Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Rumah Sewa

/
/
/
14 Views
ad-mania

Akhir-akhir ini, aksi kejahatan unik dan terbilang baru terjadi di belahan dunia. Salah satunya adalah memasang kamera tersembunyi di rumah-rumah sewa yang membuat pelancong merasa waswas.

Memang peristiwa tersebut terjadi di China, terutama di rumah-rumah sewa yang dipesan melalui aplikasi. Namun demikian, hal itu bisa saja terjadi di Indonesia baik di rumah, losmen, maupun hotel.

Nah, untuk mencegah dan mengantisipasi kejadian itu, ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan demi mencegah kamera tersmebunyi terpasang di rumah sewa sobat. Sehingga sobat semua merasa nyaman dan aman ketika hendak beraktivitas di dalam rumah, kamar ataupun toilet.

Berikut tips mendeteksi kamera tersembunyi di rumah sewa, terutama di toliet dan kamar.

1. Pakai senter

Periksa semua tempat dan sudut di dalam rumah dan kamar dengan menggunakan senter. Mulai dari celah atau lubang, ventilasi udara, stop kontak, bahkan botol sabun atau sampo di tolet.

Senter digunakan untuk mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi. Sebab, di lensa kamera terdapat lapisan khusus yang biasanya memantulkan cahaya hijau atau biru saat terkena cahaya.

2. Pakai kamera ponsel

Cara lainnya adalah menggunakan kamera telepon seluler untuk menangkap keberadaan kamera tersembunyi.

Pertama, matikan lampu kamar dan tutup semua tirai sehingga ruangan menjadi gelap. Lalu nyalakan kamera ponsel dan arahkan ke segala penjuru. Jika muncul cahaya kecil, periksa dengan seksama. Sebab itu bisa jadi lensa kamera infrared yang berfungsi merekam dalam kondisi gelap.

3. Gunakan aplikasi

Ada cara yang lebih praktis, yaitu dengan menggunakan aplikasi di ponsel. Di ponsel Android bertebaran aplikasi pendeteksi kamera tersembunyi, baik yang berbayar maupun gratis.

Misalnya ada aplikasi bernama Hidden Camera Detector besutan FutureApps. Aplikasi ini memiliki dua fitur pendeteksi kamera tersmebunyi, yakni pemindaian magnetmeter (magnetmeter scanning) dan pendeteksi infrared kamera.

Pemindaian magnetmeter untuk memindai berbagai objek, termasuk kemungkinan ada kamera tersembunyi. Jika mendeteksi kamera tersembunyi, di layar ponsel akan muncul tulisan “kamera”. Kalau mendeteksi komputer atau tablet, maka akan muncul tulisan tersebut di layar kamera.

Sedangkan pendeteksi infrared kamera adalah fitur untuk mendeteksi titik-titik cahaya pantulan dari lensa kamera. Fitur ini lebih praktis dibanding dengan kamera ponsel biasa karena bisa mendeteksi lensa kamera tersembunyi dalam keadaan terang sekalipun.

Demikian cara mendeteksi kamera tersembunyi di rumah sewa. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :