Android 11 (credit: android developers blog)

Fitur-fitur Keren Android 11 Beta, Kamu Tertarik untuk Instal?

Diposting pada 17 views

Google secara resmi telah meluncurkan update sistem operasi Android 11 versi beta. Ada beberapa fitur dan perubahan besar dalam pembaharuan Android 11 beta ini. Beberapa di antaranya adalah notifikasi prioritas baru, kontrol memutar media, gelembung aplikasi perpesanan dan lainnya.

Namun sebelum kamu menginstal Android 11 di ponsel utama, kamu perlu ketahui bahwa ini adalah versi beta. Artinya bahwa versi ini belum stabil. Sebab, ada sejumlah bug yang menyertai OS versi beta ini.

Hal lain yang harus kamu ketahui adalah bahwa update Andorid 11 beta ini baru tersedia di ponsel seri Google Pixel. Jangan paksakan diinstal di ponsel selain itu.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui dahulu fitur-fitur apa saja yang penting dari update Android 11 beta ini sebelum mengginstal OS ini. Jika sudah mengetahuinya, kamu bisa pertimbangkan apakah versi beta ini layak dimiliki atau tidak.

Kami akan jelaskan fitur-fitur keren Android 11 beta yang sudah dirilis Google. Penjelasan ini kami kutip dari Android Authority.

1. Notifikasi prioritas

Gogole membuat perubahan banyak pada layar notifikasi yang mengutamakan pemberitahuan paling penting. Notifikasi dari aplikasi perpesanan sekarang memiliki tempat tersendiri di layar paling atas yang disebutnya “Converstion”. Di sana kamu bisa membaca email, pesan teks, telegram dan lainnya.

Ini merupakan fitur andalan Android 11 ke depan. Sebelumnya, kita sulit memilih notifikasi yang kira-kira sangat penting untuk dimunculkan di layar utama. Namun kali ini Google telah menempatkan pesan-pesan penting di garis depan interaksi kamu dengan ponselmu, keren kan?.

Selain itu, kamu juga bisa menandai percakapan tertentu sebagai “Prioritas”. Percakapan prioritas itu muncul di di atas layar notifikasi ponsel berikut profil orang yang mengirim pesan.

2. Pemindahan kontrol pemutar media

Ketika kamu ingin memutar musik atau video, kamu mesti mencari aplikasinya. Namun kali ini kamu akan lebih praktis berkat fitur baru Android 11.

Google telah memindahkan kontrol pemutar media langsung ke panel pengaturan cepat (quick settings). Kontrol media seperti volume, putar atau stop untuk aplikasi musik atau podcast kamu akan muncul di panel pengaturan cepat. Keren dan sangat praktis memang.

3. Perubahan akses kontrol smart home

Fitur lainnya yang keren adalah akses ke kontrol smart home. Google telah membuar perubahan cara kamu mengakses kontrol smart home, pembayaran online, dan beberapa pengaturan perangkat tertentu.

Kamu cukup menekan lama tombol power dan nanti akan muncul informasi emergensi, kontrol power (mematikan, restart, dan mode lockdown), kartu Google Pay, dan kontrol smart home. Fitur ini mirip yang dimiliki Pusat Kontrol (Control Center) di iPhone.

4. Perekam video layar

Google memasukkan fitur perekam video layar yang sangat berguna, terutama bagi kamu yang suka membuat video tutorial. Sebenarnya, fitur ini tersedia di beberapa ponsel Xiaomi model baru seperti Redmi Note 8 Pro. Namun untuk fitur ini berbeda dari yang disebutkan tadi.

Pada Android 11 Beta kamu bisa memilih apakah merekam layar itu berikut dengan audio dan sentuhan layar atau tidak. Misalnya, kamu ingin membuat tutorial tentang ponsel. Jika kamu ingin merekam penjelasan suara, kamu bisa usap “record audio”. Terus kamu juga ingin menunjukkan sentuhan di layar saat rekaman berlangsung, maka kamu bisa usap “show touches on screen”.

Selain yang dijelaskan tadi, ada fitur baru lainnya yang bisa kamu dapatkan dari Android 11 beta. Seperti riwayat notifikasi perpesanan yang lebih rinci, desain baru untuk riwayat menu aplikasi yang pernah dibuka serta fitur kontrol permintaan izin baru untuk aplikasi ketiga.

Demikian fitur-fitur keren harus kamu ketahui dari Android 11 versi beta. Nah, sekarang apakah kamu tertarik untuk menginstalnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *