Cara mengatasi sinyal iPone hilang
iPhone 7

Cara Mengatasi Sinyal iPhone yang Mendadak Hilang

Diposting pada 80 views

Cara mengatasi menjadi ramai perbincangan setelah penggunanya melakukan pembaruan sistem operasi ke iOS 14.7 yang baru dirilis Apple pada Rabu (21/7/2021) lalu.

Sejumlah pemilik mengeluhkan masalah itu meski ada beberapa di antara mereka yang memiliki solusi tersendiri.

Sementara penyebab memicu banyak spekulasi. Beberapa dari mereka menduga bahwa kejadian itu merupakan dampak dari pembersihan (cleansing) IMEI mesin Central Euqipment Identity Register (CEIR).

Diketahui bahwa Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membersihkan karena kapasitas mesin CEIR untuk blokir ponsel Ilegal atau black market (BM) sudah penuh.

Namun setelah pembersihan itu keluhan sinyal iPhone hilang bermunculan. Sejumlah pengguna pun mencoba mendatangi penjual iPhone. Mereke mengeluhkan ponsel milik mereka mendadak “No Service”. Padahal sebelumnya perangkat mereka normal-normal saja.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi hilangnya sinyal iPhone, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama, Anda coba mengunjungi toko penjual  iPhone tempat dulu Anda beli dan meminta untuk registrasi ulang IMEI.

2. Jika langkah pertama sulit, coba Anda lakukan sendiri di rumah dengan menghidupkan dan mematikan fitur Airplane Mode selama 15 detik. Selanjutnya reset Network dan restart iPhone.

3. Jika dua cara tadi masih gagal, Anda coba menghubungi layanan operator seluler.

Cara menghubungi layanan operator seluler ini disarankan oleh Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Facys.

ATSI sendiri adalah asosiasi yang mengelola mesin CEIR dan bekerja sama dengan Kemenperin.

Sebenarnya, keluhan serupa pernah dialami pengguna iPhone yang dibeli secara resmi. Mereka mengeluhkan -nya terkena blokir, padahal mereka membeli perangkat dari Apple itu secara legal dari toko resmi.

Setelah ditelusuri, masalah itu terjadi karena proses input nomor gagal akibat kapasitas mesin CEIR penuh.

Kini kapasitas mesin CEIR kembali lega setelah dibersihkan (cleansing).

Pemerintah melalui memang memberlakukan aturan pendaftaran ponsel untuk mencegah ponsel ilegal alias black market. Pada tahap awal sosialisasi, ponsel Black Market (BM) yang pernah dibeli masih bisa beroperasi.

Namun setelah itu, banyak ponsel BM yang sudah tidak bisa digunakan lagi, kecuali menggunakan jaringan WiFi.