Bocoran Spesifikasi dan Fitur Microsoft Surface Duo

Microsoft membuat kejutan pada akhir Oktober 2019 lalu yang mengumumkan Surface Duo, sebuah perangkat layar ganda yang berjalan di atas sistem operasi Android. Meski Surface Duo mirip ponsel lipat serta memiliki fungsi menelepon dan mengirim pesan teks, namun Microsoft enggan menyebut Surface Duo sebagai ponsel.

Kendati mirip ponsel lipat, namun kenyataanya perangkat mobile ini tidak bisa dibandingkan dengan Samsung Galaxy Fold atau pula Galaxy Z Flip. Perangkat ini bisa dikatakan tablet lipat.

Perbedaanya terletak pada engsel. Surface Duo memiliki dua layar yang dipisahkan oleh engsel sehingga kedua layar itu bisa melipat. Bukan satu layar yang bisa dilipat sebagaimana yang biasa kita lihat di ponsel lipat.

Microsoft memang secara resmi sudah mengumumkan kehadiran Surface Duo. Namun untuk spesifikasinya masih belum muncul secara resmi. Saat ini, spesifikasi perangkat tersebut masih bersifat rumor.

Ada tiga spesifikasi penting Surface Duo yang saat ini beredar di internet, antara lain desain, mesin (chipset), kamera dan baterai. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Android Authority.

Desain

Soal desain, Surface Duo memang sudah muncul secara resmi dari Microsoft yang diumumkan pada Oktober lalu. Surface Duo ini mengingatkan kita pada perangkat Surface seperti laptop dan tablet.

Namun untuk perangkat baru ini, terdapat dua layar terpisah yang masing-masing berukuran 5,6 inci. Kedua layar itu terpisah oleh engsel sehingga keduanya bisa melipat mirip dengan laptop two-in-one. Ketika kedua layar itu dibuka, maka kita akan melihat layar selus 8,3 inci. Surface Duo memiliki desain yang tipis dengan ketebalan 4,8mm.

Terdapat sebuah kamea di kanan samping atas yang berdampingan dengan lubang speaker dan memiliki fitur lampu kilat.

Microsoft mengklaim bahwa Surface Duo bisa disimpan di saku celana. Namun jika kita melihat desainnya, kayaknya klaim itu sulit untuk dibuktikan karena perangkat ini memiliki layar yang lebar.

Spesifikasi dan fitur

Prosesor Surface Duo masih simpang siur. Saat diumumkan, perangkat ini ditenagai prosesor Snapdragon 855. Namun kabar lain dari sumber terpercaya berembus bahwa Microsoft tetap menggunakan flagship Snapdragon generasi lama untuk Surface Duo terbaru.

Spesifikasi lain muncul berkat bocoran dari karyawan Micrsoft sendiri yang memiliki izin untuk melakukan uji coba. Maka bocoran tersebut untuk sementara dipastikan valid sehingga sepsifikasi Surface Duo hingga peluncurannya tidak akan berubah.

Menurut Window Central via Android Authority, Surface Duo akan mengusung RAM 6GB dengan memori penyimpanan 64GB atau 256GB. Sementara kameranya disebut memiliki sensor 11MP. Kamera ini bisa untuk selfie juga berkat layar yang bisa diputar. Sementara tipe layar yang akan digunakan adalah AMOLED dengan kerampatan piksel 401ppi.

Sayangnya, Surface Duo menggunakan baterai dengan kapasitas kecil, yakni hanya 3.460 mAh yang kemungkinan tidak akan cukup mendukung dua layar serta kinerja mulitasking sebagaimana perangkat mobile biasanya. Perangkat ini juga tidak mendukung pengisian nirkabel (wireless charging).

Bocoran spesifikasi selanjutnya adalah sistem operasi. Surface Duo akan berjalan di atas sistem operasi Android 10 dan bisa di-upgrade ke Android 11.

Hingga kini belum ada kabar kapan perangkat mobile ini tersedia dan berapa harganya. Kami masih menunggu kabar selanjutnya.

Tinggalkan komentar