Gonta-ganti Font Ponsel Android dengan My Font

Jika Anda pengguna smartphone Android yang merasa bosan dengan jenis huruf atau font default di ponsel, bisa mencari model huruf lain sesuai kesukaan Anda. My Font merupakan salah satu aplikasi pilihan pengganti jenis huruf di smartphone Android.

Untuk mendapatkan aplikasi My Font, Anda tinggal masuk ke Google Play, lalu cari My Font di boks pencarian. Jika sudah muncul, tinggal langsung diunduh dan aplikasi ini gratis. Kapasitasnya tidak terlalu besar, hanya 2,1 MB. Aplikasi ini tersedia di sistem operasi Android mulai dari versi 2.2 hingga ke atas.

Jika My Font sudah diunduh, Anda tinggal memilih jenis-jenis huruf cantik dan menarik. My Font menyediakan ratusan jenis huruf untuk diunduh secara online. Huruf-huruf ini terbagi dalam beberapa kelompok, yakni English, Spanish, French, Russina, Japannese, Korean, Chinese Traditional dan Chinese Simplified.

Dalam tiap kelompok tersedia ratusan model huruf. Misalnya, English terdapat jenis huruf SF Wonder Comic, antikythera, architectsDaughter, dan lainnya. Setiap nama model huruf ditulis sesuai dengan tampilan yang akan muncul nanti jika diunduh, atau preview.

Cara mengatur atau memasang huruf juga tidak terlalu rumit. Setelah My Font dibuka, akan muncul kotak dialog dengan klasifikasi huruf berjejer ke bawah, dan tiga menu utama berjejer di atas. Tiga menu utama dimaksud yakni online, local dan custom. Di menu online, Anda bisa mengunduh ratusan font gratis dari berbagai kelompok atau klasifikasi.

Ketik salah satu klasifikasi, misalnya English. Lalu akan muncul berbagai model font. Pilih salah satunya, nanti akan muncul font yang dipilih mulai terkecil hingga terbesar. Lalu klik, nanti font akan berubah otomatis semuanya.

Pemasangan My Font sangat mudah jika ponsel Android yang dipakai adalah Samsung. Instal font di ponsel Samsung hanya tinggal klik model font yang dipilih, huruf otomatis berubah. Sementara merek ponsel lain mesti direboot dulu atau direstart.

Selain secara online, Anda juga bisa mengubah huruf secara lokal dan custom. Kalau secara lokal, Anda mesti masuk ke menu setting–> device –> display — font. Anda juga bisa menginstal font buatan sendiri di menu custom.

Tinggalkan komentar