5 HP Android Terbaik 2020, Kamu Pilih Mana?

5 HP Android Terbaik 2020 – Salah satu hal yang hebat dari pasar HP Android adalah keberagam fitur, spesifikasi, harga hingga perangkat lunak. Ada ribuan HP Android di luar sana, namun sejauh ini mana yang terbaik dan tersedia pada 2020?

Daftar spek dan fitur tidak selalu cukup untuk mengetahui tentang bagaimana ponsel Android itu benar-benar bagus.

Berikut daftar HP Android terbaik 2020 yang tersedia di pasaran versi Android Authority.

1. Samsung Galaxy S20 dan S20 Plus

Samsung Galaxy S20 merupakan HP yang hebat (powerfull) tetapi juga super mahal. Ponsel ini ditenagai Sanpdragon 865 dengan dukungan RAM besar 12GB.

Layarnya menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan bentang layar 6,7 inci. Panel atas menggunakan desain kuda poni dan terdapat lubang punch-hole Infinity-O di tengahnya untuk menyematkan kamera depan.

Kinerja tinggi mesinnya masuk kategori terbaik dari yang paling baik. Ditambah kapasitas baaterai yang cukup besar, 4.500 mAh dengan teknologi pengisian daya cepat dan nirkabel.

Yang lebih menonjol dari HP ini adalah sistem kamera yang sangat menarik. Kameranya mengusung fitur Sapce Zoom yang memungkinkan pemakainya melakuakn zoom objek hingga 30x. Lensa kamera juga memiliki fitur efek bokeh untuk merekam video dan kemampuan tangkap gambar video dengan kualitas 8K.

Kelebihan
– Kinerja mesin yang handal dan luar biasa
– Kaya fitur
– Satu-satu HP dengan S Pen

Kekurangan
– Harganya mahal
– S Pen yang kurang berguna
– Bagi bukan fansnya, perangkat lunak Samsung tak menarik

2. Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Meskipun rumpun Galaxy S adalah lini paling populer dari perangkat mobile Samsung, namun lini Galaxy Note lebih unggul. Terutama Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Handphone ini ditenagai Snapdragon 855 atau Exynos 9825 dengan RAM 12GB dan panel layar AMOLED dengan lubang kamera Infinty-O. Spesifikasi ini menjadikan ponsel tersebut lebih powerful. Desainnya sama-sama menarik meski jauh berbeda dari lini S. Namun sayangnya, Note 10 Plus tidak menyediakan memori internal 1TB, hanya opsi 256GB dan 512GB. Namun demikian, opsi itu terbilang lebih dari cukup.

Masuk ke sektor kamera, resolusinya kurang lebuh sama dengan S10 Plus. Galaxy S10 Plus memiliki kamera yang bagus namun kapasitasnya sedikit lebih rendah dibanding Note 9 dan juga Note 10 Plus. Namun demikian, kamera S10 Plus tidak jelek, hanya tidak semenarik dari yang pernah kita lihat dari Samsung pada masa lalu.

Bagi mereka yang menyukai S Pen, Note 10 Plus tetap menyediakannya. Bahkan, model saat ini mengalami peningkatan beberapa fitur baru seperti kontrol gestur yang memungkinkan kamuu melakukan hal-hal seperti mengendalikan kamera smartphone dari jarak jauh hanya dengan melambaikan tangan dengan cara tertentu.

Kelebihan
– Kamera yang luar biasa
– Update Android yang cepat
– Pengalaman software yang bersih

Kekurangan
– Daya tahan baterai kurang

3. Xiaomi Mi 10 Pro

Mi 10 Pro merupakan HP flagship yang bersaing dengan Oppo Find X2, Huawei P40 pro dan rumpun Samsung S20. Ponsel ini merupakan pesaing berat ponsel sekelas dari brand lain karena dirancang dengan tampilan menarik dan kinerja yang luar biasa.

Jika kita lihat Mi 10 Pro, Xiaomi tampaknya memokuskan diri pada sejumlah spek utama seperti layar, prosesor, kinerja mesin, daya baterai, dan kamera.

Xiaomi mengemas desain Mi10 Pro dengan gaya khasnya selalu menarik dan trendi. Ponsel ini mengusung layar dengan refresh rate 90Hz, pengisian daya baterai cepat, dan jajaran kamera quad. Spek ini menjadikan Mi 10 Pro sebagai ponsel paling serius dalam kelas premium.

Ponsel yang dilepas seharga Rp 10 juta lebih itu tampaknya sudah memiliki segalanya dalam hal spesifikasi. Lebh-lebih, HP ini sangat keren untuk digunakan sehari-hari berkat perangkat kerasnya yang nyaman serta kualitas fitur lainnya.

Kelebihan

– Kamera serba guna
– Daya tahan baterai yang hebat
– Pengisian daya super cepat

Kekurangan
– Harganya mahal
– Ketersediaannya terbatas
– Perangkat lunak bukan yang terbaik

4. LG V60 ThinQ

Handphone LG V60 memiliki spesifikasi yang mirip dengan G8x yang sudah terlebih dahulu dirilis. Bedanya, ponsel ini memiliki layar yang sangat luas, 6,9 inci dengan panel pOLED. Sementara G8x mengusung layar 6,4 inci.

Spek dan fitur lainnya adalah pemindai sidik jari di panel layar, pengisian daya baterai cepat, tahan dari ari dan debu berkat sertifikat IP68 dan chipset Snapdragon 865. Smartphone ini juga mempersenjatai diri dengan speaker stereo dan kapasita baterai jumbo 5.000 mAh.

Bagi pecinta musik, LG V60 menjadi pilihan yang sangat menarik. Bukan hanya karena mengusung lubang jack headphone, handphone ini juga menawarkan DAC Quad Hi-Fi untuk peningkatan pengalaman audio.

LG V60 merupakan ponsel dengan peningkatan sejumlah spek utama dari pendahulunya, V50. Perangkat ini menawarkan desain segar yang tidak membuat kesalahan sama dengan ponsel serupa sekelas seperti seri Galaxy S20.

Ponsel ini juga menawarkan layar kedua yang bisa dilepas bagi mereka yang menginginkan pengalaman layar ganda. Layar kedua ini sama dengan layar utama dengan luas bentang 6,8 inci dan panel Full HD Plus. Terdapat kuda poni di panel atas untuk menyematkan kamera selfie. Sayangnya, ponsel ini tidak dukung kamera handal baik untuk depan maupun belakang. Harganya memang jauh lebih murah dari ponsel lipat lain.

Kelebihan
– Fitur audio yang sempurna
– Spek solid
– Daya tahan baterai terbaik
– Layar ganda jadi daya tarik tambahan

Kekurangan
– Kamera kurang bagus
– Tidak banyak aplikasi yang mendukung fitur layar ganda

5. Realme X3 Superzoom

Realme X3 Superzoom menawarkan spesifikasi perangkat keras yang solid. Fitur paling menonjol adalah sensor kamera depan, yakni sensor utama 64MP, kdua 8MP dengan zoom optikal 5x, sensor ultra-wide 8MP dan sensor makro 2MP. Kameranya juga memiliki beberapa mode malam untuk menghasilkan gambar lebih baik pada kondisi gelap.

Jeroanya juga menarik. Ponsel ini ditenagai prosesor Snapdragon 855 Plus dengan dukungan RAM 12GB dan memori penyimpanan internal 256GB dengan UFS 3.0. Layarnya terbilang luas 6,6 inci dengan panel FullHD Plus IPS LCD dan refresh rate tinggi 120GHz.

Kapasotas baterai cukup besar 4.200 mAh yang bisa bertahan ketika dipakai seharian. Baterai ini memiliki fitur pengisian cepat 30Watt yang mampu mengisi baterai 100 persen penuh dalam waktu satu jam.

Kelebihan
– Layar yang hebat dengan refresh rate 120GHz
– Kapasitas baterai besar dengan pengisian daya cepat
– Empat kamera belakang dilengkapi banyak mode malam
– Harganya masuk akal

Kekurangan
– Prosesor agak jadul, memang tercepat tapi tahun lalu

Demikianlah 5 HP Android terbaik yang bisa kamu pilih untuk dipakai kebutuhan sehar-hari. Lima ponsel ini memang memiliki harga yang mahal. Rata-rata mereka dilepas dengan harga Rp 10 jutaan ke atas.

Namun jika kamu memiliki dana yang cukup, tidak salahnya mencoba membeli salah satu dari lima ponsel ini. Setiap ponsel yang dijelaskan tadi memang memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tinggal kamu bisa memilih mana-mana yang kira-kira terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tinggalkan komentar