Cara Periksa Ponsel 5G Kamu Benar-benar Mendukung Jaringan 5G

  • Whatsapp
cek ponsel 5G
Jaringan 5G

Ponsel kamu mendukung jaringan 5G tetapi kamu harus memeriksanya lagi apakah pita frekuensinya sesuai atau tidak? Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Jaringan 5G sudah tiba di Indonesia. Kamu mungkin sudah berencana untuk mencari ponsel yang mendukung teknologi jaringan paling mutakhir ini. Namun sebelum kamu membeli ponsel 5G, banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang jaringan 5G ini. Hal ini penting dijelaskan agar kamu nanti sudah siap segalanya ketika hendak menggunakan ponsel dengan jaringan 5G dan mengaktifkannya.

– Hal pertama adalah bahwa internet 5G adalah mahal. Jadi kamu harus pastikan bisa menggunakannya sebaik mungkin. Jangan sampai dengan harga mahal, internet 5G malah kurang optimal digunakan.

– Karena harganya mahal, maka kamu harus pastikan dahulu ketersediaan jaringan 5G di daerahmu. Jangan sampai setelah membeli ponsel 5G berikut datanya, ternyata tidak terpakai. Jadinya ya mubazir.

– Pertimbangan ketiga adalah teliti dahulu apakah ponsel yang kamu beli itu benar-benar mendukung jaringan 5G yang biasa digunakan vendor tempat ponsel berasal.

– Selanjutnya adalah berapa data yang kamu butuhkan setiap bulan dan apakah data 5G benar-benar kamu perlukan sehingga harus mengeluarkan biaya tambahan. Kamu bisa bandingkan juga harga data internet 5G dari setiap penyedianya.

Periksa ketersediaan 5G di daerah kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar benar-benar bisa menikmati kecepatan internet adalah memeriksa ketersediaan jaringan 5G di daerah kamu. Sebab, tidak ada gunanya kamu mengelurkan uang tambahan untuk membeli ponsel 5G berikut paket internetnya jika ternyata daerah kamu termasuk blankspot untuk 5G.

Cara Membuat Slideshow Video, Dilengkapi Tips Ampuh

Tentu saja, semua operator yang sudah menyediakan internet 5G akan mengumumkan daerah mana saja yang tersedia jaringan 5G. Biasanya, untuk pertama kali, jaringan ini akan tersedia di kota-kota besar. Kamu bisa memeriksanya dengan langsung mendatangi kantor operator atau pula melalui website resminya.

Kalau misalnya ternyata di daerah kamu tersedia jaringan 5G, pastikan dulu apakah jangkauannya merata? Setidaknya sinyal 5G di sekitar rumah kamu kuat sehingga kamu tidak usah pergi ke lokasi lain yang cukup jauh dari tempat tinggal demi mendapat sinyal 5G. Sebab, itu akan ribet.

Cara periksa ponsel 5G benar-benar mendukung jaringan 5G

Demi uang kamu tidak sia-sia ketika membeli data internet 5G, kamu sebelumnya harus benar-benar teliti ketik membeli ponsel 5G. Sebab, ponsel memiliki peran penting dalam hal penggunaan jaringan 5G. Ya, tentu saja, jika tanpa hp kamu mau dapat menikmati jaringan 5G via mana? Bisa saja sih dengan modem, tetapi yang pasti akan ribet.

Jadi, ketika kamu hendak membeli ponsel 5G pastikan dahulu apakah mendukung pita frekuensinya. Sebab, setiap negara memiliki pita frekuensi berbeda dan untuk jaringan 5G mereka. Ponselmu harus mendukung pita frekuensi yang sama dengan operator kamu agar bisa menggunakan jaringan 5G.

Secara umum, jaringan itu terbagi dalam dua jenis teknologi 5G, yakni sub6GHz dan mmWafe. Biasanya, ponsel yang mendukung mmWave berasal dari Amerika Serikat seperti Verizon. Sedangkan sub6GHz di luar AS, mungkin termasuk Indonesia.

Pita Sub-6GHz memiliki banyak nama, mulai n1 hingga n98, sementara mmWave dari N257 hingga n261.

Bagaimana cara memastikan bahwa ponsel kamu benar-benar cocok dengan pita frekeuensi 5G? Kamu bisa melihatnya di halaman spesifikasi ponsel atau bisa juga mencarinya di situs resmi vendor ponsel.

Jika masih tetap kesulitan, kamu bisa memeriksanya melalui website pihak ketiga. Misalnya, website pemeriksa frekuensi dari Kimovil.

Demikian cara memeriksa kompatibilitas ponsel 5G kamu dengan jaringan 5G. Kamu benar-benar harus memastikan bahwa pita frekeunsi 5G benar-benar sesuai dengan spek ponsel 5G kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *