Galaxy Note 3 Neo, Phablet LTE Harga Murah

Samsung merilis versi terbaru Galaxy Note 3 yang dinamai Galaxy Note 3 Neo. Smartphone campuran tablet (phablet) ini mengusung jaringan LTE. Dikabarkan phablet ini akan dilepas harga murah.

Informasi tersebut disampaikan GSMarena. Hanya saja, phablet Samsung Galaxy Note 3 Neo ini diluncurkan di Polandia. Dan kabarnya pula, phablet ini akan dilengkapi stylus Pen (S-Pen) sebagaimana yang diberikan pada Galaxy Note 3.

Dari segi desain, Galaxy Note 3 Neo dengan Galaxy Note 3 memiliki bobot, ketebalan dan kapasitas yang sama. Hanya saja, Galaxy Note 3 Neo sedikit lebih kecil dibanding Galaxy Note 3. Selebihnya, kedua phablet ini nyaris sama, bahkan termasuk bahan yang membalut punggung keduanya sama berasal dari campuaran plastik dan kulit imitasi.

Kendati banyak kesamaannya, namun perbedaan kedua phablet ini juga tidak sedikit. Layar Galaxy Note 3 Neo sebesar 5,5 inci lebih kecil dibanding “kakaknya” Note 3 5,7 inci. Wajar saja karena layar juga mengikuti desain bodi phablet yang, untuk Note 3 Neo, lebih kecil daripada Note 3.

Resolusi layar juga berbeda, Note 3 Neo 720p, sementara Note 3 sebesar 1080p. Plus kamera di phablet Note 3 Neo hanya 8MP dengan kemampuan merekam video 1080. Bandingkan dengan Note 3 dengan kamera 13MP dengan kemampuan rekam video berkualitas 4K.

Dari segi mesin penggerak phbalet juga ada perbedaan antara Note 3 Neo dengan Note 3. Galaxy Note 3 Neo ditenagai paket chipset hexa-core yang terdiri atas dua inti Cortex-A15 1,7GHz dan 4 inti Cortex A7 1,3GHz.

Samsung Galaxy Note 3 Neo akan berjalan di sistem Android 4.3 Jelly Bean. Di dalamnya terdapat TouchWiz plus fungsionalitas S-Pen dipastikan akan penuh dan lebih besar daripada Galaxy Note 3.

Sementara fitur konektivitas Galaxy Note 3 Neo juga lebih lengkap. Selain fitur Wi-Fi, Bluetooth, NFC, GPS dan lainnya, Note 3 Neo sudah mendukung jaringan LTE. Jaringan 4G ini bisa menjadipembeda Note 3 Neo dengan Note 3 dalam hal konektiivitas.

Kehadiran Galaxy Note 3 Neo ini merupakan bagian dari kecenderungan adanya perubahan target penjualan para vendor pada kelas menengah ke bawah. Sebelumnya, beberapa vendor seperti LG dan HTC One juga melakukan hal yang sama dengan merilis masing-masing LG G Pro Lite yang merupakan “pengerucutan” dari LG G Pro dan HTC One Mini dari HTC One.

Kendati sasarannya untuk kalangan berbudget rendah, namun Samsung belum mengumumkan secara resmi harga Galaxy Note 3 Neo. Termasuk belum ada informasi jadwal peluncuran Note 3 Neo secara internasional. Sebab, phablet ini baru dirilis di Polandia.

Tinggalkan komentar