Hati-hati, WhatsApp Ternyata Bisa Diretas

Peringatan bagi pengguna aplikasi WhatsApp. Baru-baru ini Facebook memberikan pernyataan bahwa Whatsapp bisa diretas. Sebab, terdapat celah keamanan di aplikasi yang kini menjadi anak Facebook.

Dikutip Kompas Tekno, Selasa (19/11/2019), WhatsApp bisa diretas melalui kiriman video format MP4.

Facebook menjelaskan bahwa terdapat masalah keamanan dalam sejumlah versi aplikasi WhatsApp. Yakni pada proses parsing metadata file MP4 dan bisa digunakan untuk serangan DoS (Denial of Service) atau RCE (Remot Code Execution).

Kelemahan itu bisa dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk mengintip pesan pengguna hingga mengambil alih perangkat.

Namun jangan khawatir, WhatsApp berusaha untuk mengatasi masalah keamanan tersebut dengan memberikan pembaharuan atau update aplikasi.

Disebutkan bahwa celah keamanan itu terdapat pada WhatsApp versi 1.19.274 di Android, versi 1.19.100 di iOS dan 2.25.3 di Enterprise Client.

Lalu di sistem operasi lain, WhatsApp yang mudah dibobol adalah versi 2.18.368 di Windows Phone, WhatsApp Business versi 1.19.104 di Android dan WhatsApp Business versi 1.19.100.

Meski mudah dibobol, namun hingga kini belum ada informasi bahwa terkait pengguna WhatsApp yang sudah diretas.

Agar tidak diretas, pengguna WhatsApp, terutama di ponsel-ponsel lebih tua untuk segera memperbaharuinya.

Sumber: Kompas Tekno

Tinggalkan komentar