Arti Ucapan Eid Mubarak dan Cara Membalasnya

  • Whatsapp
Eid Mubarak
Idul Fitri, Eid Mubarak

Eid Mubarak kerap diucapkan ketika perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Untuk umat Islam, kata dari bahasa Arab ini sudah tidak asing lagi dan sering diucapkan pada momen-momen hari raya. Lantas apa arti Eid Mubarak itu?

Idul Fitri dan Idu Adha merupakan dua hari raya besar bagi muslim di dunia. Eid Mubarak adalah ucapan populer dalam setiap momen dua hari raya tersebut.

Ucapan Eid Mubarak selalu menjadi penghias timeline media sosial, baik Facebook, Instagram, Twitter, Line hingga WhatsApp.

Baca Juga: Kisah Pilu Jasad Kakak Jadi Pelampung untuk Selamatkan Adiknya

Kendati sering diucapkan, masih ada umat Islam yang belum mengetahui betul apa arti istilah tersebut itu. Berikut penjelasan tentang ucapan tersebut.

Ari Istilah Eid Mubarak

Istilah keren ini berasal dari kata serapan Bahasa Arab yang terdiri dari dua suku kata, yakni ‘Aid- Yuaidu’ dan ‘Mubarak’.

‘Aid-Yuaidu’ memiliki arti merayakan. Sementara ‘Mubarak’ berasal dari kata dasar’baraka’ yang bermakna diberkati, suci, keberuntungan, semoga diberkati, semoga berkah, dan memberi selamat.

Sementara secara eipstemologi, Eid Mubarak memiliki arti selamat merayakan hari raya yang diberkahi. Atau juga, selamat hari raya Idul Fitri untukmu.

Nah, ketika ada seseorang yang mengucapkan Eid Mubarak kepada Anda, maka Anda bisa menjawabnya dengan ucapan ‘Eid saeed laum ‘aydaan’. Arti kalimat ini adalah Selamat Hari Raya Idul Fitri juga untukmu.

Kesimpulan

Demikian arti dari Eid Mubarak yang diambil dari serapan bahasa Arab. Selain di media sosial. Ucapan itu kerap ditulis dalam ucapan-ucapan di baliho, parsel, hampers dan lainnya sebagainya. Istilah ini adalah ucapan yang keren untuk Hari Raya Idul Fitri.

Diketahui bahwa Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021. Hal itu berdasarkan dari kesepakatan ulama dan pemerintah setelah memantau hilal.

Baca Juga: Kisah Orang-orang yang Diselamatkan Ponsel

Karena di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik demi mencegah penyebaran Covid-19. Namun dmikian, masih banyak orang yang memaksakan diri untuk mudik. Alhasil, pemudik yang dinyatakan positif Covid-19 mencapai 4.000 orang lebih berdasarkan tes random.

Oleh karena itu, agar penyebaran Corona tidak memburuk, maka Anda tidak perlu mudik. Jika kangen keluarga, Anda tinggal mengontak dengan panggilan video. Banyak sarana yang bisa dipakai, baik WhatsApp, Telegram dan lainnya.

Anda bisa mengucapkan selamat lebaran kepada orang-orang tercinta yang jauh di sana, karena sudah tahu kan arti ucapan itu? Selamat Idul Fitri 1442 Hijriah. Eid Mubarak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *