Google Rilis Mode Gelap di Play Store, Begini Cara Aktifkannya

Setelah WhatsApp yang sudah memiliki mode gelap (dark mode), kali ini Android juga mengumumkan ketersediaan tema gelap ini. Pengumuman itu disampaikan Google Play Store dalam akun resmi Twitter miliknya.

Untuk mengaktifkan mode gelap ini sangat mudah.

Pertama buka Google Play. Lalu klik ikon tiga baris yang berada di atas kanan.

Setelah itu, klik pengaturan atau setting, lalu klik tema. Di sana ada tiga pilihan, yakni “terang”, “gelap” dan “default”. Pilih saja gelap. Nanti tampilan dasar Google Play menjadi gelap.

Mode gelap ini sudah lama ditunggu para pengguna smartphone non Android 10. Sebab sebelumnya, mode gelap ini hanya tersedia di Android 10.

Saya sendiri mencoba di smartphone Android 9 dan ternyata mode gelap di Google Play bisa diaktifkan.

Google Play sendiri melalui akun Twitternya membagikan video cara mengaktifkan mode gelap. Jika kamu masih belum paham bisa mengeceknya di Twitter.

Mode gelap sebenarnya bukan untuk hanya tampilan yang bagus dan artistik. Fitur ini dikabarkan bisa menghemat baterai ponsel Android.

Selain itu, mode ini juga bisa membuat mata nyaman dan tidak lelah, sehingga kamu bisa lama-lama berselancar untuk mencari aplikasi yang kamu inginkan.

Fitur “Dark Mode” sendiri bukan merupakan hal baru bagi Google. Sejumlah aplikasi lain buatan Google juga telah lebih dulu memiliki fitur ini.

Beberapa aplikasi tersebut antara lain, Google Calculator, Google Calendar, Google Clock, Google Contacts, Google Keep, Google Discover, Google Message, Google Maps, Google News, Google Phone, Google Play Games, Snapseed, dan YouTube.

Tinggalkan komentar