Cara Cepat Mengatasi URL Website Diblokir Facebook

Cara mengatasi URL website diblokir Facebook memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran dalam mengatasinya. Namun jangan khawatir, Facebook selalu respons ketika aduan kita soal URL diblokir, kalau memang postingan yang akan kita bagikan itu tidak melanggar standar komunitas.

Facebook saat ini memang menerapkan pemeriksaan yang ketat terhadap postingan atau URL website yang akan disebarkan oleh penggunannya. Hal itu demi mencegah media sosial itu disalahgunakan untuk kegiatan yang negatif dan berpotensi merusak.

Ada beberapa standar komunitas yang diterapkan Facebook demi menjamin keamanan dan kenyamanan penggunannya. Standar itu berupa larangan-larangan konten yang dibagikan di Facebook. Jika memaksa dibagikan, maka Facebook akan memblokirnya.

Misalnya, kategori tindak kekerasan termasuk konten yang mengandung kekerasan dan hasutan. Lalu individu dan organisasi yang berbahaya seperti terorisme, kebencian terorganisir, pembunuhan masal atau berantai, perdagangan manusia atau kriminal terorganisir.

Kemudian konten yang mengandung dan mendukung tindak kejahatan seperti kekerasan, pencurian dan penipuan. Konten itu akan diblokir karena bisa ditiru orang lain. Untuk selanjutnya, kamu bisa cek di link ini, https://web.facebook.com/communitystandards/

Ciri-ciri URL diblokir Facebook

Namun demikian, karena Facebook menggunakan mesin untuk mendeteksi URL yang melanggar standar komunitas dan dengan cara random, maka terkadang URL yang memenuhi atuan itu ikut terkena blokir. Hal itulah yang dialami saya ketika mencoba membagikan URL postingan di Facebook tiba-tiba ditolak.

Ciri-ciri URL didiblokir adalah proses loading di Facebook cukup lama. Biasanya ketika kita masukkan URL di boks status Facebook, langsung muncul pratinjau. Namun ketika URL itu diblok, pratinjau tidak muncul. Hanya link URL saja.

Ciri lainnya adalah ketika kita paksakan share link URL website yang tanpa pratinjau itu, maka akan muncul notifikasi bahwa URL diblok. Kamu diarahkan ke link pusat bantuan.

Cara cepat mengatasi URL di Facebook

Jika mengalami URL diblokir Facebook maka, yang pertama kali lakukan adalah melaporkan masalah ke pusat bantuan. Ketika kamu klik pusat bantuan yang tertera di notifikasi URL website diblokir, maka kamu diarahkan ke sebuah kotak berisi screenshot URL itu dan kamu menuliskan keluhannya.

Apakah itu berhasil? Ternyata tidak. Saya beberapa kali menulis keluhan itu di pusat bantuan, namun tak ada respons sama sekali.

Akhirnya setelah cari di Google, maka cara “banding” itu ditemukan. Caranya begini.

Kamu masuk ke link http://www.facebook.com/business/help/support. Nanti Facebook menyediakan kotak untuk menulis keluhan. Jika URL website kamu merasa tidak melanggar standar komunitas, maka kamu tulis permohonan agar blokir dibuka. Contoh permohonannya seperti ini.

“Mohon bantuan terkait kesulitan saya untuk membagikan halaman website saya [isi URL kamu] dimana link ataupun tautan website tersebut diblokir facebook. Saya mohon dengan sangat kepada team Facebook untuk bisa meninjau tautan website saya tersebut. Semoga saya bisa kembali melakukan promosi dan beriklan di facebook dengan alamat website saya. Dan saya yakin 100% menjamin website tersebut super safe, tidak berisi hal aneh ataupun melanggar standar komunitas facebook. Terima Kasih atas pembebasan blokir dan perhatiannya”.

Nanti kamu akan dibalas admin Facebook dan akan memeriksa URL website itu. Jika memang URL kamu aman, maka pihak Facebook akan membuka blokirnya dan meminta maaf. Namun jika ada URL memang melanggar standar komunitas, maka pihak Facebook akan menjelaskan detail pelanggarannya.

Tinggalkan komentar