Jenis Konten YouTube yang Bisa Datangkan Banyak Trafik

  • Whatsapp
hasilkan uang dari Youtube
YouTube

Saat ini banyak artikel yang berisi tips cara menghasilkan uang dari YouTube. Namun kebanyakan tips tersebut tidak mendalam, hanya membahas garis besarnya saja, dan bahkan kebanyakan klise. Sejumlah artikel kerap menambahkan istilah “cara jitu”, “cara mudah” atau “cara cepat” menghasilkan uang dari YouTube.

Deretan tips tersebut hanya capek untuk dibaca namun tidak ada hal praktis yang bisa diambil. Tentu saja, artikel itu bukan berarti tidak bermanfaat. Namun terkadang saat ini, orang lebih membutuhkan bahasan tentang hal-hal praktis bagaimana menghasilkan uang melalui YouTube.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube. Namun cara itu tidak instan, melainkan memerlukan proses yang cukup panjang. Proses itu mengandung usaha yang keras, ulet, dan telaten serta disertai banyak berdoa.

Selain itu, Anda juga harus mengerti konten video YouTube seperti apa sih bisa mengundang banyak trafik atau penonton. Hal ini penting agar konten YouTube Anda tidak sia-sia. Anda sudah berusaha dan mengeluarkan dana yang tidak kecil demi membuat konten, tetapi hasilnya mengecewakan. Anda tidak mau seperti itu kan? Oleh karena itu, ide tentang konten yang menarik itu juga penting, bahkan menjadi utama.

Oleh karena, simak terus ulasan ini sehingga Anda bisa benar-benar mengerti bagaimana bisa membuat konten menarik sehingga bisa menghasilkan banyak uang.

Deretan YouTuber kaya

Sebagai motivasi, seperti perlu ada sedikit kisah-kisah mereka yang sukses dan kayar berkat YouTuber. Tak usah jauh-jauh ke luar negeri, sejumlah YouTuber Tanah Air juga ada yang sudah kaya raya berkat menjadi YouTuber. Berikut YouTuber kaya raya asal Indonesia.

1. Atta Halilintar

Dikutip dari Kompas.com, Atta Halilintar meraup uang Rp 22,4 miliar per bulan dari YouTube. Bahkan, Purple Promotional Product menobatkan Atta masuk ke daftar 10 YouTuber terkaya di dunia.

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada April 2020, Atta mengumumkan jumlah subscriber-nya yang mencapai 22 juta. Ia juga disebut mewakili Indonesia dalam deretan top 500 YouTuber versi SocialBlade.

2. Baim Wong

Menyusul Atta, seorang aktris Baim Wong juga termasuk orang tajir dari YouTube. Dengan 14,4 juta subscriber, Baim WonG mampu meraup pendapatan hingga Rp 13,29 miliar.

3. Raffi Ahmad

Selain dari honor mengisi acara di televisi nasional, Rafi Ahmad juga mendapat kekayaan dari YouTube. Suami Nagita Slavina ini bersama istrinya mengisi konten YouTube dan meraup Rp 10,87 miliar per bulan.

4. Deddy Corbuzier

Begitu juga dengan pesulap yang kini menjadi presenter acara di televisi, Deddy Corbuzier. Dengan 10,1 juta subscriber, pria yang khas kepala pelontos itu bisa uang Rp 7,75 miliar dari YouTube.

5. Andre Taulany

Komedian Andre Taulany mendapat Rp 6,85 miliar dari YouTube dengan jumlah subscriber 3,58 juta.

6. Ria Ricis

YouTuber perempuan Ria Ricis juga meraup pendapatan yang tidak kecil dari YouTube. Ia mendapat Rp 5,55 miliar per bulan dari YouTube. Ria memiliki 21,1 juta subscriber.

Selain mereka yang disebutkan tadi, banyak lagi YouTuber lainnya dari Indonesia yang kaya dari aplikasi video milik Google itu. Sebut saja Gen Halilintar, Arif Muhammad, Sule, dan Anang-Ashanty.

Kamu tertarik untuk menjadi seperti mereka? Tentu saja ya. Menjadi YouTuber itu memang sangat menggiurkan.

Tapi keberhasilan mereka itu tidak dicapai dalam waktu singkat. Butuh perjuangan yang panjang serta ide-ide yang cemerlang untuk menghasilkan konten yang menarik sehingga ditonton banyak orang.

Cara menghasilkan uang dari YouTube

Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, bagaimana mereka bisa mendapatkan uang sampai miliaran rupiah hanya dari konten YouTube? Lalu jawaban yang biasa dilontarkan adalah dari iklan? Ya itu benar. YouTuber mendapat uang dari komisi iklan yang tayang di konten mereka via YouTube.

Tapi bukan hanya itu saja sih. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari YouTube. Berikut penjelasannya yang sebagian dikutip dari Dewaweb.

1. Iklan Adsense

Iklan Adsense dari Google memang menjadi tujuan utama kebanyakan orang membuat kanal YouTube. Semakin kontennya ditonton banyak orang, maka potensi meraup pendapatan banyak lebih besar.

Maka para YouTuber berlomba-lomba mendapatkan banyak subscriber demi meraih penghasilan yang tinggi. Bahkan banyak pula di antara mereka yang membuat konten kontroversi demi konten YouTube.

Konten itu bahkan sampai menjurus pada perbuatan negatif. Sebut saja YouTuber asal Bandung, Ferdian Paleka yang membuat heboh se-Indonesia karena membuat konten prank pembagian sembako sampah kepada para transgender. Karena perbuatannya, ia harus berurusan dengan hukum. Jangan ditiru yang guys!

2. Jual video

YouTube bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi Anda menjual video. Anda bisa menjadi video-maker lalu karyanya dipromosikan di YouTube.

Namun konten promosi di YouTube hanya berupa teaser atau lead saja. Selanjutnya, dalam tesaer itu, Anda mengarahkan penonton ke link website penjualan video karya Anda.

3. Bisnis afiliasi

Hampir mirip dengan jual video. Anda bisa memanfaatkan YouTube untuk menjual produk orang lain. Ini biasanya disebut bisnis afiliasi.

Banyak perusahaan yang menawarkan afiliasi dengan sistem komisi. Anda bisa menjual produk perusahaan lain dengan menyiman link affiliate produk dari perusahaan tersebut.

Anda bisa membuat konten tentang produk yang dijual dengan dikema semenarik mungkin. Ini potensinya sangat besar. Perlu diketahui bahwa orang saat ini sudah malas untuk membaca iklan dalam bentuk teks panjang. Mereka lebih cenderung menyukai iklan dalam bentuk video karena tidak harus capek-capek untuk membaca.

3. Live Speaking

Anda pernah menonton YouTube dengan ada tulisan “siarang langsung” di sudut kiri atas layar YouTube? Ya itu adalah salah satu ficer live streaming yang dimiliki YouTube.

Anda bisa membuat konten dengan live streaming seperti bermain game. Itu potensi besar untuk menarik minat penoton terutama kaum muda penggila game. Potensi uang yang didapat adalah menjadi sponsor produk.

Video yang bisa menarik penonton

Jika Anda ingin menjadi seorang YouTuber sukses, maka salah satu syarat utamanya adalah membuat konten yang menarik. Konten yang menarik akan mendatangkan banyak trafik.

Konten-konten apa saja sih yang bisa menarik banyak penonton? Berikut jenis-jenis konten YouTube yang bisa mendatangkan banyak trafik.

1. Voice Over

Ini mirip dengan podcast namun ditayangkan di YouTube. Anda bisa bercerita tentanga banyak hal, baik tentang fakta menarik dari sebuah peristiwa, tanggapan tentang berita aktual, review tentan film atau musik.
Cerita itu kamu rekam lalu unggah ke YouTube. Kamu juga bisa sisipkan berupa gambar di antara narasi itu, atau hanya narasi saja pun tak masalah. Model voice over ini bisa mendatangkan banyak penonton.

2. Video konten list

Banyak YouTuber yang membuat konten yang berisi daftar fakta-fakta menarik tentang sesuatu hal. Konten itu ternyata menarik banyak penonton. Konten ini disebut tayangan list.

Misalnya, kamu bisa bikin konten “Daftar 10 Ojek Wisata yang Menyeramkan”. Anda bisa mengambil bahannya dari berbagai sumber dengan cara diulas sedikit, jangan semuanya ya karena itu bisa melanggar hak cipta. Tayangan slide-nya bisa berupa cuplikan video, gambar, tangkap layar berita dan lainnya.

3. Video tutorial

Banyak orang yang belum mengerti tentang cara atau metode melakukan hal yang bermanfaat. Nah, ini menjadi salah satu ide untuk menciptakan konten tentang tutorial.

Anda bisa membuat tutorial, misalnya, “Cara merias wajah cantik dalam 5 menit” atau “Tutorial membuat akun YouTube” dan konten tutorial lainnya.

Ini bisa mendatangkan banyak penonton atau trafik juga lho. Anda bisa membuat konten itu dengan judul yang kira-kira sangat menarik.

4. Video cerita game

Konten ini lebih disukai mulai dari anak kecil hingga remaja. Anda misalnya memiliki hobi bermain game Free Fire dan cukup handal dalam memainkannya, bisa membuat konten bermain game dengan tambahan narasi yang menarik.

Atau Anda bisa membuat tips dan trik bermain game tersebut sambil menunjukkan caranya. Anda merekam video permainan game dan kemudian mengunggahnya di YouTube. Ini pasti akan menarik.

5. Unboxing produk

Kadang orang penasaran terhadap salah satu produk yang diinginkan tapi belum terbeli. Misalnya, produk sebuah ponsel terbaru. Anda bisa melakukan unboxing ponsel tersebut.

Anda bisa membuat konten unboxing ponsel baru semenarik mungkin dan mengundang rasa kepenasaran penonton. Anda merekam dari awal datang itu ponsel ke tangan Anda, lalu membukanya dan merinci apa saja yang ada dalam dus ponsel tersebut, selain unit smartphone. Konten ini juga akan menarik banyak penonton.

Demikianlah jenis konten yang bisa menghasilkan banyak trafik atau penonton. Anda bisa membuat salah satunya agar bisa lebih fokus. Kami sarankan jangan semua jenis konten tadi Anda bikin, nanti akan kewalahan. Lebih baik satu konten saja tetapi fokus sehingga Anda bisa menjadi YouTuber sukses dapat menghasilkan banyak uang. Jangan lupa, jika Anda berhasil, sisihkan sebagian untuk sedekah ke orang yang membutuhkan, mulai warga miskin hingga anak yatim. Insya Allah rezeki Anda akan semakin melimpah.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *