4 Ponsel Terbaik Android 2014

Harus diakui bahwa ponsel Android telah mendominasi penjualan gadget di seluruh dunia. Dua ponsel Android yang kini sedang naik daun adalah HTC dan Samsung. Keduanya kian populer berkat sistem operasi milik Google tersebut.

Popularitas Android kemudian memantik vendor lain untuk memproduksi smartphone dengan sistem operasi terbuka ini, seperti Oppo, LG, Motorola, dan bahkan kabarnya Nokia juga akan ikut terlibat.

Fakta ini kemudian menjadikan sistem operasi iOS milik Apple kian tersisihkan. Saat ini Apple terus gencar membuat gebrakan-gebrakan baru demi memacu ponselnya agar diminati banyak orang.

Namun demikian, semakin Apple menggenjot penjualannya, Android kian mendapat apresiasi tertinggi dari masyarakat pengguna smartphone. Lalu para vendor pun berlomba-lomba menarik hati banyak orang dengan merilis ponsel-ponsel Android jagoannya. Berikut 4 ponsel terbaik Android 2014 versi DigitalTrends yang layak Anda beli.

1. Motorola G

Ponsel ini memiliki kelebihan di antaranya harganya yang relatif murah di bawah Rp 2 jutaan. Sistem operasi sudah Android 4.3 Jelly Bean bahkan bisa ditingkatkan ke 4.4 KitKat. Kinerja prosesor sangat cepat. Layar 4,5 inci dipadu dengan resolusi 720p menjadikan ponsel ini kian sempurna.

Namun demikian, masih tetap ada kelemahannya, yakni kamera yang masih standar, hanya tersedia memori internal 8GB dan 16GB, baterai langsung tertanam di ponsel alias tidak bisa diganti dan kualitas speaker kurang mantap.

2. Samsung Galaxy S4 Active
Ponsel ini memiliki layar dengan rosulis 1080p, kinerja prosesor sangat cepat dan lembut. Desain menarik dan nyaman dipegang. Banyak fitur menarik yang dibenamkan di dalamnya. Desainnya tahan terhadap air dan debu. Harganya pun terjangkau, di bawah Rp 2 jutaan.

Kekurangan dari Galaxy S4 Active ini adalah daya baterai yang pendek, kamera utama kurang mantap, hanya 8MP lebih kecil dibanding Galaxy S4 dengan 13MP. Lalu antarmuka TouchWiz yang terlihat kartunis.

3. LG G Flex

Ponsel ini merupakan campuran tablet atau biasa disebut phablet. Dengan layar 6 inci sangat pantas terlihat untuk ukuran sebuah phablet. Kinerjanya sangat cepat. Daya baterai bisa bertahan selama 2 hingga 3 hari. Layarnya bagus dan melengkung dengan tipe OLED. Suara speaker belakang bagus dan jernih.

Kelemahannya terlalu mahal dengan harga sekitar Rp 7 jutaan. Tidak dilengkapi aksesoris S-Pen, latar belakang layar OLED agak keabu-abuan sehingga kurang sedap dipandang. Desain yang besar, ponsel ini tidak nyaman digenggam.

4. Google Nexus 5

Layarnya cantik. Ponsel pertama yang berjalan di atas sistem operasi Android 4.4 KitKat. Karena jagoannya Google, maka ponsel ini mendapat pembaharuan langsung dari Google sehingga lebih eksklusif. Kontrol suara sangat terintegrasi. Memiliki desain yang solid dan harganya kompetitif, yakni sekitar Rp 3 jutaan.

Kekurangannya dari Nexus 5 adalah desainnya yang membosankan, kamera kurang fantastis. Integrasi SMS ke Hangouts cukup membikin ribet dan daya tahan baterai tidak stabil.

Tinggalkan komentar