Download sertifikat vaksin
laman Pedulilindungi

Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Gagal? Ini Penyebabnya

Diposting pada 80 views

Download sertifikat vaksin Covid-19 di PeduliLindungi sering gagal dan penyebabnya perlu Anda ketahui untuk segera diatasi karena dokumen itu penting sebagai salah satu syarat perjalanan.

Diketahui, sejumlah warga yang sudah divaksin -19 sering mengeluh karena gagal men-download sertifikat vaksin di PeduliLindungi. Sertifikat itu tak muncul di aplikasi tersebut.

Keluhan itu segera direspons oleh Kementerian Kominfo. Melalui juru bicaranya, Dedy Permadi, Kominfo menyebutkan ada dua penyebab gagalnya download sertifikat vaksin -19 di laman PeduliLindungi.

Penyebab pertama adalah nomor HP yang didaftarkan peserta tidak sesuai saat melakukan vaksinasi.

“Nomor HP yang didaftarkan pada saat vaksinasi salah atau tidak sesuai dengan yang digunakan untuk mengakses sertifikat vaksinasi,” kata Dedy dilansir Kompas.com, Kamis (15/7/2021) malam.

Penyebab lainnya adalah aplikasi sedang melakukan inpu data peserta vaksinasi. Saat proses input data itu, sertifikat vaksinasi tidak muncul.

Namun jika proses input data sudah selesai, maka sertifikat akan biasanya muncul karena data sudah semuanya masuk ke sistem.

Jika sudah demikian, maka Anda bisa download sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

Untuk mencegah sertifikat tak masuk, Anda ketika login ke aplikasi PeduliLindungi, disarankan memaasukkan nomor HP yang benar dan sesuai saat mendaftar vaksin.

Jika menunggu proses input data sudah lengkap, namun sertifikat tidak juga muncul, maka untuk mengetahui penyebabnya, Anda disarankan menghubungi call center PeduliLindungi di 199 ext 9 atau melalui email ke [email protected]

Cara download sertifikat vaksin -19

Untuk download sertifikat vaksin -19 sebenarnya mudah. Langkah-langkahnya pun tidak ribet.

Peserta yang sudah divaksin -19, baik tahap pertama maupun kedua, biasanya akan mendapat pemberitahuan melalui SMS bahwa sertifikatnya sudah tersedia. Pemberitahuan muncul setelah beberapa hari sejak divaksin.

Nah, jika Anda sudah mendapat SMS pemberitahuan, biasanya di dalam pesan itu tercantum link untuk download sertifikat vaksin.

Namun jika belum menerima SMS, Anda bisa memeriksa dan mengunduhnya langsung di aplikasi PeduliLindungi.

Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi
  2. Masukkan nomor HP yang telah didaftarkan untuk melaksanakan program vaksinasi. Nantinya, Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk membuat akun
  3. Setelah berhasil masuk, Anda akan berada di halaman utama(beranda). Untuk mengecek kartu vaksinasi -19, klik ikon “akun/profil” di pojok kanan atas
  4. Pilih opsi “Sertifikat Vaksin”
    Selanjutnya, akan tertera kartu vaksinasi -19 (tahap pertama, tahap kedua, atau keduanya)
  5. Apabila ingin mendonwload kartu vaksinasi -19, Anda cukup meng-klik salah satu tahap kartu atau keduanya
  6. Klik “Ya” untuk mengunduh kartu vaksinasi. Nantinya kartu vaksinasi -19 akan tersimpan secara otomatis di galeri ponsel Anda.