5 Objek Wisata Alam di Tasikmalaya yang Menakjubkan

  • Whatsapp
Kampung Kolecer

Tasikmalaya, Jawa Barat, sebenarnya memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat indah. Mungkin di antara kamu hanya mengenal sejumlah tempat wisata alam ketika berbicara tentang Tasikmalaya. Biasanya kamu akan menyenbut Pantai Cipatujah, Pamijahan (wisata alam dan relijus), dan Situ Gede.

Padahal sesungguhnya banyak lho tempat wisata alam yang tersebar di Tasikmalaya dan hanya sedikit saja orang yang tahu. Nah, bagi kamu yang mengeksplorasi Tasikmalaya, ada baiknya membaca artikel ini secara tuntas. Sebab, kami akan sajikan tempat wisata alam yang sangat direkemondasikan untuk dikunjungi.

Tentu saja, di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, mengunjungi destinasi wisata alam adalah salah satu alternatif hiburan agar pikiran tidak stres sehingga rentan tertular Corona.
Selain itu, mengunjungi wisata alam sedikit berisiko tertular karena kondisinya terbuka dan bisa menjauh jika ada kerumunan. Apalagi jika destinasi wisata yang dikunjungi adalah pegunungan, maka potensi tertular kecil.

Baik, kita langsung saja yang eksplorasi 5 objek wisata alam di Tasikmalaya yang menakjubkan dan harus kamu kunjungi.

1. Kampung Kolecer

Destinasi wisata alam ini terbilang baru dan berada di Desa/Kecamatan Cisayong. Akses menuju sana jika dari Bandung dan Jakarta bisa melalui dua jalur. Pertama lewat Rajapolah jika kamu ingin belanja dulu barang-barang kerajinan. Jalur kedua adalah melalui Jalan Ciawi-Singaparna (Cising).

Kampung kolecer adalah sebuah kampung yang terbilang unik. Kampung ini memiliki banyak kincir angin (kolecer). Ratusan kolecer berdiri di sawah-sawah milik warga.

Selain kolecer, daya tarik lainnya dari kampung tersebut adalah udaranya yang segar karena karena dekat dengan bukit kecil dan banyak pohon-pohon di sekitarnya.

Kamu juga bisa menikmati kuliner khas Kampung Kolecer. Mulai mi rebeh, kopi kelecer hingga nasi timbal khas Sunda. Kamu bisa menyantap makanan dan minuman khas kolecer sambil menikmati suasana yang sejuk dan suara alam dari kincir yang berputar diembus angin.

2. Curug Badak

Photo Ayobandung.com

Nah, objek wisata yang satu ini juga terbilang baru. Lokasinya masih berada di Kecamatan Cisayong yang berbatasan dengan Kecamatan Sukahening.

Curug Badak merupakan air terjung yang berada di tengah hutan pinus. Air ini sangat sejuk dan menyegarkan. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Riwan Kamil pernah mengunjungi tempat wisata ini.

Sejumlah fasilitas menarik di bangun di sekitar Curug Badak. Jika kamu masuk kawasan Curug Badak, kamu akan disajikan pemandangan pohon pinus dan di sekitarnya berjejer warung kopi dan mi rebus. Sedikit naik ke atas, kamu bisa menikmati fasiltas ayunan yang disediakan warga di sana. Tentunya ayunan itu harus disewa, tapi nggak mahal kok.

Kamu bisa menikmati udara segar serta kicau burung di sana sambil rebahan di ayunan tersebut. Tiket masuk juga nggak mahal sekitar Rp 5.000 per orang lah. Kalaupun ada kenaikan ya nggak seberapa.

3. Jabal Nur

Wisata alam ini juga terbilang sangat baru dan lokasinya tidak jauh dari Curug Badak. Jabal Nur juga menyajikan pemandangan alam yang indah dan udaranya sejuk. Lokasinya berada di dataran cukup tinggi.

Berbeda dengan Curug Badak, Jabal Nur yang berada di Sukasetia, Cisayong ini, memiliki kolam renang bagi pengunjung. Kolam renang ini terbagi dua, yakni dengan air dingin dan panas. Jika kamu merasa kedinginan, bisa renang di kolam air panas.

Di sana juga disediakan semacam gazebo yang terbuat dari bahan alami, yakni kayu dengan atap dari ijuk. Hal ini akan menambah suasana alam pedesaan.

Awalnya masuk ke Jabal Nur ini gratis. Namun pengelola berencana mematok tarif Rp 10.000 per orang. Ya masih terbilang murah lah guys.

4. Cipatuah

Photo Via Ajiee_g, Nadyasyifau, Mandalaadji

Cipatuah merupakan kependekan dari Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh Kahuripan. Lokasi wisata ini merupakan surga tersembunyi di kawasan Sukahening dekat Cisayong. Destinasi wisata alam ini belum dikenal banyak orang. Namun jika kamu ke sana, akan merasakan takjub tingkat dewa pemandangan alamnya.

Betapa tidak, di sana terdapat kolam air panas alami yang dikelilingi pemandangan alam yang luar biasa. Ada pula pancuran yang menjadi ciri khas Cipatuah.

Pengelola menyediakan tempat penginapan yang dibangun dengan struktur rumah zaman dulu alias jadul. Semua dinding dan lantai terbuat dari bahan kayu dengan atap ijuk. Kamu dari luar kota bisa menginap di sana sambil menikmati khasiat air Cipatuah.

5. Telaga Denuh

Photo Via Irvandrahman_, Xtaufikhidayatx

Telaga denuh merupakan sebuah danau yang berada di atas bukit. Telaga ini berlokasi di Bojongkapol, Bojonggambir. Dari Singaparna yang merupakan ibu kota Kabupaten Tasikmalaya, perjalannya memakan waktu sekitar dua jam.

Meski cukup jauh, namun perjalanan ke lokasi itu tidak akan terasa. Sebab, selama perjalanan ke sana, terutama ketika memasuki kawasan Bojonggambir, kamu juga bisa menikmati indahnya kebun teh dan sejuknya udara di sana.

Untuk mengunjungi Telaga Denuh, kamu harus berjalan melewati jalan terjal dan menyeberang sungai. Tentu saja perjalanan akan melelahkan sehingga untuk menuju ke tempat itu membutuhkan kondisi badan yang sehat dan prima.
Namun jangan khawatir, rasa lelah selama perjalanan itu akan tergantikan oleh indahnya alam Telaga Denuh. Air telaga jernih dengan dikelilingi bukit-bukit kecil hijau pepohonan. Kamu bisa memandang danau sambil relaks dan menghirup udara segar. Dijamin stres Anda akan sirna dan melebur bersama alam yang masih perawan itu.

Demikianlah 5 tempat wisata alam di Tasikmalaya yang menakjubkan. Jika kamu punya waktu luang, kamu bisa mengeksplorasi 5 destinasi wisata itu dalam dua atau tiga hari. Artinya kamu mesti tinggal di Tasikmalaya selama beberapa hari. Jangan khawatir, banyak hotel mulai dari sederhana hingga mewah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *