Kelebihan dan Kekurangan Lenovo ThnikPad X1 Fold

Lenovo mulai menjual secara pre-order ThinkPad X1 Fold, sebuah laptop yang satu-satunya di dunia dengan layar lipat. Laptop tersebut sudah bisa dipesan dengan harga cukup fantastis, yakni sekitar Rp 37,1 jutaan.

Laptop ini memang memiliki spesifikasi yang canggih. Selain prosesornya bertenaga kuat, desainnya juga bisa dijadikan berbagai bentuk, mulai tablet, notebook hingga personal computer (PC). Tentu saja layarnya yang lipat juga menjadi andalan utama laptop besutan Lenovo ini.

Namun demikian laptop ini juga memiliki kekurangannya tersendiri. Pada artikel ini kami akan kupas kelebihan dan kekurangan Lenovo ThinkPad X1 Fold.

Kelebihan dan kekurangan Lenovo ThinkPad X1 Fold

Laptop Lenovo ThinkPad X1 Fold diperkenalkan pada Januari lalu dengan konsep desain berbeda. Laptop ini memiliki layar yang bisa dilipat. Bahkan Lenovo mengklaim ThinkPad X1 Fold adalah laptop dengan layar yang bisa dilipat pertama di dunia.

ThinkPad X1 Fold menggunakan layar sentuh OLED seluas 13,3 inci dengan resolusi 2.048 x 1.536 piksel dan aspect ratio 4:3 ketika dibentangkan.

Layar ThinkPad X1 Fold bersifat fleksibel dan bisa berubah wujud menjadi beberapa perangkat, mulai notebook, tablet bahkan hingga personal computer. Laptop ini dilengkapi dengan dua kaki untuk berdiri sehingga bisa dipakai sebagai desktop.

Lenovo ThinkPad X1 Fold berjalan di atas sistem operasi Windows 10 dengan konektivitas 5G.

Soal mesin, Lenovo ThinkPad X1 Fold ditenagai prosesor Intel Core i5-L16G7 (5 inti CPU, 5 threads) dengan kecepatan jam 1,4 GHz (base) dan 3,0 GHz (boost), dipadu dengan RAM (LPDDR4X 4.267 Mhz) 8 GB dan SSD hingga 1 TB.

Laptop ini memiliki bobot ringan 999 gram dan kapasitas baterai sebesar 50 Wh serta mendukung fast charging 65 Watt.

Fitur lain yang dibawa Lenovo ThinkPad X1 Fold di antaranya Wi-Fi 6 on-board, dua port USB Type-C, satu slot kartu SIM, dan aksesoris pena digital Lenovo Mod Pen. Laptop ini dijual dengan harga cukup fantastis, yakni sekitar Rp 37 jutaan.

Kelebihan Lenovo ThinkPad X1 Fold

Laptop ini memiliki kelebihan, antara lain:

– Laptop pertama di dunia yang memiliki layar lipat dan desain ringan plus tipis.

– Fungsinya bisa diubah menjadi tablet, notebook, desktop dan PC.

– Tenaga mesin sangat kencang dan kuat dengan prosesor terbaru dari Intel dan RAM besar 8GB.

Kekurangan Lenovo ThinkPad X1 Fold

Kendati memiliki banyak kelebihan, namun laptop ini juga tidak lepas dari kekurangan, antara lain:

– Harganya mahal

– Ada aksesoris penting opsional yang harus dibeli terpisah seperti keyboard bluetooth dan Mod Pen serta Easel Stand.

Kendati demikian, laptop ini tetap menjadi yang terbaik di antara perangkat serupa buatan Lenovo. Saat ini laptop tersebut sudah dijual dengan masih sistem pesan terlebih dahulu. Jika Anda berminat silakan berkunjung ke situs resmi Lenovo atau e-commerce terkemuka.

Tinggalkan komentar