Cara Mengukur Suhu Tubuh Lewat Hp

Saat ini dunia sedang dilanda bencana wabah corona atau Coronavirus Disease (Covid-19). Beberapa gejala yang paling umum adalah demam, batuk dan sakit tenggorokan.

Oleh karena itu, gejala-gejala tersebut harus diwaspadai, terutama bagi kamu yang baru saja beperjalanan dari luar negeri, pernah kontak dengan pasien positif corona, atau baru pulang dari daerah endemis.

Setiap hari kita harus rutin mengecek suhu tubuh dan juga menjaga badan tetap fit dengan mengonsumsi makanan bergizi dan buah-buahan.

Nah, untuk mengukur suhu tubuh sendiri diperlukan alat yang disebut thermometer. Biasanya alat tersebut bisa dibeli di apotek.

Namun di jagat internet, ada juga alat yang diklaim lebih praktis untuk mengukur suhu tubuh, yakni melalui ponsel.

Situs tekonologi, Jalan Tikus menyebutkan ada sejumlah aplikasi Android yang bisa dipakai untuk mengukur suhu tubuh lewat ponsel. Namun rata-rata aplikasi itu dipakai untuk mengukur suhu ruangan.

Aplikasi dimaksud yakni Thermometer, Thermometer++, Room Temperature, Thermometer (Free) dan Galaxy Sensors. Sebagian ada yang bersifat gratis dan sisanya berbayar.

Untuk mendapatkannya, kamu tinggal unduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Di sana akan banyak daftar aplikasi thermometer. Namun kamu tinggal pilih saja aplikasi yang sudah dijelaskan tadi.

Situs Jalan Tikus mengklaim, aplikasi pengukur suhu untuk ruangan bisa juga dipakai untuk tubuh. Cararnya, nyalakan aplikasi Thermometer, lalu hp-nya ditempelkan ke tubuh. Nanti akan terlihat di layar angka suhu tubuh.

Namun sayangnya, hasil yang didapat tidak seakurat alat thermometer konvensional. Bahkan disebutkan ada sebagian aplikasi yang melenceng. Maklum, rata-rata aplikasi itu berfungsi akurat hanya untuk mengukur suhu ruangan.

Namun demikian jangan khawatir. Situs itu menyebutkan pula bahwa ada satu aplikasi yang diklaim cukup akurat dalam mengukur suhu badan, yakni Galaxy Sensors.

Aplikasi ini biasanya sudah langsung tersedia smartphone Samsung Galaxy, terutama Galaxy S4 dan Galaxy Note 3. Mungkin sebagian dari kamu masih memiliki hp klasik dari perusahaan asal Korea Selatan itu ya.

Jika kamu memiliki hp Samsung Galaxy seri S dan Note, apa salahnya mencoba mengukur suhu tubuh lewat hp. Selamat mencoba.

Sumber: Jalan Tikus

Tinggalkan komentar