5 Fitur Baru WhatsApp yang Keren Tahun 2021

WhatsApp selalu menghadirkan fitur-fitur menarik yang membuat penggunanya makin betah. Aplikasi chatting yang sudah berusia 12 tahun ini sebelumnya sudah memperkenalkan fitur-fitur mulai dari kustomisasi wallpaper, tool pencarian emoji, mute chat selamanya hingga dark mode.

Kemudian tahun 2021 ini, aplikasi chatting yang memiliki pengguna aktif hingga 2 juta itu kembali merilis fitur baru yang akan membuat penggunanya kian cinta.

Berikut 5 fitur baru WhatsApp yang keren dan akan dirilis tahun 2021.

1. Vacation mode

Ini disebut mode liburan yang kabarnya sedangkan dikembangkan WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna mengarsifkan percakapan dan grup untuk sementara waktu sambil notifikasi chatting dinonaktifkan dan didiamkan (mute).

Fitur ini diperuntukan bagi pengguna yang sebenarnya sudah tidak nyaman berada di sebuah grup, namun tidak enak jika keluar dari grup. Nah, bagi kamu yang ingin tetap menjaga perasaan teman tetapi tidak nyaman berada di grup, fitur ini bisa diaktifkan.

Tapi tunggu dulu. Fitur Vacation Mode ini masih bersifat rencana. Namun kemungkinan terealisasi cukup besar.

2. Pengumuman internal

Kabar beredar menyebutkan bahwa WhatsApp akan memperbaharui sejumlah kebijakan penggunannya pada 8 Februari nanti. Kebijakaan baru ini akan diumumkan bukan melalui chat, melainkan sebagaia pengumuman yang tampil di aplikasi.

Fitur ini sebenarnya menjadi media bagi WhatsApp untuk mengumumkan berbagai kebijakannya. Namun dengan perubahan media pengumuman tersebut, pengguna akan merasa nyaman dan pemberitahuan apapun dari WhatsApp akan menjangkau ke seluruh pengguna.

3. Panggilan video via laptop

Fitur panggilan video saat ini baru tersedia di WhatsApp versi Android dan iOS. Kabarnya, WhatsApp akan menghadirkan fitur ini untuk versi laptop atau desktop.

Kabarnya, fitur ini dijadwalkan akan tersedia pada 2021 ini meski rencana tersebut sudah beredar pada tahun 2020 lalu. Fitur ini tentu saja ditunggu-tunggu oleh orang yang menghabiskan waktu di depan laptop.

Panggilan video via desktop akan memudahkan mereka berinteraksi dengan teman atau rekan kerja sambil tetap bekerja di depan laptop.

4. Lampiran pesan terbaca otomatis dihapus

Fitur ini untuk meningkatkan privasi pengguna WhatsApp dan mengurangi beban media penyimpanan ketika seseorang mengirimkan video dan foto via chat. Ketika video atau foto itu sudah dibaca, maka fitur ini akan menghapusnya secara otomatis.

Fitur ini merupakan tool yang akan menghapus setiap lampiran, baik foto, video maupun GIF yang dikirimkan ke kontak setelah si penerima membuka pesan tersebut.

5. Multi-device

Saat ini WhatsApp hanya bisa diakses oleh satu akun di satu perangkat. Namun ke depan, aplikasi chatting yang sudah dibeli Facebook ini mengembangkan fitur yang memungkinkan satu akun WhatsApp bisa login di beberapa perangkat sekaligus.

Wacana tentang fitur ini sebenarnya sudah berhembus pada 2020. Namun kemungkinan akan terealisasi pada 2021. Bukan hanya beberapa perangkat, satu akun WhatsApp juga bisa login di tablet.

Bahkan, yang lebih menarik dari fitur ini adalah bahwa WhatsApp Web ini tidak harus terkoneksi dengan perangkat utama. Saat ini, WhatsApp di desktop harus terkoneksi dengan perangkat utama. Memang terbilang ribet. Namun nanti ke depan, keribetan ini perlahan hilang. WhatsApp bisa login di desktop atau tablet tanpa ribet. Kian praktis.

Namun memang kalau fitur ini sudah tersedia, maka pastikan perangkat dan akun WhatsApp yang kamu miliki harus benar-benar aman, karena potensi terkena retas kian besar. Pastinya pihak WhatsApp sudah mengantisipasi potensi yang merugikan pengguna tersebut.

Jika fitur-fitur baru yang keren itu sudah tersedia, silakan kamu coba ya.

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *