6 Budaya Literasi yang Wajib Kamu Ketahui, Bukan Hanya Baca Tulis

  • Whatsapp
Literasi
membaca buku

Literasi sering diartikan oleh beberapa orang yaitu membaca dan menulis tentang topik tertentu. Literasi menjadi sangat penting karena menjadi dasar penggerak pendidikan di era milenial dan menjadi sarana pengembangan kehidupan sosial.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), literasi memiliki tiga pengertian, yaitu:

1. Kemampuan membaca dan menulis.

2. Pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu.

3. Kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Dilihat dari pengertian di atas, literasi memiliki arti yang sangat luas, tidak hanya tentang membaca dan menulis. Pernyataan ini didukung juga dengan penjelasan Unesco.

Menurut UNESCO, literasi adalah seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks di mana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya.

Pemahaman seseorang mengenai literasi ini akan dipengaruhi oleh kompetensi bidang akademik, konteks nasional, institusi, nila-nilai budaya serta pengalaman.

Namun, tahukah Anda bahwa dalam literasi terdapat enam hal dasar yang dijadikan acuan pemerintah dalam mengembangkan budaya literasi. Antara lain:

𝟏. Literasi baca tulis

Literasi yang pertama ini kemampuan dalam memahami isi teks tertulis dan menuangkan ide ke dalam tulisan untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri serta berpartisipasi dalam lingkungan sosial.

𝟐. Literasi numerasi

Pengertian numerasi sendiri kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka. Kemampuan menggunakan angka, simbol yang berhubungan dengan matematika dasar, dan menganalisis informasi (dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dll) untuk memecahkan masalah praktis, memprediksi, dan mengambil keputusan.

𝟑. Literasi sains

Kata sains sendiri berasal dari bahasa latin ” scientia ” yang berarti pengetahuan. Sedangkan literasi sains kemampuan memahami fenomena alam, sosial, serta mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah untuk dapat hidup lebih nyaman, sehat, dan baik.

𝟒. Literasi digital
Kemampuan memahami informasi berbasis media digital informativ dan alat-alat komunikasi secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, teliti dan sesuai hukum untuk membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sosial yang baik.

𝟓. Literasi finansial

Singkatanya dari literasi ini adalah keterampilan dalam pengelolaan uang dan kemampuan dalam mengaplikasikan konsep risiko, keterampilan, dan motivasi finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial.

𝟔. Literasi kebudayaan dan kewargaan

Literasi budaya merupakan kemampuan serta memahami dalam bersikap terhadap kebudayaan Indonesia itu sendiri sebagai identitas. Sedangkan literasi kewargaan merupakan kemampuan memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara indonesia.

Itulah beberapa contoh literasi yang sudah menjadi budaya dan akan menjadi budaya dimassa depan, dengan adanya literasi-literasi ini kita bisa menjadikan kemampuan dan pengetahuan kita menjadikan kemajuam dalam sebuah negara. Ilmu dalam mengembangkan dalam suatu bakat sangat di perlukan di era globalisasi ini supaya kita tidak kalah oleh budaya asing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *