5 Ikan Cupang Jenis Aduan yang Tren di Februari 2021

Saat ini dunia perikanan tengah dihebohkan oleh ikan cupang atau ikan laga, ada juga yang menyebutnya ikan adu.

Ikan cupang ini merupakan ikan air tawar yang cocok dipelihara di akuarium. Ikan jenis cupang ini berasal dari Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam.

Bukan main viralnya ikan hias kecil nan lucu ini karena memiliki banyak jenis dengan keunikannya masing-masing. Bahkan harga penjualannya pun bisa mencapai jutaan rupiah.

Tentunya bagi para pemula perlu memilih ikan cupang mana yang cocok dipelihara di akuarium, ada yang mungkin memiliki harga fantastis untuk memilikinya.

Bukan sebagai hiasan saja, cupang ini lebih banyak digunakan untuk diadukan. Itulah menjadi penyebab melambungnya harga ikan cupang selain karena keunikannya.

Berikut 5 jenis ikan cupang atau ikan laga jenis aduan yang sedang ngetren di bulan Februari 2021 ini :

1. Plakat Avatar Gordon

Ikan cupang jenis plakat ini diambil dari bahasa Thailand “Plakad” yang berarti Tarung. Ikan ini merupakan ikan jenis aduan yang bisa dipelihara sebagai ikan hias, pergerakan ikan cupang plakat sangat agresif.

Dinamakan juga Avatar Gordon, seperti pada film Avatar, ikan ini mengingatkan pada warna tubuh Avatar. Harganya berkisar dari 100.000 sampai satu juta rupiah.

2. Plakat Yellow Fancy

Ikan aduan ini dinamakan juga ikan Fancy yang berarti kombinasi 3 warna, ini yang membuat ikan Plakat Yellow Fancy melambung harganya. Selain karena mencolok , warnanya itu juga tidak gampang pudar.

Yang membedakan ikan Fancy dengan yang lain adalah warna pada ikan Fancy akan terlihat bergerak ketika berenang.

Harga ikan Fancy bisa mencapai Rp 1,5 juta per ekor, karena memang ikan jenis ini sudah mahal dari lahirnya. Harga anakannya pun bisa mencapai Rp 200.000 atau Rp 300.000 per ekor.

3. Plakat Nemo Cooper

Ikan ini memiliki tubuh yang besar dan kokoh sehingga cocok dijadikan sebagai petarung, jenisnya merupakan perenang andal yang bisa melindungi dirinya dengan melebarkan sirip depan untuk menakuti lawan.

Nemo Copper identik dengan belang kuning atau orange yang vertikal dari sirip atas hingga sirip bawah. Ciri-ciri Nemo Copper ini adalah memiliki warna yang menyerupai Nemo dengan kombinasi warna Copper dan mempunyai pola yang tidak teratur. Harganya mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 3 juta.

4. Plakat Koi Tancho

Dari semua jenis ikan cupang, Koi Tancho inilah yang mudah sekali untuk dikenali. Hanya terdapat sedikit warna pada bagian kepala atau tubuhnya. Harganya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 1,5 juta.

5. Plakat Koi Galaxy

Adalah jenis ikan cupang yang memiliki taburan bling-bling biru pada tubuhnya. Harganya dari Rp 60.000 sampai Rp 350.000 per ekor.

Semoga bisa membantu teman-teman yang memerlukan informasi seputar ikan aduan cupang yang bisa digunakan perlombaan.

Selain sebagai aduan atau hiasan, ikan cupang ini bisa teman-teman gunakan untuk bisnis lho. Teman-teman pilih ikan aduang yang mana? Ayo tulis di kolom komentar.

You May Also Like

About the Author: Apis Nafisah Suarifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *