Cara Video Chat dengan 50 Orang di Instagram dan WhatsApp

Di tengah pandemi ini, Facebook memanfaatkan momen ketika orang membutuhkan aplikasi rapat online dengan peserta banyak.

Sebelumnya, Facebook merilis fitur video call dengan peserta 50 orang di WhatsApp dan Facebook Messenger, kini perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini meluncurkan fitur yang sama pada Instagram.

Dilansir PhoneAren, Istagram yang merupakan salah satu aplikasi milik Facebook, kini mendukung Messenger Rooms dengan peserta 50 orang. Pengumuman itu disampaikan melalui akun Twitter resmi Instagram.

Dalam Twitter-nya, Instagram menyatakan bahwa mulai saat ini Messenger Rooms sudah tersedia di Instagram dan pengguna bisa melakukan video chat dengan peserta 50 orang.

Cara Video Chat 50 Orang di Instagram

Untuk memulai video chat dengan teman-teman di Instgram caranya cukup mudah. Pengguna tinggal membuka pesan di Instagram, lalu klik ikon video chat. Lalu pilih opsi “Create a Room”. Kamu kemudin bisa memilih siapa saja teman-teman yang akan diajak melakukan video chat dengan jumlah maksimal 50 orang atau pengguna.

Kamu bisa juga membuat undangan video chat dengan menyalin link Room kamu lalu bagikan ke teman-teman kamu.

Meski video chat dilakukan di Instagram, namun kamu akan dialihkan ke aplikasi Messenger Facebook. Oleh karena itu, sebelum hendak melakukan video chat, pasitkan dulu kamu sudah mengunduh dan mengaktifkan Facebook Messenger.

Cara Video Chat 50 Orang di WhatsApp beta

Sementara untuk video call 50 orang di WhatsApp hingga kini belum tersedia kendati Facebook sudah menjanjikannya jauh-jauh hari. Kamu baru bisa melakukan video call dengan 8 peserta melalui WhatsApp versi penuh.

Namun demikian, kamu bisa mencoba video call 50 peserta melalui program WhatsApp beta.

Kamu bisa bergabung dengan program beta di Google untuk uji coba aplikasi yang belum resmi dirilis. Namun program ini sifatnya untung-untungan. Jika kamu membuka Google Play lalu cari aplikasi WhatsApp dan di sana ada tawaran gabung program beta, kamu sangat beruntung. Namun jika kamu mendapati tulisan bahwa program beta sudah penuh, ya kamu belum beruntung dan mungkin bisa menunggu aplikasi resminya.

Sebenarnya banyak juga APK WhatsApp bertebaran di internet. Namun ketika kami coba unduh dan instal, ternyata gagal.

Pada aplikasi WhatsApp versi beta 2.20.163, jika kamu beruntung mendapatkannya, maka kamu akan mendapati ikon Messenger Rooms. Ikon itu muncuk ketika kamu mengetuk ikon “lampiran” yang berada di sisi kanan kolom pesan.

Nanti akan muncul fitur Room dengan ikon kamera yang di tengahnya terdapat “rantai” link. Ikon ini menggantikan posisi ikon “kamera” di WahtsApp versi sebelumnya.

Hanya saja tidak semua negara bisa mencoba WhatsApp versi beta. Dilansir Kompas.com, sebagian pengguna WhatsApp Amerika bisa menjajal versi beta ini, yakni mengakses Messenger Room melalui WhatsApp.

Tinggalkan komentar