5 Rempah yang Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh

/
/
/
3 Views
bawang putih kekebalan tubuh

Rempah-rempah dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Terutama di masa pandemi ini.

Indonesia sendiri kaya akan rempah-rempah. Hal itu sudah berlangsung sejak lama. Maka tak heran, Indonesia dulu menjadi target utama negara-negara Eropa untuk mengambil rempah-rempah, hingga akhirnya terjadi penjajahan, mulai oleh Portugis hingga Belanda.

Negara-negara tersebut berebut rempah Indonesia karena memiliki banyak manfaat. Selain untuk menambah rasa enak pada makanan, rempah juga berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah mampu meningkatkan imunitas alias kekebalan tubuh.

Lalu rempah-rempah apa saja yang diyakini ampuh menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh? Berikut daftarnya.

Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa imunoregulatif yang mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bawang puting juga merangsang produksi darah puting yang bisa membunuh patogen secara alami.

Salah satu rempah berwarna putih ini juga diyakini mampu menjaga homoeostasis sistem kekebalan tubuh.

Upayakan konsumsi bawang putih 1 sampai dua siung. Lalu rutinkan minum air hangat.

Bawang bombay

Bawang bombay adalah rempah-rempah yang membuat makanan menjadi enak dan harum. Selain meningkatkan selera makanan, bawang bombay juga berkhasiat untuk kesehatan.

Kandungan quercetin dipercaya menangkal virus karena adanya sifat anti-virus. Bawang khas India ini juga mengandung senyawa antiinflamasi yang mampu meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Jahe

Jahe juga diyakini bisa meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah radang paru-paru. Bahkan, ekstrak jahe bisa menunda penakit pneumonia dan sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa.

Selain itu, jahe yang dikenal rasanya hangat mampu menghangatkan tubuh dan mengobati batuk. Khasiat lainnya adalah bisa meningkatkan produksi sel-T

Jahe bisa diolah menjadi minuman hangat. Geprek 1 atau dua siung jahe, lalu masukkan ke air panas. Tambahkan gula kawung atau madu dan minum dua kali sehari.

Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang ampuh mengobati penyakit pencernaan. Kunyit ini mengandung antiinflamasi yang bisa mengobati luka dalam lambung.

Kandungan lainnya adalah antimkroba dan imunomodulator. Kandungan tersebut mampu mencegah manusi terkena flu musiman, pilek serta batuk.

Bahkan, menurut penelitian, kunit juga mengandung kurkumin yang bisa mengurangi peradangan pada paru-paru dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kunyit dikonsumsi dengan cara diparut lalu diperas untuk mendapatkan sarinya. Seetelah itu, bisa diminum baik dengan madu dan air perasan lemon. Minumlah air kunit dua kali sehari.

Kayu manis

Kayu manis mengandung antioksidan dan berperan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah seseorang terserang batuk, pilek dan radang.

Kayu manis juga mengandung zat yang mengatur fungsi kekebalan tubuh serta melawan mikrorganisme.

Untuk mengonsumsi kayu putih bisa dengan dicampurkan madu dalam segelas air lalu diminum.

 

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views :