Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud

  • Whatsapp

Pendidikan adalah layanan dasar karenanya dengan segala daya pemerintah berikhtiar di tengah himpitan situasi pandemi ini.

Kebijakan pemerintah sangatlah berarti. Kesehatan dan keselamatana anak-anak dan para guru menjadi pertimbangan untuk mengubah cara pembelajaran ketika kerumunan berpotensi menimbulkan penularan. Maka pembelajaran yang berjarak menjadi salah satu pilihan.

Kendala dan keluhan yang muncul pada awal masa pandemi menjadi sesuatu yang lumrah. Namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang berada di bawah naungan Nadiem Anwar Makarim telah meluncurkan dan menetapkan kebijakan keberpihakan dan sebagai salah satu alternatif solusi.

Salah satu kebijakannya yaitu bantuan kuota data internet yang telah diberikan dari tahun 2020 hingga saat ini. Peluncuran bantuan tersebut masih berlanjut.

Bantuan kuota data internet pada tahun 2021 diumumkan kembali pada tanggal 1 Maret lalu, dan untuk mulai peluncurannya mulai tanggal 11 hingga 17 Maret.

Bantuan tersebut akan terus diberikan selama 3 bulan ke depan, dan kuota yang diberikan berlaku untuk 30 hari setelah diberikan.

Dilansir dari YouTube Kemendikbud, untuk bantuan kuota data internet di tahun ini ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya, yaitu jumlah data yang diberikan lebih kecil dari tahun lalu, tetapi kuota yang diberikan adalah kuota umum. Bahkan YouTube pun bisa digunakan.

Walaupun kuotanya tidak sebesar tahun sebelumnya, tetapi penggunaannya felksibel. Bantuan kuota ini diberikan bagi para pelajar, mahasiswa, dan para guru pendidik.

Tentunya jumlah GB yang diberikan pun berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Seperti anak anak sekolah dasar akan diberikan 12GB, pelajar sekolah menengah pertama (SMP) mendapat 10 GB, dan para tenaga pendidik seperti para guru dan dosen akan diberikan 15 GB. Bantuan kuota data internet ini akan diberikan setiap bulannya selama 3 bulan ke depan.

Cara mendapat bantuan kuota internet gratis 2021

Bagi siswa dan pendidik yang telah menerima bantuan kuota November-Desember 2020 dan nomornya aktif, akan otomatis menerima bantuan kuota pada Maret 2021.

Perlu diingat jika penerima bantuan kuota yang total penggunaannya kurang dari 1 GB, tidak akan mendapatkan bantuan kuota tahun 2021.

Pimpinan satuan pendidikan tidak perlu lagi mengunggah SPTJM bagi yang sudah menerima bantuan pada November-Desember 2020.

Sedangkan untuk nomor yang berubah atau belum mendapatkan bantuan kuota sebelumnya, baru akan mendapatkan bantuan pada April 2021.

Agar mendapatkan bantuan kuota internet, calon penerima melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum April 2021.

Setelahnya, pimpinan atau operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk perubahan nomor atau nomor baru di laman verval ponsel Kemendikbud atau PD Dikti untuk jenjang pendidikan tinggi.

Hanya nomor pasca bayar saja yang bisa mendapatkan bantuan kuota internet gratis Kemendikbud 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *