MIUI 12 Beta

Cara Instal MIUI 12 Beta di Ponsel Xiaomi

Diposting pada 1.236 views

Setelah penantian yang panjang dengan penuh kepensaran, kegembiraan, hingga bocoran-bocoran, MIUI 12 akhirnya akan segera hadir.

Sistem operasi khas Xiaomi yang banyak ditunggu itu sudah diumumkan pada 27 April oleh Xiaomi. Namun update melalui over the air (OTA) baru berlaku untuk ponsel Xiaomi di China. Ke negara lain masih butuh beberapa bulan.

Sebelumnya, kita juga sudah lihat aplikasi MIUI 12 Beta untuk banyak perangkat mobile Xiaomi dan Redmi. Update Beta ini sudah banyak dipakai banyak orang.

Meski Xiaomi sudah meuncurkan versi beta untuk perangkat-perangkatnya di China, namun kamu bisa secara manual mengunduh update MIUI 12 Beta dan menerapkannya ke perangkat mobile.
Saat ini baru sekitar 30 perangkat mobile Xiaomi yang bisa mendapatkan MIUI 12 Versi beta. Kamu bisa mengecek apakah ponsel Xiaomi milikmu masuk dalam daftar update MIUI 12 tidak.

Daftar ponsel Xiaomi yang kebagian update MIUI 12

Tahap I

Seri Mi

Xiaomi Mi 10, Xiaomi Mi 10 Pro, Xiaomi Mi 10 Youth Edition, Xiaomi Mi 9 Pro 5G, Xiaomi Mi 9 Explorer Edition, Xiaomi Mi 9,

Seri Redmi

Redmi K30 Pro Zoom Edition, Redmi K30 Pro, Redmi K30 5G, Redmi K30, Redmi K20 Pro Premium Edition, Redmi K20 Pro, Redmi K20

Tahap II

Seri Mi

Xiaomi Mi Mix 3, Xiaomi Mi Mix 2S, Xiaomi Mi CC9 Pro, Xiaomi Mi CC9, Xiaomi Mi CC9 Meitu Edition, Xiaomi Mi 9 SE Xiaomi, Mi 8 Screen Fingerprint Edition, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, Xiaomi Mi 8.

Seri Redmi

Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 7 Pro, Redmi Note 7.

Tahap III

Seri Mi

Xiaomi Mi CC9e, Xiaomi Mi Note 3, Xiaomi Mi Max 3, Xiaomi Mi 8 Youth Edition, Xiaomi Mi 8 SE, Xiaomi Mi Mix 2, Xiaomi Mi 6X.

Seri Redmi

Redmi Note 8 Pro, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi 7, Redmi 7A, Redmi 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi Note 5, Redmi S2.

Fitur-fitur MIUI 12

Sementara itu, MIUI 12 memiliki sejumlah fitur menarik. Berikut penjelasanya dilansir dari Tek.id.

– Perubahan animasi

Pada MIUI 12 ini, Xiaomi mengubah semua sistem animasi dari pendahulunya, MIUI 11. Beberapa perubahan mencakup aplikasi, rotasi layar, status baterai, live wallpaper hingga pengaturan ulang ikon di layar muka. Transisi animasi ini diklaim halus dan setara dengan iOS.

– Gestur navigasi

Update MIUI 12 ini juga mencakup gestur navigasi. Pada pembaruan kali ini, gestur navigasi bekerja dengan cara yang sama dengan gestur dalam Android 10.

– UI yang lebih klir

Siapa yang tidak mau memiliki ponsel dengan tampilan yang bersih, jernih dan klir. Fitur itu hadir dalam pembaruan MIUI 12. Pada pembaruan ini, antarmukanya lebih bersih dengan jarak yang lebih lebar antar tulisan atau gambar

– Fitu Always On Display dan Live Wallpaper

setiap membuka kunci layar, kita akan melihat tampilan wallpaper. Pada pembaruan kali ini, wallpaper akan otomatis membesar ketika folder aplikasi dibuka. Hal itu terinspirasi dari planet bumi, mars dan bulan. Ketika kita membuka kunci layar, tampilan wallpaper akan diperbesar (zoom) kian mendekati planet itu.

– Fitur keamanan

Update MIUI 12 memiliki fitur keamanan baru bernama Flare, Barbed Wire dan Mask System. Flare berfungsi memantau izin dan informasi sensitif yang diakses aplikasi tertentu. Flare lalu memberikan notifikasi dengan warna berbeda ketika sebuah aplikasi menggunakan kamera, mikrofon atau lokasi GPS.

Sedangkan Barbed Wire katakanlah sebagai aplikasi yang memberikan batasan izin lokasi, mikrofon dan kamera. Opsi pembatasan itu antara lain selalu izinkan, izinkan sekali saja atau tolak permintaan aplikasi.

Lalu Masy System mencegah masuknya aplikasi yang tidak terpercaya mengakses informasi penting seperti kontak, kalender, riwayat panggilan dan IMEI.

Cara Instal MIUI 12 Beta dari Ponsel Xiaomi

Untuk bisa menginstal dibutuhkan beberapa perangkat lunak, yakni Recovery ROM. Software ini bisa diunduh dari link yang nanti akan diberitahukan selanjutnya. Ikuti saja langkah-langkahnya dari awal.

Selanjutnya, sebelum melangkap ke tahap berikutnya perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini.

– Pastikan bootloader ponsel kamu terbuka atau unlocked.
– Ponsel kamu harus sudah terinstal aplikasi recovery kustom seperti TWRP, Pitchblack, Orangefox dan sejenisnya. Cek di Google saja dan instal di ponsel kamu.
– Pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh atau minimal 60 persen untuk melancarkan proses instalasi.
– Backup data yang kamu anggap penting.

Langkah I

Unduh file MIUI 12 Beta v20.4.27 Recovery ROM di ponsel Xiaomi kamu. Ambil daftar linknya di sini, dan sesuikan dengan model ponse Xiaomi kamu.

Langkah 2

Setelah mengunduh Recovery ROM, lakukan booting di mode recovery. Caranya, telah tombol power dan tombol volume up secara bersamaan. Ini nanti akan membawa kamu mengarah custom recovery yang sudah terpasang di ponsel kamu. Perhatikan gambar berikut:

Langkah 3

Ketuk Wipe (hapus). Pilih Cache, System, Data Dadlvik/ART Cache dan partisi lainnya yang ingin kamu hapus. Catatan: Jangan hapus partisi tempat Recovery ROM yang sudah kamu unduh.

Sebenarnya tahap ini bisa kamu lewati jika ingin menginstal ROM dengan penuh “sampah” itu. Tapi alangkah baiknya tahap ini dilakukan.

Langkah 4

Ketuk Install. Cari file Recovery ROM yang baru saja kamu unduh. Usap untuk membuka file ROM zip dan secara otomatis MIUI 12 Beta terpasang di ponsel Xiaomi kamu. Setelah berhasil, restart ponsel kamu. Kamu akan segera menikmati fitur-fitur MIUI 12.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *