Cara Download Ulang Play Store yang Hilang di HP Android

  • Whatsapp
google Play Store

Google Play Store adalah bagian penting dari sebuah ponsel Android. Sebab, fitur ini merupakan tempat aplikasi dan game yang siap didownload sesuai dengan yang diinginkan penggunanya.

Namun ketika Play Store tiba-tiba menghilang dari ponsel Android, tentunya kamu akan kelimpungan. Selain tidak bisa mendownload aplikasi atau game, kamu juga tidak akan bisa memperbaharui aplikasi atau game yang sudah diunduh.

Lalu bagaimana caranya mengembalikan atau download ulang Play Store yang hilang di ponsel Anda? Tenang ada beberapa solusi yang bisa kamu pakai. Solusi ini tidak sulit alias mudah.

Cara download Play Store di HP Android

Sebelum kamu mengunduh ulang Play Store di ponsel Androdi, kamu terlebih dahulu periksa folder tampilan muka di ponsel kamu. Siapa tahu Play Store ini ternyata bersembunyi di folder sehingga tidak muncul di layar muka (home screen).

Selain itu, kamu juga coba merestart HP kamu. Siapa tahu setelah dimuat ulang ponsel kamu, Play Store muncul.

Namun jika dua cara ini gagal, berarti memang benar Play Store hilang dari ponsel kamu. Maka ada beberapa cara alternatif yang bisa dipakai.

1. Download via website start-up

Website berita teknologi seperti Jalan Tikus menyediakan Play Store untuk didownload. Kamu bisa mencobanya juga.

Dilansir dari Jalan Tikus, Play Store darinya dikliam aman dar virus maupun malware karena sudah melalui proses pengujian terlebih dahulu. Jalan Tikus menjamin keamanan aplikasi Play Store. Silkan coba download.

Selain aman, Jalan Tikus juga menawarkan aplikasi Play Store dengan format APK, bukan file XAPK. Dengan demikian proses instalasinya lebih mudah dan cepat. Silakan klik download.

Jika sudah mengunduhnya, kamu tinggal klik file APK dan secara otomatis proses instalasi dimulai. Ikut saja prosesnya hingga tuntas.

2. Download via APK Pure

Selain dari Jalan Tikus, aplikasi Play Store juga bisa didownload dari pihak ketiga lain seperti APK Pure. Tenang, Play Store yang diberikannya resmi dari Google.

Aplikasi Play Store dari APK Pure ini dipakai jika cara pertama dari Jalan Tikus gagal. Sayangnya, untuk download dari APK Pure memerlukan aplikasi tambahan. Jadi proses instalasinya dua kali. Aplikasi Play Store dari APK Pure ini juga dijamin aman.

Caranya sebagai berikut:
– Download aplikasi APK Pure dengan mengklik di sini.
-Masuk ke kotak pencarian dan ketik kata kunci Play Store.
-Nanti muncul aplikasi Play Store, lalu download dan instal.
-Tunggu hinga proses instalasi selesai hingga muncul aplikasi Play Store di ponsel kamu.

Instal Play Store yang Sudah Didownload

Setelah mengunduh Play Store, sebenarnya ada proses selanjutnya yang harus dilalui, yakni dengan menginstalnya secara manual. Proses instal dilakukan secara manual karena memang aplikasinya dari pihak ketiga.

Hampir semua ponsel Android saat ini memiliki sistem keamanan untuk aplikasi dari luar, salah satunya adalah izin tambahan dari sumber tak diketahui (unkonwn sources).

Nah, sistem ini terlebih dahulu harus dibuka sehingga ponsel memberikan izin untuk aplikasi pihak ketiga. Cara membukanya sebagai berikut:

– Masuk ke pengaturan atau Setting di ponsel Android kamu.
– Selanjutnya cara atau gulir ke bawah dan temukan Pengaturan Tambahan atau Additional Setting.
– Kemudian pilih Privasi atau Privacy.
– Kemudian usap atau aktifkan Unknown Soruces yang tombolnya berada di sebelah kanan.
– Jika sudah selesai, kamu cari APK Play Store yang sudah diunduh di dokumen, lalu klik dan proses instal.

Demikian cara download ulang Google Play Store yang hilang di ponsel Android kamu. Kedua proses di atas sebenarnya sangat mudah dan cepat. Kamu bisa mencobanya sebagai solusi mengatasi Play Store yang hilang. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *