5 Ponsel dengan Baterai Tahan Lama, Siapa Juaranya?

Daya baterai tahan lama adalah salah satu pertimbangan seseorang sebelum membeli ponsel. Sebab, dengan daya baterai tahan lama, pengguna lebih leluasa untuk melakukan hal-hal dengan ponselnya, mulai menjelajah internet, bermain game, menonton video, memotret dan lain sebagainya.

Sebenarnya banyak ponsel yang diklaim memiliki daya baterai tahan lama dengan fitur pengisian lebih cepat. Rata-rata ponsel tersebut memiliki baterai minimal 4000 mAh.

Kami akan tunjukkan 5 ponsel dengan daya baterai tahan lama yang dilansir dari PhoneArena. Ukuran daya tahan lama itu berdasarkan hasil pengujian secara mendetail kapasitas baterai.

Daftar ponsel baterai tahan lama itu disusun berdasarkan peringkat. Daftar pertama adalah peringkat paling bawah.

5. iPhone 11 Pro Max

Ponsel besutan Apple ini memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. iPhone ini disebut salah satu ponsel yang memiliki kapasitas baterai terbesar dari Apple.

Berdasarkan pengujian PhoneArena, daya baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 12 jam 53 menit untuk menjelajah internet. Sedangkan untuk video streaming mampu bertahan hingga 8 jam 58 menit. Sementara untuk memainkan game 3D, baterai harus diisi daya setelah 7 jam 30 menit. Tingkat daya tahan baterai iPhone 11 Pro Max masuk peringkat ke-5.

4. Samsung Galaxy S2+ dan S2

Samsung menelurkan dua ponsel high-end dengan kapasitas baterai jumbo, yakni 5.000 mAh. Daya baterai ponsel ini mampu bertahan lama untuk video streaming.

Berdasarkan hasil tes, Galaxy S2+ tetap menyala selama 12 jam 40 menit ketika dipakai untuk menjelajah internet. Sedangkan Galaxy S2 bertahan hingga 12 jam 12 menit dengan tugas yang sama.

Smeentara untuk video streaming, S2+ bisa bertahan hidup hingga 9 jam 53 menit dan S2 hingga 10 jam 20 menit. Lalu ketika dipakai bermain game 3D, daya baterai Galaxy S2+ bisa bertahan hingga 8 jam 26 menit dan S2 hingga 7 jam 53 menit.

Samsung Galaxy S2+ dan S2 masuk peringkat ke-4 dalam urusan kinerja baterai.

3. OnePlus 8

OnePlus 8 berada di peringkat ke-3 untuk durasi daya baterainya. Padahal, ponsel ini memiliki baterai dengan kapasitas 4.300 mAh, jauh lebih kecil dibanding Galaxy S2+ dan S2 yang justru masuk peringkat ke-4.

Alasannya, sebagaimana sempat disinggung di awal, bahwa indikator pengujian daya baterai bukan hanya dari kapasitasnya, tetapi juga kinerjanya saat melakukan tiga tugas.

Kalau melihat kinerja baterai OnePlus 8, rasanya memang lebih bagus dibanding Galaxy S+ dan S2, terutama untuk bermain game 3D.

Mari kita lihat perbandingannya. Daya baterai OnePlus 8 mampu bertahan hingga 12 jam 15 menit saat digunakan untuk browsing internet. Sama halnya dengan Galaxy S2+ dan S2 yang bertahan hingga 12 jam lebih. Begitu juga ketika dipakai untuk video streaming, ketiga ponsel itu memiliki nilai yang sama untuk daya tahan baterai, yakni 9 jam lebih.

Nah, ketika dipakai bermain game 3D ketiga ponsel tersebut berbeda. OnePlus 8 memiliki daya tahan baterai 10 jam 16 menit, lebih unggul sekitar 2 jam dibandung Galaxy S2+ dan S2 yang bertahan hingga 8 jam lebih.

2. Samsung Galaxy S20 Ultra

Lagi-lagi ponsel Samsung mendominasi 5 besar peringkat daya baterai tahan lama. Berdasarkan pengujian PhoneArena, Samsung Galaxy S2 Ultra memiliki baterai daya tahan lama hingga 12 jam 23 menit untuk menjelajah internet. Sedangkan untuk video streaming mampu bertahan hingga 10 jam 30 menit dan game 3D 9 jam 12 menit.

Pantas saja, ponsel ini memiliki kapasitas baterai jumbo 5.000 mAh.

Akhirnya, Samsung Galaxy S20 Ultra masuk peringkat ke-2 dengan daya baterai tahan lama. Namun ada semacam disclaimer. Bahwa hasil pengujian itu berdasarkan dari penggunaan ponsel dengan refresh rate (pembaharuan gambar/frame) 60Hz. Sedangkan jika refresh rate 120 Hz, maka dapat dipastikan bahwa baterai ponsel tersebut akan ngedrop dan peringkatnya pun turun.

Sebagai informasi tambahan bahwa refresh rate adalah suatu spesifikasi pada komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar diperbaharui. Spesifikasi ini biasanya menjadi salah satu unggulan ponsel gaming. Semakin tinggi refresh rate, maka semakin bagus pula itu ponsel untuk dipakai bermain game.

1. Xiaomi Mi 10 Pro

Xiaomi Mi 10 Pro akhirnya masuk peringkat ke-1 ponsel dengan daya baterai tahan lama. Padahal kapasitasnya hanya 4.500 mAh.

Kok bisa? Ya bisa karena berkat chipset Snapdraron 865 yang dikenal lebih efisien dan hemat energi dalam sebuah ponsel. Selain itu, pengelolaan daya dari antarmuka MIUI juga sangat berpengaruh pada daya tahan baterai.

Berdasarkan pengujian situs teknologi tersebut, daya baterai Mi 10 Pro bisa bertahan hingga 14 jam 12 menit untuk menjelajah internet, 11 jam 30 menit untuk video streaming dan 10 jam untuk dipakai bermain game 3D.

Tinggalkan komentar