Cara Daftar PPDB 2020 Online di Kota Batam

/
/
/
3 Views
ad-mania

Kota Batam, Kepulauan Riau, memberlukan sistem online pada penerimaan peserta didik sekolah negeri dan swasta tahun ajaran 2020-2021.

Bagi calon siswa yang hendak mendaftar, tinggal masuk ke portal ini.

Namun ketika kami mencoba mengaskes situs dimaksud pada pukul 14.44 WIB, kondisinya eror. Di laman tertulis Window Server berikut logonya dengan tulisan welcome dan bahasa serupa dari sejumlah negara.

Dilansir Tirto, Pemkot Batam memberlalukan PPDB 2020 secara online melalui surat edaran dengan nomor 16/419.1/DISDIK/V/2020. Surat edaran yang ditujukan pada kepala PAUD, SD/MI, SMP/MTs itu ditandatangani Wali Muhammad Rudi.

Rudi meminta pihak sekolah mempersiapkan PPDB online karena sistem tersebut akan diberlakukan pada tahun ajaran 2020-2021. Ia pun melarang pihak sekolah membuka pendaftaran secara manual atau langsung melalui sekolah demi mencegah kerumunan sehingga tidak berpotensi penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Hendri Arulan dikutip dari Antara menyatakan, PPDB sistem online bisa menjangkau setidaknya 1.000 pendaftar dalam waktu bersamaan.

Ia pun menyebutkan kuota untuk PPDB online. Rinciannya, 30 persen dari jalur prestasi, 15 persen jalur afirmasi, 5 persen pindahan dan sisanya 50 persen dari zonasi.

Menurutnya, pendaftaran PPDB mulai dibuka dari 10 hingga 26 Juni 2020. Wali kota meminta masyarakat menafaatkan waktu pendaftaran itu sebaik-baiknya.

Update: situs dialihkan

Sementara itu, dilansir Detik.com, situs PPDP online yang beralamat tadi dialihkan ke dua link baru sesuai pemberitahuan yang tertera dalam website itu.

Dua situs dimaksud adalah alamat ini dan alamat ini juga.

Namun demikian, kedua situs tersebut hingga kini masih sulit diakses. Untuk membuka kedua situs itu, membutuhkan proses loading yang sangat lama.

Saat proses loading lama, terdapat tulisan pemberitahuan bahwa server sedang penuh pengunjung.

“”Saat ini server sedang penuh dengan pengunjung. Mohon untuk menunggu beberapa saat lagi. Out of Memory. Restart application,” tulis keterangan di link http://peserta.ppdb-batam.id/.

Sementara website lainnya juga mengalami hal sama. Namun tidak ada pemberitahuan alasan proses loading sangat lama.

Proses pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di sejumlah daerah, termasuk Kota Batam, memang harus dilakukan secara online atau daring. Kebijakan itu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kerumunan masyarakat yang berpotensi menularkan wabah Covid-19. Namun demikian, proses PPDB mengalami kendala ketika pengunjung membeludak, server pun menjadi down.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views :