4 Cara Mudah Cari Uang dari Internet untuk Pemula

/
/
/
3 Views
cari uang dari internet untuk pemula

Simak cara mudah mencari uang dari internet untuk pemula yang bisa Anda pelajari demi mendapatkan rupiah demi rupiah.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bermain internet bisa menghasilkan uang, sekalipun untuk pemula dan tidak memiliki modal.

Banyak model bisnis online yang bisa menghasilkan uang tanpa keluar modal sepeser pun dan tanpa harus memahami betul tentang teknologi informasi. Cukup tersambung dengan internet, maka Anda berpotensi untuk mendapatkan uang, bahkan bisa hingga jutaan rupiah per hari.

Ada 10 cara mendapatkan uang dari internet bagi pemula.

Namun sebelum menjelaskan lebih jauh tentang metode itu, ada baiknya kami membahas dahulu tentang arti penting internet dan alasan bisa menghasilkan uang dari situ.

Cara meraup uang dari internet

Mengapa internet begitu penting bagi kehidupan, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan, tetapi juga untuk mencari nafkah. Mari kita cek fakta berikut ini.

– Di Indonesia, penduduk yang memiliki akses internet sebanyak 180 juta. Dan sebanyak 150 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lalu 105 juta dari 150 juta pengguna itu adalah pengguna layanan online.

– Fakta lain adalah bahwa sebanyak 84,92 persen dari total desa di Indonesia 83.218, atau 70.670 desa bisa mengakses layanan internet dengan jaringan 4G.

– Selanjutnya, sebagian besar pengguna internet aktif di Indonesia berusia produktif, antara 20 hingga 39 tahun.
Selain produktif, tentu saja mereka juga konsumtif!

Menurut situs Duwit.com potensi ekonomi digital secara global adalah 133 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp 1.891,3 triliun (kurs Rp 14.219 pada Juni 2021).

Data itu menunjukkan bahwa internet merupakan pasar yang sangat potensial untuk menghasilkan uang. Inilah pasar digital yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan ekonomi.

Pasar digital juga merupakan “lowongan pekerjaan” yang bisa kita lamar tanpa persyaratan yang njlimet. Pasar digital merupakan pekerjaan tanpa pendidikan formal, tak terbatas usia dan lainnya. Sebab karakter pasar digital antara lain:

– Sangat mudah dimasuki bahkan tanpa modal sekalipun. Banyak konten-konten gratis yang membahas cara bisnis online untuk menghasilkan uang sehingga bisa dipelajari di mana pun dan kapan pun.

– Officeless alias tanpa harus duduk di kantor atau satu tempat. Di manapun dan kapan pun selama ada jaringan internet, aktivitas digital bisa dilakukan.

– Dengan internet orang fokus pada karya sehingga gelar dan sekolah formal tidak diperlukan.

– Karakter internet yang tanpa batas itu hingga akhirnya peluang mencari nafkah via internet bisa dilakukan tanpa harus tinggal di kota besar. Di desa terpencil sekalipun selama ada jaringan internet, maka mencari uang di dunia maya bisa dilakukan.

Nah, dengan potensi pasar digital yang sangat besar itu, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang di internet.

Berikut cara menghasilkan uang di internet untuk pemula

1. Menjadi Blogger

Apa itu blogger? Blogger adalah seseorang yang memiliki aktivitas blogging. Menjadi blogger menjadi cara mudah mencari uang dari internet untuk pemula.

Jika Anda seorang blogger, maka ada beberapa potensi uang yang bisa dihasilkan dari kegiatan blogging ini, antara lain:

– Iklan Google Adsense, pendapatan yang diperoleh dari menayangkan iklan-iklan milik Google. Tentu saja untuk bisa mendapat iklan Google, ada beberapa persyaratan. Salah satunya adalah trafiknya atau jumlah pembacanya tinggi.

– Affiliate Marketing atau memasarkan produk orang lain yang menawarkan afiliasi. Banyak perusahaan e-commerce yang menawarkan afiliasi, mulai dari Amazon hingga Lazada, Bukalapak dan Shopee.

– Kemudian dengan blogging, pendapatan uang bisa diperoleh dari menjual jasa content placement. Banyak perusahaan yang memiliki website baru dan hingga segera muncul di halaman satu Google, mereka menawarkan content placement.

Content placement adalah jasa menempatkan link website ke sebuah artikel situs lain. Namun artikel tersebut relevan dengan bidang usaha klien yang ingin menempatkan link website-nya.

– Endorse produk atau layanan

Bisnis ini biasanya dilakukan dengan me- sebuah website atau layanan perusahaan dan kemudian dibayar sesuai kesepakatan.

Untuk memulai blogging ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha itu berhasil, antara lain:

1. Menentukan niche atau topik blog Anda. Kami sarankan Anda fokus pada satu topik yang sesuai dengan passion dan kemampuan sehingga nantinya ngeblog menjadi menyenangkan dan konsisten. misalnya, topik yang sering diburu orang adalah tentang gadget, dan pendidikan.

2. Membuat konten menarik bagi seorang blogger adalah wajib hukumnya. Bahkan ada yang menyebut bahwa content is the king.

Ya, konten adalah nyawa sebuah blog. Oleh karena itu, konten harus diprioritaskan. Buatlah konten untuk blog Anda secara rutin. Anda bisa meng-update blog Anda dengan konten setiap hari agar nanti pembacanya banyak.

3. Optimasi website dengan

Optimasi dengan pun tidak kalah pentingnya. SEO adalah singkatan dari search engine optimizatin, artinya optimasi website agar bisa menduduki peringat pertama di pencarian Google.

Dengan SEO, maka blog Anda akan mudah dilihat orang dan konsekuensinya akan dikunjungi banyak pembaca.

3. Tampilan blog yang menarik juga penting untuk bisa mendatangkan pengunjung. Selain itu, tampilan blog yang menarik (friendly user) juga bisa membuat orang nyaman dan enak membaca artikel di blog Anda.

4. Konsisten menulis. Ini memang membutuhkan kedisiplinan dan tekad yang kuat. Jadi sebelum membikin blog, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah kuatkan tekad!

2. Kanal YouTube

Anda tahu bahwa seseorang bisa menjadi sangat kaya dari YouTube. Banyak contohnya. Tak usah jauh-jauh ke luar negeri, lihat saja Raffi Ahmad, Baim Wong dan lainnya bisa menghasilkan uang miliaran ruiah dari membuat konten YouTube.

Anda juga bisa seperti mereka dan tidak usah sekolah tinggi-tinggi untuk menjadi YouTuber. Tapi yang penting, Anda tahu cara membuat kanal YouTube dan konten menarik. Coba cari saja di Google Search, banyak membuat konten YouTube.

Namun lagi-lagi, jika ingin berhasil menjadi YouTuber dan menghasilkan yang banyak, kuncinya adalah konsistensi.

Nah, untuk menjadi YouTuber yang sukses, ada beberapa sederhana. Tips ini sama dengan membuat blog, namun YouTube lebih pada konten video.

1. Bikin topik khusus. Anda bisa membuat topik sesuai dengan kemampuan dan keinginan kuat Anda. Misalnya topik tentang otomotif, musik, pendidikan, gaya hidup, kuliner, kesehatan, dan lainnya.

2. Buat konten menarik. Boleh lebai sedikit, tapi jangan keterlaluan sampai menyebabkan nyawa Anda terancam. Misalnya jangan bikin konten YouTube yang menantang seperti menyetop truk yang sedang melaju cepat. Anda dipastikan akan mati terlindas. Ya paling untung adalah terluka parah hingga cacat.

Bikinlah konten YouTube yang edukatif, informatif, inspiratif atau menghibur.

3. Optimasi kanal YouTube. Cara ini sama dengan blog. Optimasi konten YouTube agar bisa nongkrong di halaman pertama pencarian Google.

3. Menjadi affiliasi perusahaan

Seperti yang sempat disinggung di awal, bergabung dengan afiliasi adalah salah satu cara mudah mencari uang dari internet untuk pemula.

Apa itu affiliasi? Kata itu adalah serapan dari affiliate marketing. Anda menjual produk atau jasa orang lain atau perusahaan dan mendapatkan komisi dari setiap produk yang dibeli. Komisinya bervariasi, mulai 10 persen hingga 80 persen.

Saat ini banyak perusahaan seperti e-commerce terkemuka di dalam negeri yang menawarkan afiliasi, sebut saja Lazada, Tokopedia, Shopee dan lainnya. Di luar negeri ada perusahaan toko online besar seperti Amazon, eBay dan lainnya yang menawarkan kerja sama afiliasi.

Untuk bisa bergabung dengan afilias, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Daftar ke program afiliasi

3. Jika sudah disetujui, Anda akan diberikan banner referral atau link produk.

2. Anda posting banner atau link produk ke blog atau media sosial. Anda rutin saja melakukan hal itu, maka produk afiliasi Anda insya Allah ada yang beli. Yang penting konsisten dan rajin berdoa.

4. Menjadi penulis lepas

Menjadi penulis lepas atau freelancer, Anda harus membutuhkan kemampuan menulis. Anda bisa belajar menulis artikel layaknya mengisi buku diari. Semakin lama belajar menulis, maka kemampuan Anda akan terasah.

Nah, jika sudah bisa menulis, anda bisa menawarkan jasa menulis artikel untuk kebutuhan blog atau website klien. Banyak lho pemilik atau perusahaan yang membutuhkan artikel, apalagi jika tulisan itu sudah memenuhi SEO.

Berapa harga artikel yang bisa Anda tawarkan? Bervariasi, tergantung jumlah kata. Biasanya minimal 300 kata harganya antara Rp 6.000 hingga Rp 7.000.

Jika lebih dari 300 kata, harganya akan lebih tinggi, bahkan bisa sampai Rp 20.000 per artikel. Lumayan kan? Itu baru dari satu artikel lho.

Sebagai pemula, Anda bisa bergabung ke situs projects.co.id atau sribulancer. Silakan jika Anda sudah percaya diri menulis artikel.

Penutup

Nah, demikian cara mudah mencari uang dari internet untuk pemula. Keempat cara itu bisa Anda lakukan, namun harus dengan usaha yang sungguh-sungguh serta konsisten. Selamat semoga. Silakan share jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih!

 

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views :