Jawa Barat, Terbaru Ada Al Jabbar
Namun, kata dia, Bendungan Ciawi yang terletak di Desa Cipayung, Desa Gadog, dan Desa Sukakarya di wilayah Kecamatan Megamendung serta Desa Kopo di wilayah Kecamatan Cisarua, Bogor, ini cukup dekat dengan beberapa tempat wisata. 
Berikut beberapa tempat wisata terdekat dari bendungan, seperti disampaikan oleh Deni:

Cimory Dairyland Puncak https://cimory.com/ Cimory Dairyland Puncak

Berjarak sekitar 4-8 kilometer dari Bendungan Ciawi dan Sukamahi, kamu bisa naik motor atau mobil ke Cimory Dairyland Puncak, dalam waktu 10-20 menit. 
Per Minggu (1/1/2023), tempat wisata ini berganti nama jadi Dairyland Farm Theme Park Puncak. Lokasinya di kawasan Cipayung Girang, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 
Baca juga: Harga Tiket Cimory Dairyland Puncak Bogor, Kini Sudah Bisa Cashless
Buka sejak 1 Mei 2021, Cimory Dairyland Puncak memiliki konsep leisure park yang cocok dikunjungi keluarga. Terdapat banyak atraksi di tempat ini, antara lain Tractor Tour De Farm, Giant Horse Riding, Miniature Pony Riding, dan De Windmills.
Harga tiket satu wahana mulai Rp 30.000, sedangkan paket dua wahana mulai Rp 55.000 saat hari kerja (weekdays).

Nicole's River Park di Bogor. Instagram/@nicolesriverpark Nicole’s River Park di Bogor.

Selanjutnya, ada Nicole’s River Park yang berjarak sekitar 3,3 – 7 kilometer dari Bendungan Ciawi dan Sukamahi. Tempat ini bisa ditempuh dengan motor atau mobil selama 8-20 menit. 
Dikutip dari laman Instagramnya, Nicole’s River Park berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 75 Nomor 57, Cipayung Datar, Bogor, Jawa Barat. 
Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Bogor, Ada Kafe dengan Pemandangan Gunung Salak
Baru dibuka Jumat (16/12/2022) lalu, tempat ini merupakan leisure park yang menyediakan beragam fasilitas dan pilihan kegiatan. Di antaranya wahana rekreasi, spot foto, mini zoo, restoran, tempat edukasi anak, factory outlet, dan pusat oleh-oleh. 
Harga tiket masuknya mulai Rp 30.000, sedangkan untuk tiket terusan mulai Rp 110.000 per orang. 

Sky Garden di Cisarua Green World Adventure, Bogor. Dok. CIGWA Indonesia Sky Garden di Cisarua Green World Adventure, Bogor.

Opsi berikutnya ada Cisarua Green World Adventure yang berjarak sekitar lima kilometer dari Bendungan Ciawi dan Sukamahi, dengan waktu tempuh kira-kira 18 menit. 
Dikutip dari laman resminya, Kamis (5/1/2023), CIGWA adalah taman wisata yang bertujuan tidak hanya untuk hiburan tapi juga pelestarian bumi.
Baca juga: 5 Hotel Murah di Puncak untuk Tahun Baruan, Mulai Rp 200.000-an
Beberapa atraksi yang ditawarkan, mulai dari kebun teh, gua petualangan, sky garden, hutan tropical, istana kelinci, kolam renang dari mata air gunung, hingga cooking class. Selain itu, CIGWA menyediakan hotel dengan konsep ala Santorini di Yunani.
Jika ingin berkunjung, CIGWA Indonesia berada di Jalan Raya Ciawi, Megamendung No 36-37. Cihanjawar, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.
Sekitar 7,2 kilometer dari Bendungan Ciawi dan Sukamahi, kamu bisa menemukan Jeep Station Indonesia (JSI) Resort, dengan waktu tempuh mulai 22 menit.
Dikutip dari laman resminya, JSI merupakan resor pertama di Indonesia yang memadukan petualangan off-road dan aktivitas luar ruangan dengan fasilitas menginap.
Baca juga: 20 Wisata Tahun Baru di Bogor yang Cocok untuk Keluarga 
JSI memiliki tiga tipe kamar, yaitu vila kayu, kamar kontainer, dan glamping (glamour camping).
Adapun atraksi yang tersedia di antaranya naik jip off-road, outbound, taman bermain anak, paintball, dan melihat rusa.
JSI Resort berlokasi di Cikopo Selatan KM 5, Pasir Muncang, Kelurahan Sukagalih, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. 

Basecamp Military Lifestyle di Cipayung, Bogor, Jawa Barat. Instagram/@basecampmilitarylifestyle Basecamp Military Lifestyle di Cipayung, Bogor, Jawa Barat.

Terakhir, ada Basecamp Military Lifestyle yang jaraknya 2-6 kilometer dari bendungan. Waktu tempuhnya sekitar tujuh menit dengan motor dan 22 menit dengan mobil. 
Sesuai namanya, tempat wisata ini merupakan rekreasi bernuansa camp militer, baik dari interior maupun eksteriornya, seperti dikutip dari Instagram resminya. 
Baca juga: 7 Tempat Wisata Murah Meriah di Bogor untuk Libur Nataru
Beberapa fasilitas yang tersedia seperti Army Shop, restoran, kids playground, Chinook 3D Selfie, pemancingan, paintball, dan hotel. 
Basecamp Military Lifestyle bisa ditemukan di Jalan Raya Puncak Gadog No 22 km 75, Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *