6 Cara Cepat Mengatasi WhatsApp Bermasalah

WhatsApp tampaknya sering mengalami down di seluruh dunia. Tapi tenang biasanya kejadian ini bersifat sementara. Namun demikian, kamu bisa memeriksa sejumlah hal yang bisa menyebabkan WhatsApp mengalami masalah.

Ada beberapa kemungkinan WhatsApp tidak bekerja di ponsel Android kamu. Untungnya, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan relatif cepat.

Jika aplikasi tersebut mengalami crash, tidak bisa mengirim pesan atau mengalami problem lain, ikuti saja 6 cara cepat mengatasi WhatsApp agar bisa normal kembali.

1. Persempit masalah

Jika WhatsApp tidak bekerja di ponsel Android kamu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa apakah masalah itu di ponsel atau aplikasinya. Kamu bisa melakukan itu dengan mengunjungi salah satu dari beberapa website yang sering melaporkan WhatsApp down. Website tersebut antara lain istheservicedown.co.uk, outage.report, isitdownrightnow.com dan lainnya.

Jika salah satu atau semua situs tersebut mengklaim bahwa layanan tersebut sedang down, maka tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain menunggu WhatsApp menyelesaikan masalahnya. Untuk komunikasi sementara kamu bisa menggunakan media lain, misalnya SMS, Messenger, Telegram, WeChat dan lainnya.

2. Periksa koneksi internet

Jika tidak ada laporan terkait WhatsApp bermasalah di situs tersebut, berarti persoalannya ada di pihak kamu. Untuk mengatasinya, cara yang harus kamu lakukan adalah memeriksa hal yang paling dasar, yakni koneksi internet.

Coba kamu matikan lalu hidupkan lagi Wi-Fi. Jika cara itu gagal, coba kamu mengakses website apa saja di browser, atau memainkan video YouTube. Jika hal itu tak bisa, berarti memang masalahnya di koneksi internet.

Jika kamu tidak bisa mengakses internet sama sekali, berarti ada masalah di jaringan baik operator maupun Wi-Fi. Atau kamu juga bisa memeriksa data mobile kamu apakah aktif atau tidak. Kamu bisa juga periksa kuota internet kamu, jangan-jangan itu sudah habis.

3. Paksa henti aplikasi dan bersihkan sampah

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika WhatsApp tak berjalan adalah dengan menyetopnya secara paksa. Caranya, kamu masuk ke aplikasi di ponsel, lalu klik WahtsApp. Klik “paksa henti” (force stop).

Tahap selanjutnya adalah membersihkan sampah (cache) perangkat mobile kamu untuk menghapus file-file tak berguna yang disimpan WhatsApp.

4. Update aplikasi

Biasana, WhatsApp tak berjalan bisa juga karena ada update. Kamu bisa memeriksa jika kemungkinan ada pembaharuan aplikasi. Caranya, masuk ke Google Play, lalu cari WhatsApp. Lihat apakah ada pilihan perbaharu atau update tidak?

5. Instal ulang

Kemudian jika layanan tersebut masih tidak berjalan meski kamu sudah melakukan update, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah menghapus aplikasi tersebut, lalu menginstal ulang. Hapus ya, jangan logout (keluar). Sebab, jika kamu logout dari Whatspp, dikhawatirkan file penting dan nomor kontak teman hilang.

6. Matikan VPN

Fungsi VPN memang hebat. Ia memungkinkan kamu bisa menyembunyikan identitas online kamu, menembus pembatasan konten regional pada layanan semacam Netflix dan bisa mengakses WhatsApp di negara-negara yang belum tersedia. Namun VPN juga kadang bisa menjadi penyebab WhatsApp tidak bekerja.

Sering ada laporan pengguna yang mengaku tidak bisa melakukan panggilan melalui WhatsApp gara-gara VPN aktif. Maka jika kamu mengaktifkan VPN sambil mengakses WhatsApp, maka matikan dahulu VPN dan itu bisa menyelesaikan masalahmu.

Demikianlah 6 cara cepat mengatasi WhatsApp bermasalah yang bisa kamu lakukan. Kami berharap salah satu dari cara itu bisa menyelesaikan masalah. Jika ada cara lain yang lebih cepat dan ampuh, silakan tulis di komentar ya.

Sumber: AndroidAuthority

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *