3 Cara Paling Mudah Hapus File Sampah di Ponsel

/
/
/
2 Views
memori internal

Pengguna smartphone harus tahu cara paling mudah mengosongkan sampah dari memori internal yang menyebabkan handphone menjadi lelet dan tak bisa download aplikasi baru.

Hal itu demi membuat kinerja ponsel kembali cepat tanpa ngelag ketika membuka aplikasi atau bermain game. Sampah dan file-file yang tak terpakai adalah salah satu penyebab kerja HP menjadi lambat sehingga harus dihapus.

Memang kita sering rutin membersihkan sampah di ruang penyimpanan HP. Tapi terkadang beberapa menit kemudian memori kembali penuh setelah kita membuka aplikasi. Hal itu karena masih ada file-file tak berguna yang belum terhapus.

Ada cara yang paling mudah dan cepat untuk menghapus foto, video, musik, ataupun aplikasi yang tak penting atau tidak terpakai. Berikut penjelasannya.

1. Bersihkan file sampah atau cache

Ketika kita menggunakan ponsel untuk menjelajah internet, sampah atau cache biasa kembali terkumpul di memori internal. Jumlahnya bisa sampai puluhan MB.

Begitu juga ketika kita membuka aplikasi, akan meninggalkan sampah di penyimpanan internal. Kita harus membersihkan dan menghapus sampah itu sehingga ruang HP kembali tersedia untuk menyimpan file penting.

Caranya adalah dengan masuk ke Setting (pengaturan), lalu pilih Aplikasi dan klik Manajer Aplikasi.

Tahap selanjutnya adalah ketuk Clear Cache atau Hapus Memori. Lakukan cara-cara itu untuk setiap aplikasi sehingga sampah yang dihasilkannya benar-benar terhapus.

Untuk lebih efektifnya, kita harus melakukan itu secara rutin. Ya minimal dua kali sehari sehingga performa ponsel tetap prima.

2. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

Setiap handphone memiliki aplikasi bawaan sebagai salah satu ciri khasnya. Ada aplikasi bawaan yang memang penting dan berguna, tapi ada pula aplikasi yang tak dibutuhkan sehingga keberadaannya malah menjadi beban bagi kinerja HP.

Nah, aplikasi bahwaan itu kerap membuat memori HP penuh. Oleh karena itu, hapus aplikasi bawaan itu secara selektif. Mana yang kira-kira penting, biarkan saja. Tapi kalau ternyata tidak dibutuhkan, maka hapus saja.

Cara menghapusnya adalah masuk ke Pengatura atau Setting, lalu ketuk Aplikasi default dan pilih nonaktifkan jika kamu hanya ingin membekukan saja. Atau klik hapus aplikasi jika kamu ingin membuangnya.

3. Manfaatkan aplikasi bawaan hapus sampah

Ponsel saat ini biasanya sudah dibekali aplikasi khusus untuk membersihkan file sampah. Misalnya, di ponsel Xiaomi Redmi Note 8 Pro sudah tersedia aplikasi penghapus sampah. Aplikasi bawaan itu sangat paten dalam membersihkan sampah, bukan hanya cache dari sisa borwsing internet tetapi juga dari sampah.

Manfaatkanlah aplikasi itu. Biasanya ia rutin memberitahukan jika memori penuh dan beberapa file harus dihapus ketika kinerja ponsel mulai terganggu.

Tiga cara mudah menghapus file sampah dan cache ponsel ini bisa dilakukan secara bersamaan juga. Artinya, kita pertama kali melakukan tahap pertama, lalu kedua dan selanjutnya tahap terakhir dengan menggunakan aplikasi penghapus sampah bawaaan ponsel.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views :