Cara Instal Android 11 di Smartphone

Sistem operasi baru dari Google, Android 11 beta sudah resmi hadir dan pratinjaunya sudah tersedia di sejumlah website.

Android beta ini ditujukan untuk pengembang yang akan menyesuaikan produk mereka dengan versi terbaru ini. Kini, Google sudah merilis lebih detail jadwal peluncuran Android 11 Beta ini.

Dilansir dari Androidpit, Google akan meluncurkan Android 11 Beta melalui acara #Android11: the Beta Launch Show pada 1 hingga 3 Juni 2020. Acara yang digelar Google tersebut dihadiri para pengembang.

Android 11 Beta untuk pengembang sudah muncul secara online dan dapat diunduh. Versi Beta ini awalnya hanya tersedia di smartphone Google, yakni Pixel 2, Pixel 3, pixel 3a dan Pixel 4. Pengembang yang tidak memiliki smartphone Pixel juga dalam mengunduh versi Beta ini dengan emulator.

Fitur-fitur Android 11

Android 11 akan memiliki fitur-fitur baru yang tidak tersedia di Android 10. Seperti biasa, kamu harus menunggu versi lengkap sistem operasi ini agar bisa mengalami fitur-fiturnya.

Bulan-bulan ini ada beberapa rumor terkait fitur baru dalam Android 11. berikut penjelasannya yang dilansir dari Computer World.

1. Keamanan kamera dan mikrofon

Pada Android 10 dan sebelumnya, kamera dan mikropon selalu aktif meski aplikasi tidak dibuka. Namun pada Android versi terbaru ini, kamera dan mikropon hanya aktif ketika aplikasi dibuka. Hal itu demi meningkatkan keamanan ponsel kamu.

Begitu juga akses lokasi bisa dikontrol ketat oleh penggunanya. Pada Android 11, akses lokasi diberikan hanya ketika aplikasi dalam keadaan aktif.

2. Pembatasan lebih ketat akses lokasi latar belakang

Pada Android 11 ini, Google memperkenalkan sebuah perubahan yang akan memperketat akses lokasi pengguna ponsel di latar belakang. Artinya, Google akan mengotorisasi aplikasi untuk menentukan apakah pengembang aplikasi benar-benar membutuhkan akses lokasi pengguna ponsel atau tidak.

Ini artinya Google memang akan memperketat perizinan akses lokasi yang berjalan di latar belakang.

3. Permudah update aplikasi di Play Store

Android 11 akan mengikuti Android 10 dalam hal privasi dan keamanan. Kali ini keamanan dalam hal aplikasi. Google bisa memperbaharui aplikasi-aplikasi di Play Store tanpa melibatkan pengembang.

Android 10 sudah mengawali proses ini. Lalu Android 11 menambah belasan modul baru, termasuk mengelola akses kontrol privasi.

4. Gelembung notifikasi

Fitur ini sebelumnya hadir di Android 10. Fitur ini memungkinkan aplikasi memasukkan elemen-elemn ke dalam gelembung notifikasi yang kecil di layar ponsel ketika penggunanya sedang membuka aplikasi lain.

Pendeknya, gelembung notifikasi ini memungkinkan aplikasi muncul dalam ukurna kecil di layar ketika ada notifikasi baru. Fitur ini mirip dengan pesan pop-up yang bisa digunakan untuk membalas pesan dengan cepat.

Fitur ini membuat aplikasi bisa dibuka dengan cepat. Pengguna cukup mengetuk gelembung notifikasi untuk membuka aplikasi. Lalu untuk mengecilkannya, pengguna tinggal mengetuk kembali gelembung notifikasi.

5. Fitur tangkap layar lebih lengkap

Fitur ini mirip aplikasi tangkap layar (screenshor) addon di Chrome yang mampu menangkap seluruh gambar dengan format panjang atau full page screen capture.

Kali ini, kemampuan serupa bakal hadir di Android 11. Kamu tidak hanya bisa menangkap gambar di area layar saja, tetapi juga seluruh gambar yang digulir dari atas ke bawah. Fitur bawaan screen recorder itu akan muncul di menu “Quick Setting”

Cara Instal Android 11

Untuk menginstal Android 11 di smartphone Pixel, perangkat mobilenya harus di-flash dulu. Android 11 saat ini hanya bisa diinstal secara manual, maka semua data ponselnya terlebih dahulu harus dihapus.

Bagi Anda pemilik smartphone Google Pixel, bisa mengunduh Android 11 di sini. Sebagai catatan, Android 11 ini bisa diunduh ke ponsel Pixel dengan akses pengembang.

Namun bagi fans Android yang belum terdapat sebagai pengembang di Google jangan khawatir. Android versi terbaru ini akan segera hadir dalam beberapa minggu ke depan. Sabar dulu saja ya.

Tinggalkan komentar