Cara instal Android 11 di HP Xiaomi

Google sudah merilis resmi Android 11 versi stabil dan Xiaomi pun sudah menyiapkan MIUI 12 stabil untuk dikolaborasikan dengan sistem operasi terbaru Google.

Ponsel yang akan segera mendapat update Android 11 dan disuntikkan ke MIUI 12 adalah Xiaomi Mi 10, Mi 10, Redi K30 Pro atau Poco F2 pro. Sementara HP Xiaomi dari seri Mi, Redmi dan Poco lainnya diharapkan segera mendapat update Android 11 pada hari-hari berikutnya.

Bagi Anda pemilik ponsel Xiaomi yang sudah berhak mendapat update Android 11 baik versi beta stabil maupun benar-benar stabil, bisa segera mendapatkannya dengan cara mengunduh dan menginstal secara manual.

Cara instal Android 11 di HP Xiaomi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara instal Android 11, perlu Anda ketahui bahwa HP seri Mi, Redmi dan Poco yang kemungkinan mendukung adalah berbasi MIUI 12. Silakan periksa terlebih dahulu antarmuka MIUI di ponsel Anda.

Perlu Anda catat pula bahwa tata cara instal ini sebenarnya bisa diterapkan pada ponsel Xiaomi lain di luar tiga seri tadi. Namun demikian, Anda harus berhati-hati dan jika ragu silakan gabung ke forum-forum developer yang membahas tentang cara lebih spesifik instal sistem operasi terbaru dari Android.

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah download Recovery ROM untuk Android 11-MIUI 12. Link download akan disebutkan di akhir artikel ini.

Recovery ROM akan berbentuk ekstensi file .zip dan bisa diinstal baik melalui metode update lokal dari dalam MIUI maupun pihak ketiga. Untuk pihak ketiga, Anda bisa menggunakan TWRP untuk menginstal ROM ini.

1. Cara Local Update

– Masukkan file .zip yang sudah diunduh ke ponsel Anda, dan pastikkan Anda menyimpannya di folder “downloaded_rom” di memori penyimpanan ponsel Anda. Jika nama folder itu tidak ada, maka Anda bisa membuat sendiri.

– Selanjutnya Anda masuk ke Pengaturan (Setting), lalu buka Tentang Telepon (About Phone), klik Pembaharuan Sistem (System Update) kemudian tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih “Choose Update Package” atau “Pilih Paket Pembaharuan”.

– Jika opsi “Choose Update Package” hilang, ketuk logo MIUI 10 kali untuk mengaktifkan opsi tersebut

– Tahap selanjutnya adalah pilih file .zip yang sudah diunduh tadi.

– Tunggu pembaharuan untuk diinstal.

2. Cara Recovery Umum

– Ganti nama (rename) file .zip yang sudah diunduh menjadi update.zip, lalu masukkan ke direktori dasar memori penyimpanan internal ponsel Anda.

– Reboot ponsel Anda untuk masuk ke mode recovery dengan mematikan ponsel lalu tekan tekan tombol power dan volume up secara bersamaan.
– Kemudian cari opsi “Instal update.zip” dengan menggulir menggunakan tombol volume, lalu pilih opsi tadi dengan menekan tombol power.
– Tunggu proseso instal update selesai.
– Selanjutnya pilih opsi “Reboot” jika ponsel Anda tidak reboot sendiri.

Instal Android 11 dengan komputer

Anda juga bisa menginstal Fastboot ROM Android 11-MIUI 12 melalui komputer. Anda akan memerlukan ekstensi file .tgz dan komputer Windows.

– Download MiFlash Tool di komputer Windows Anda. Cara versi terbaru. Kemudian ekstrak tool tersebut dan instal. Disarankan Anda juga sudah menginstal ADB dan Fastboot kalau-kalau nanti dibutuhkan.

– Reboot ponsel ke mode Download dengan mematikan ponsel dan kemudian menekat secara bersamaan tombol Power dan Volume Down.

– Hubungkan ponsel Anda dengan komputer menggunakan kabel USB yang tepat.

– Download file tgz ROM Fastoot lalu ekstrak. Anda harus ingat lokasi ekstrak file tadi karena dibutuhkan untuk dimasukkan ke MiFlash Tool.

– Jalankan MiFlash Tool dan seharusnya secara otomatis mengenal ponsel anda.

– Klik “refresh” di dalam MiFlash.

-Klik “Run” atau jalankan di dalam MiFlash di ponsel Anda unutik flashing file ROM ke perangkat.

– jika bar di MIflash berwarna hijau, maka ini menunjukkan bahwa ROM sudah berhasil diinstal.
– Tapi sebelumnya perangkat Anda melakukan “boot” secara otomatis ke versi terbaru Android 11.

Link download Android 11-MIUI 12

1. Xiaomi Mi 10 Pro

MIUI 12 Stable Beta (China)

V12.1.2.0.RJACNXM

MIUI 12 Stable Beta (Global)

V12.1.2.0.RJAMIXM

2. Redmi K30 Pro/ POCO F2 Pro

MIUI 12 Stable Beta (China)

V12.1.2.0.RJKCNXM

3. Xiaomi Mi 10

MIUI 12 Stable Beta (China)

V12.1.3.0.RJBCNXM

Kesimpulan

Demikian tiga cara menginstal Android 11 di ponsel Xiaomi Anda. Sebelum menginstalnya, perhatikan baik-baik model ponsel Anda apakah sudah mendukung atau belum.

Jika belum, Anda jangan memaksakan diri karena bisa berakibat fatal pada ponsel Anda.

Sumber: xda-developer

Tinggalkan komentar