IdeaPad Duet Chromebook: Fitur, Spesifikasi dan Harga

Lenovo merilis tablet yang bisa diubah menjadi laptop, IdeaPad Duet Chromebook. Tablet 2-in-1 ini mengusung layar 10,1 inci.
Perangkat mobile ini memiliki papan ketik fisik yang dicopot. Ketika penggunanya ingin menjadikan tablet berfungsi laptop, maka papan ketik ini dipasang sehingga bisa dipakai untuk kegiatan komputasi.

Dikutip dari Lenovo, IdeaPad Duet Chromebook memiliki beberapa fitur menarik. Berikut penjelasannya.

Proses booting sangat cepat

Lenovo mengklaim IdeaPad Duet memiliki kinerja mesin yang sangat cepat, melakukan booting sekitar 8 detik sehingga bisa menjaga file terbebas dari virus. Pembaharuan perangkat lunak otomtis masih bisa berjalan meski perangkat ini dipakai.

Sistem Operasi Chrome

Laptop plus tablet ini berjalan di atas sistem operasi Chrome milik Google. Pengguna bisa login ke akun Google untuk menikmati pengalaman-pengalaman OS Chrome.

Karena campuran dengan tablet PC, maka perangkat ini memiliki akses ke Google Play Store untuk mengunduh aplikasi hiburan atau game-game terbaik Android.

Praktis

Desain IdeaPad Duet Chromebook sebenarnya adalah tablet PC, namun bisa dipakai sebagai laptop dengan bentang layar 10,1 inci. Nyaman dan prkatis dibawa serta memiliki keyboard yang responsif.

Papan ketik (keyboard) bisa dipasang dan dicopot serta mudah untuk dikoneksi kembali dengan tablet.

Desainnya yang elegan, ringan dan tipis sehingga tidak ribet untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, durasi daya baterainya cukup besar. Namun Lenovo tidak menyebutkan berapa kapasitasnnya. Ia hanya menyebutkan bahwa IdeaPad Duet bisa dipakai hingga 10 jam.

Desain unik

Tablet ini memiliki desain warna yang unik, bagian kanan berwarna Grey Iron dan kiri Ice Blue dengan cover punggung bertekstur kain yang canggih.

Layar 10,1 inci hampir menutup permukaan depan tablet ini dengan menyisakan bezel yang sedikit. Rasio bodi ke layar sekitar 95 persen dengan resolusi 1920×1200 atau 400ppi. Kualitas layar ini mampu menampilkan gambar dan video dengan warna yang tajam, jernih dan detail.

Namun untuk konektivitas internet, IdeaPad Duet tidak mendukung kartu GSM, hanya mengandalkan jaringan WiFi. Artinya tablet ini tidak bisa dipakai untuk panggilan teleon GSM. Panggilan telepon bisa dilakukan melalui aplikasi seperti WhatsApp, instagram dan sejenisnya.

Tablet ini mulai tersedia untuk pre-order pada 11 Mei 2020 dan dilepas seharga Rp 4,4 juga untuk varian RAM 4GB/128GB.

Spesifikasi IdeaPad Duet Chromebook

  • Layar: 10,1 inci tipe IPS FHD resolusi 1920×1200
  • Prosesor: MediaTek Helio P60T Octa-Core
  • GPU: ARM G72 MP3 800 GHz
  • Sistem Operasi: Chrome OS
  • Baterai: Durasi pemakaian hingga 10 jam
  • RAM dan ROM: 4GB LPPDR4X/64GB dan 4GB LPPDR4X/128GB
  • Kamera: Belakang 8MP auto-focus, depan 2MP dengan fitur indikator LED
  • Konektivitas: Wifi 2×2 02.11 a/b/g/n/ac dan Bluetooth 4.2
  • Aplikasi bawaan: Kalkulator, Chrome Browser, Chrome Canvas, Files, Google Docs, Google Drive, Google Keep, Google Play Movies, Google Play Music, Google Play Store, Google Sheets, Google Slides.

Satu pemikiran pada “IdeaPad Duet Chromebook: Fitur, Spesifikasi dan Harga”

Tinggalkan komentar