Cara Melihat Password Jaringan Wi-Fi Ponsel Android

/
/
/
4 Views
Cara melihat password wi-fi

Ponsel Anda mungkin pernah mengakses belasan jaringan Wi-Fi, baik di rumah, sekolah, tempat kerja, gym, kafe, rumah teman atau kerabat lainnya.

Setiap kali Anda mengetik password salah satu jaringan Wi-Fi tadi, perangkat Android Anda secara otomatis menyimpannya agar ke depan bisa mudah mengaksesnya kembali.

Namun masalah muncul ketika Anda ingin melihat password salah satu jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung. Barangkali Anda ingin menghubungkannya dengan perangkat ke dua, atau Anda bersama teman-teman ingin mengakses hotspot yang sama. Tanpa password, perangkat Anda atau teman Anda tidak akan terhubung ke password.

Tapi jangan khawatir, saat ini ada beberapa cara untuk melihat password hotspot yang pernah terhubung dengan perangkat Android Anda.

Jika Anda memiliki HP Android 10 atau lebih tinggi, Anda bisa melihat password langsung dari pengaturan ponsel. Namun jika Android Anda adalah versi 9.0 Pie atau lebih rendah, harus ada sedikit usaha, yakni perangkat Anda harus di-root.

Cara lihat password Wi-Fi

1. Android 10 atau lebih tinggi

Metode pertama ini tidak memerlukan root atau bahkan aplikasi tambahan. Namun ponsel Anda harus sudah diperbaharui pada Android versi 10 atau lebih tiggi. Caranya:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setting, lalu cari “Wi-Fi” yang biasanya berada di pengaturan Jaringan dan Internet. Setiap ponsel memiliki tempat berbeda untuk pengaturan ini. Anda tinggal cari saja, mudah kok.
  • Di halaman pengaturan Wi-Fi, gulir ke daftar jaringan hotspot yang tersedia dan pilih opsi Jaringan yang disimpan atau “Saved networks”. Di sana, Anda akan lihat daftar semua jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung dengan ponsel Anda. Lalu pilihlah satu jaringan.
  • Selanjutnya pilih opsi “Share” menuju paling atas layar. Anda akan diminta untuk memindai sidik jari atau muka atau masukkan PIN atau password.
  • Setelah itu, Anda akan melihatQR code yang mewakiliki password dan SSID hotspot. Anda bisa memindainya dengan perangkat lain yang sudah memiliki pemindai QR. Namun sebenarnya password sudah terlihat di di atas barcode tersebut. Tinggal Anda salin atau tulis di perangkat lain.

2. Android 9 atau lebih rendah

Nah, jika perangkat Anda masih menjalankan sistem operasi Android Pie atau lebih rendah, satu-satunya cara melihat password Wi-Fi yang tersimpan adalah dengan aplikasi root.

  • Untuk melakukan root aplikasi, Anda harus sudah menginstal TWRP untuk memasang Magisk for root. Anggaplah Anda sudah menginstal aplikasi untuk root.
  • Langkah selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Wi-Fi password viewer di Play Store. Ada beberapa aplikasi, namun yang terbukti berhasil adalah Wi-Fi Password Viewer dari SimoneDev. Aplikasi ini tersedia gratis.
  • Bukalah aplikasi Wi-Fi Password Viewer. Anda akan lihat daftar jaringan hotspot beserta password-nya.

Sumber: gadgethacks.com

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views :