7 Ponsel Dual Core Harga di Bawah Rp 1 Juta

Untuk mendapatkan smartphone dengan prosesor dual core dan harga murah saat ini tidaklah sulit. Kini banyak ponsel yang menawarkan prosesor dual core dengan harga di bawah Rp 1 juta. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu dualcore. Yang paling penting dipahami adalah istilah “core” itu sendiri.

“Core” atau inti biasa dikaitkan dengan istilah prosesor atau CPU. Core ini merupakan bagian dari prosesor. Sementara prosesor merupakan salah satu komponen utama sebuah smartphone. Komponen yang juga disebut chipset, karena merupakan “mesin” penggerak ponsel untuk menajalankan program atau aplikasi. Oleh karena itu, lamban atau cepatnya proses berjalankan pogram atau aplikasi, tergantung pada kapasitas dan kualitas prosesor.

Lalu kita kerap mendengar istilah single core, dual core, dan quad core. Prosesor single core berarti memiliki satu core. Lalu dual core berarti dua core, quad core artinya empat core. Core-core ini berfungsi menangani proses berjalannya aplikasi atau program. Semakin prosesor memiliki banyak core, itu artinya, kinerja prosesor semakin baik dan cepat.

Ibarat orang membawa sekarung beras, jika ditanggung sendirian maka akan terasa berat. Namun jika beras itu ditanggung dua atau tiga orang, maka bobotnya akan terasa ringan. Orang bisa dikatakan sebagai core sedangkan beras adalah sekumpulan aplikasi atau program. Jika dua atau tiga program di-handle oleh satu core, maka dipastikan kinerja prosesor bakal lamban bahkan bisa sangat loyo. Namun jika dibantu core-core lainnya, maka kinerjanya semakin ringan.

Lalu ada istilah lainnya selain core, yakni kecepatan atau clock. Ini bisa dikatakan kecepatan atau, katakanlah, tenaga sebuah core. Jika ada prosesor dual core 1GHz, itu artinya prosesor itu terdiri dari dua core yang masing-masing core memiliki kecepatan 1GHz. Jika ada 2GHz, maka tenaga setiap satu prosesor adalah 2GHz.

Kemudian RAM juga penting dalam membantu meningkatkan kinerja prosesor. Semain RAM besar, maka kinerja prosesor kian cepat dan dengan demikian kinerja ponsel pun kian melesat.

Bisa dipahami kan apa itu core? Nah, kalau sudah paham, maka kami akan merasa “enak” untuk menyebutkan ponsel-ponsel dual core yang murah untuk Anda pilih. Berarti ponsel-ponsel ini memiliki kecepatan prosesor yang bagus. Anda tinggal mempertimbangkan hal lainnya seperti harga dan fitur-fiturnya di ponsel dual core tersebut.

7 Ponsel Dual Core

Ponsel
Harga
Lenovo A390
Rp 999.000
Evercross A7T
Rp 750.000
SPC 3 Revo Plus
Rp 670.000
Mito A800
Rp 925.000
Mito A90
Rp 750.000
Smarfren Andromax G
Rp 949.000
Smarfren Andromax C
Rp 825.000

Tinggalkan komentar