Bocoran Harga dan Fitur Samsung Galaxy Tab S7 Lite

  • Whatsapp
Tablet Samsung
Ilustrasi Tablet Samsung

Samsung dikabarkan sedang menggarap tablet Galaxy Tab S7 versi baru untuk membidik pasar kelas menengah. Tablet baru tersebut dilaporkan bernama Galaxy Tab S7 Lite atau kemungkinan Galaxy Tab S8e.

Informasi tersebut berdasarkan laporan dari situs SamMobile sebagaimana dilansir Phonarena. Situs itu menyebutkan bahwa tablet tersebut memiliki tiga varian, yakni Wi-fi only, LTE dan jaringan 5G. Kode ketiga varian itu antara lain SM-T730, SM-T735 dan SM-T736N.

Namun SamMobile tidak menyebutkan informasi tambahan tentang tiga varian tablet tersebut. Begitu pula situs itu tidak menginformasikan apakah ketiga varian itu mengacu pada Galaxy Tab S7 Lite atau bukan.

Namun demikian, sumber SamMobile mengklaim bahwa Samsung memang sedang menggarap tablet Tab S7 Lite.

Selain itu, Galaxy TabS7 Lite Plus atau XL kemungkinan akan segera hadir, meski spesifikasi dan informasi lainnya tentang tablet tersebut belum muncul ke permukaan.

Kabar itu mengarah pada fakta bahwa bersamaan dengan Tab S7 Lite, Samsung juga kemungkinan meluncurkan Tab S7 Lite Plus yang lebih besar.

Tampaknya masuk akal untuk menduga bahwa tablet Tab S7 Lite Plus memiliki spesifikasi yang sama dengan Tab S7 Lite dan mengusung layar yang lega.

Tablet Lite sebelumnya yang dirilis Samsung adalah Galaxy Tab S6 Lite dan diperkenalkan pada paruh pertama 2020. Ini mengarah untuk meyakini bahwa kita akan segera melihat Galaxy Tab S7 Lite.

Kapan Samsung Rilis Galaxy Tab S7 Lite?

Sementara itu, TechAdvisor memperkirakan bahwa Samsung Galaxy Tab S7 Lite akan diperkenalkan ke pasar pada April 2021. Perkiraan itu merujuk pada timeline jadwal peluncuran tablet sebelumnya.

Misalnya, Samsung merilis Galaxy Tab S6 Lite pada 30 April 2020. Enam bulan sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S6 muncul pada Agustus 2019.

Setelah peluncuran Galaxy Tab S6 Lite, kemudian enam kemudian, Samsung kembali memperkenalkan Samsung Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus. Situs tersebut menyimpulkan bahwa Samsung merilis tablet baru setiap enam bulan sekali.

Selain dari timeline, rumor tersebut diperkuat oleh kabar dari situs berbahasa Jerman, GalaxyClub yang melaporkan bahwa pada Desember 2020 kemarin, Samsung berencana merlis dua tablet model Lite pada 2021.

Berapa harga Samsung Tab S7 Lite?

Soal harga tablet S7 Lite sekali lagi kita masih berspekulasi. Jika melihat harga tablet pendahulunya, kita akan mendapat petunjuk berapa harga Samsung Tab S7 Lite.

Berikut harga tablet pendahulunya

  • Samsung Galaxy Tab S6 seharga $649 atau Rp 9,1 juta
  • Samsung Galaxy Tab S6 Lite seharga $349 atau Rp 4,9 juta
  • Samsung Galaxy Tab S7 seharga $649 atau Rp 9,1 juta
  • Samsung Galaxy Tab S7 Plus seharga $849 atau Rp 11,9 juta

Jika Samsung tetap dengan struktur ini maka Galaxy Tab S7 Lite akan dibanderol sekitar $349 atau Rp4,9 juta, meskipun ada rumor S7 Lite Plus yang akan menampilkan layar lebih besar dan memungkinkan model Lite meniru S7 dan S7 Plus.

Sementara itu, Tab S7 Plus dilepas dengan harga lebih tinggi $200 atau Rp 2,8 juta, maka ada kemungkinan model Lite itu mengikuti skema tersebut, yang artinya bahwa Tab S7 Lite akan dilepas seharga $549 atau Rp 7,7 juta.

Apa saja fitur Galaxy Tab S7 Lite?

Biasaya, kelas Lite menawarkan tampilan yang sama dengan versi besar. Namun karena variannya Lite, maka ada sejumlah komponen yang dikurangi demi menyesuaikan harga.

Mari kita lihat pada Galaxy Tab S6 yang muncul dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855. Sementara Tab S6 Lite ditenagai prosesor lebih lamban, Exynos 9611 yang juga hadir di Samsung Galaxy A50. Ini artinya bahwa mesin versi Lite akan di bawah versi besarnya.

Begitu juga dengan layarnya. Galaxy Tab S6 mengusung layar 10,5 inci dengan teknologi AMOLED. Sementara versi Lite-nya mengusung layar sedikit lebih kecil 10,4 inci dengan panel IPS. Jadi kemungkinan besar pendekatan serupa juga diterapkan pada Galaxy Tab S7 Lite.

Namun pada Galaxy Tab S7 Samsung tidak memasang panel layar AMOLED, melainkan LTPS LCD. Jadi kemungkinan versi Lite juga kualitas dan luas layarnya di bawah Tab S7.

Demikian perkiraan jadwal rilis, harga dan fitur Galaxy Tab S7 Lite. Untuk lebih tepatnya mari kita tunggu peluncurannya yang diperkirakan dilakukan pada 21 April 2021.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *