5 Kerugian Menjalani Hidup Tanpa Niat

  • Whatsapp

Begitu berartinya niat, baik yang nampak tersirat ataupun tak tertebak.

Apa yang kamu niatkan hari ini? Berniat mengerjakan sesuatu? Atau hanya menjalani hari bagai arus air yang mengalir tanpa ada tujuan yang pasti? Hanya mengikuti arus tanpa kamu tahu apa yang kamu inginkan?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai niat, mimin mau tanya dulu nih. Masih ingat definisi niat? Kalau belum, mari kita singgung sedikit.

Niat menurut KBBI adalah:

  1. Maksud atau tujuan suatu perbuatan
  2. Kehendak (keinginan dalam hati) akan melakukan sesuatu
  3. Janji untuk melakukan sesuatu jika cita-cita atau harapan terkabul

Wah wah. Ternyata dalam juga ya definisi niat. Tentunya hal ini membuat kamu rugi, jika menjalani hidup tanpa niat. Apa saja kerugiannya? Mari kita telaah bersama.

1. Kurang efektif mencapai tujuan hidup

Eh kok bisa gitu? Jelaslah bisa. Seperti yang telah diulas tadi, ketika kita hidup tanpa berniat, ya kita ga bakalan nih yang namanya mikirin gimana cara untuk melakukan sesuatu secara efektif.

2. Kurang totalitas dalam bekerja

Tujuan hidup yang tidak jelas, alias niat yang tidak jelas membuatmu kurang totalitas mengerjakan sesuatu. Asal beres. Tak perlu bersusah payah dan totalitas mengerjakan apa yang kamu lakukan. Waduh waduh gimana nih.

3. Potensi terpendam kamu tidak tergali

Efek beruntun dari poin 1 dan 2 adalah potensi kamu yang menakjubkan itu tidak tersalurkan dengan baik! Wah parah juga nih. Kamu yang harusnya dapat nilai 100, namun karena tidak belajar, jadi hanya dapat 50.

Atau kamu yang awalnya dicalonkan jadi direktur di sebuah perusahaan, berakhir tidak naik jabatan karena kekurang totalitasan kamu. Merugikan bukan?

4. Hasil yang kamu dapatkan tidak memuaskan

Sebuah kebodohan adalah menginginkan hal yang baik, dari pekerjaan yang tidak kamu lakukan dengan baik. Sebagai manusia normal, tentunya kita menginginkan kehidupan yang baik dan memuaskan bukan? Atau istilah lainnya adalah kesukesan. Bagaimana kamu dapat meraih kesuksesan jika yang kamu lakukan masih tanpa niat, mageran. Apa kata dunia, fergusso?

5. Tidak dapat ridha Allah SWT

Nah, untuk poin terakhir adalah “apa kata akhirat?”. Bagi yang beragama Islam tentu hadits di bawah ini tidak asing di benak kita bukan?

“Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan (H.R Bukhari dan Muslim)

Niat adalah hal penting yang mendasari semua perbuatan kita, baik dalam hal ibadah kepada Allah, berbuat baik kepada sesama, dan diri sendiri.

Jadi, sudah berapa kali kamu berniat baik hari ini? Apakah niatnya sudah direalisasikan

Terus berniat dan bertingkah laku sebagai orang baik ya 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *