Cara Lengkap Melihat Siapa yang Intip Profil Instagram Kita

Instagram hingga kini belum menyediakan fitur untuk melacak orang-orang yang melihat profil pengguna. Padahal media sosial milik Facebook ini digandrungi banyak orang, mulai remaja, dewasa hingga orang tua.

Hingga saat ini ada sejumlah fitur yang disediakan Instagram. Antara lain Stroy, Live Streaming, dan Reels. Fitur Reels itu mirip TikTok yang bisa menyediakan pengguna membuat video kreasi singkat.

Fitur melacak siapa saja yang mengintip profil pengguna sebenarnya sangat penting dan dinantikan oleh banyak orang. Bahkan, fitur ini bisa menjadi salah satu daya tarik orang untuk menggunakan Instagram. Namun sayangnya fitur ini belum tersedia.

Namun demikian, jangan khawatir, kami akan menyajikan cara lengkap melihat siapa yang mengintip akun Instagram kita. Berikut penjelasannya.

Melihat Stalker Instagram dengan Situs Pihak Ketiga

Meski Instagram tidak menyediakan fitur pelacakan siapa yang melihat profil kita alias stalker, akan tetapi banyak situs dan aplikasi pihak ketiga yang bisa diandalkan.

Dilansir Qwords, ada beberapa stalker tools yang biasa digunakan orang untuk mengecek siapa saja yang mengintip profil kita.

Situs yang mampu mengecek siapa saja yang mengintip profil akun instagram kamu adalah JNCK Media.

Stalker Tools ini hanya bisa dipakai untuk public account, tak akan berguna untuk private accounts. Aplikasi ini disebut juga online chekcer. Tidak perlu mengunduh, cukup memakai browser dan terhubung dengan internet.

Ada pun langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Silakan cari JNCK Media di pencarian Google, lalu klik.

2. Masuk ke Tools > Instagram Tools > Check Stalker.

3. Setelah masuk ke halaman Instagram Check Stalker, selanjutnya adalan isi username Instagram kamu yang tersedia

4. Lalu klik I’m not robot dan isi capctcha yang muncul, lalu klik tombol Submit

5. Tunggu sebentar, nanti akan muncul hasilnya di bagian Result.

6. Kamu akan melihat daftar akun yang sering mengunjungi profil kamu.

Selain bisa memeriksa siapa yang mengintip profil Instagram kita, dengan Instagram Check Stalker ini, kamu juga bisa melihat pengintip akun-akun lain yang tentu saja statusnya public account.

Kendati demikian, situs ini hanya memiliki kelemahan, yakni keterbatasan jumlah pemakaian. Stalker ini hanya bisa menampilkan 10 nama akun dan dalam sehari yang bisa dipakai sebanyak 3 kali.

Mengecek Stalker dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada juga sejumlah aplikasi pihak ketiga yang bisa dipakai untuk mengecek stalker alias pengintip profil Instagram kita. Beberapa di antaranya adalah Follower Analyzer for Instagram, FolloweMeter, iAssistant Follower Analysis, dan Analyzer Plus.

1. Follower Analyzer for Instagram

Follower Analyzer for Instagram bisa dipakai untuk mengecek sejumlah informasi tentang akun Instagram, mulai dari profil, story, post, daftar followers, like dan komentar. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengecek siapa saja yang mengintip profil Instagram Anda.

Bahkan, kamu juga mendapat bantuan analisa statistik terkait pengguna lain. Misalnya, kamu bisa mengetahui postingan apa saja di akun Iinstagram orang lain yang mendapat banyak komentar, like dan lainnya.

2. FollowMeter

FollowMeter juga bisa kamu gunakan untuk melihat daftar stalker profil Instagram kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui siapa yang siapa yang unfollow kamu, memblokir akun kamu dan mereka yang tidak follback Instagram kamu.

3. iAssistant Followers Analysis

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur untuk melacak siapa saja yang mengintip akun Instagram kamu, teapi juga mengecek perkembangan akun kamu. Beberapa informasi bisa kamu dapatkan dengan aplikasi ini, antara lain, daftar followers baru, pengikut yang unfollow kamu dan mereka yang memblokir kamu.

Bahkan kamu juga bisa melihat performa konten yang disebarkan dalam Instagram kamu. Aplikasi ini menampilkan statistik engagements konten Instagram kamu.

Jangan khawatir aplikasi tidak berat karena ukuran file-nya kecil. Selain itu, aplikasi ini mudah dipakai dan dipahami terutama terkait data statistik performa akun Instagram karena memang pembuatnya sudah mengondisikan demikian.

Apakah aplikasi pihak ketiga akurat?

Meski memang banyak situs dan aplikasi yang menawarkan fitur check stalkers, namun akurasinya diragukan. Peneliti dari perusahaan IT SecurityScoreCard, Alex Heid, sebagaimana dilansir Kompas.com menyebutkan bahwa aplikasi pihak ketiga menampilkan data yang cenderung kurang valid. Selain itu, aplikasi tersebut dikhawatirkan malah mengumpulka data Instagram pengguna, termasuk punya kamu.

Meski demikian, memang tidak semua aplikasi stalker checker itu berbahaya. Tetapi kamu diimbau untuk waspada jangan sampai data kamu dicuri.

Selain itu, Instagram juga memperketat keamanan dan tidak mengizinkan siapapun yang bisa melihat pengintip profil Instagram. Hal itu sudah menjadi aturan dan berlaku baik bagi akun yang terverifikasi maupun belum. Aturan itu demi menjaga privasi pengguna Instagram.

Cara intip stalker yang lebih akurat dan aman

Sebenarnya, ada pula cara lain yang lebih aman untuk melihat siapa saja yang melihat akun Instagram kamu. Yakni dengan beralih ke akun Instagram versi bisnis.

Beberapa informasi bisa kamu dapatkan dengan Instagram akun versi bisnis ini, sebagian besar adalah seputar engagements seperti reach, interaksi di konten danorang-orang yang menyimpan posting kamu.

Namun memang, cara ini tidak lengkap. Fitur yang disajikan pun sebatas keterlibatan orang lain dalam postingan kamu.

Nah, biar lengkap, kamu juga bisa menambahkan aplikasi followmeter sebagai tambahan. Sebab, aplikasi ini bisa lebih dipercaya dalam menampilkan identitas stalker alias pengintip akun Instagram Anda.

 

 

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *