Kelebihan Telegram Dibanding WhatsApp

  • Whatsapp
Telegram

WhatsApp menunda kebijakan privasi baru setelah aturan itu memicu kontroversi di kalangan pemakainya. Bahkan banyak pemakai yang berencana pindah ke aplikasi chat lain karena merasa tidak aman lagi menggunakan WhatsApp pasca-rencana kebijakan tersebut.

Perlu diketahui, WhatsApp hendak memberlakukan kebijakan privasi baru pada 8 Februari 2021. Aturan yang mengundang perdebatan itu adalah seputar keamanan data karena WhatsApp akan meneruskan informasi pengguna yang bersifat pribadi seperti lokasi, alamat IP, perangkat dan daftar kontak.

Kebijakan itu sifatnya “memaksa”. Bagi pengguna yang tidak setuju dipersilakan untuk menghapus aplikasinya di ponsel. Akibatnya, banyak pengguna yang keberatan dan lebih memilih pindah ke aplikasi lain. Bahkan, seorang miliarder sekaligus CEO SpaceX yang memprduksi mobil listrik Tesla, Elon Musk, menyarankan agar pengguna beralih ke Telegram.

WhatsApp pun buru-buru memberi klarifikasi terkait kebijakan itu. Pihak perusahaan menegaskan bahwa kebijakan itu untuk pengguna WhatsApp bisnis. Sementara WhatsApp biasa tetap data pribadi terjaga. Chat antar-individu tetap terenkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Kemudian kabar terbaru menyebutkan bahwa WhatsApp menunda pemberlakuan kebijakan tersebut. Hal itu diumumkannya lewat blog WhatsApp. WhatsApp menyatakan bahwa kebijakan itu akan berlaku pada 15 Mei mendatang.

Dalam blog itu, WhatsApp juga menyebutkan bahwa banyak yang salah memahami tentang kebijakan tersebut. Ia menyatakan bahwa WhatsApp dibangun atas sebuah ide yang sederhana, yakni apa yang pengunanya bagika ke teman dan keluarga, tetap hanya diketahui oleh mereka. Ini artinya bahwa WhatsApp tetap akan melindungi percakapan personal dengan enkripsi dari ujung ke ujung.

Pembaharuan yang akan dilakukan, kata WhatsApp, adalah memberi opsi baru pada orang yang ingin menggunakan WhatsApp bisnis, lalu datanya dikirim ke Facebook. WhatsApp menyatakan pihaknya akan bersikap transparan tentang cara data dikumpulkan dan digunakan.

Kendati demikian, sebagian pengguna tetap saja berencana untuk pindah ke aplikasi serupa lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin pindah ke aplikasi chat alternatif Telegram, kiranya perlu mengetahui dahulu apa fitur-fitur Telegram yang menarik dan bahkan tidak tersedia di WhatsApp.

Kelebihan Telegram dibanding WhatsApp

Telegram sudah cukup lama menjadi salah satu aplikasi chat pilihan terbaik untuk berkomunikasi. Telegram ini memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan WhatsApp.

Dalam sebuah pengumuman via chat ke penggunanya, Telegram menyatakan akan menjamin keamanan data penggunanya.

“Selama 7 tahun terakhir ini, Telegram sudah melindungi data pribadi orang di seluruh dunia,” tulis Telegram.

Telegram memiliki sejumlah kelebihan dan fitur menarik untuk penggunanya. Fitur dimaksud antara lain:

1. Edit pesan yang sudah terkirim

Fitur ini berguna bagi pengguna yang salah ketik pesan namun sudah terlanjur terkirim. Di WhatsApp, fitur tersebut tersedia. Jika ada typo, pilihannya adalah menghapus pesan itu atau meralatnya dengan mengirim pesan baru.

Sementara di Telegram, pengguna bisa mengedit pesan salah ketik yang terlanjur terkirim. Caranya adalah tekan pesan yang sudah terkirim, lalu pilih opsi edit.

2. Kirim dokumen dan video hingga 2GB.

Ini juga salah satu kelebihan Telegram yang tak tersedia di WhatsApp. WhatsApp tidak mampu mengakomodasi penggunanya untuk mengirim dokumen atau video hingga ratusan MB.

Namun di Telegram, pengiriman dokumen dan video bisa mencapai hingga 2GB. Artinya, pengguna Telegram bisa lebih leluasa untuk mengirimkan data dengan kapasitas besar.

3. Obrolan suara bisa 5.000 peserta

Kelebihan lainnya yang tidak ada di WhatsApp adalah peserta obrolan suara. Di Telegram, obrolan suara bisa melibatkan 5.000 peserta. Pengguna bisa melakukan rapat atau pertemuan via Telegram karena kapasitas peserta sangat banyak. Apalagi di era pandemi ini, rapat via online disarankan demi mencegah penularan Covid-19.

4. Stiker dan tema lucu

Telegram memiliki stiker dan tema lucu. Soal stiker, WhatsApp juga memiliki fitur itu. Namun di Telegram, stiker memiliki jumlahnya yang lebih banyak dan menarik.

Selain itu, pengguna juga bisa mengganti tema aplikasinya sehingga tidak monoton dan membosankan. Sementara WhatsApp tidak bisa mengganti tema.

5. Edit video langsung

Melihat fitur ini malah membuat saya makin yakin bahwa Telegram bisa jadi alternatif penggani WhatsApp. Ya, menyunting video langsung sebelum dikirim ke kontak lain adalah kelebihan luar biasa dari Telegram.

Kalau menggunakan WhatsApp, ketika ingin mengirim video, biasanya diedit terlebih dahulu di aplikasi lain. Sementara di Telegram aplikasi edit video itu sudah menyatu dan menjadi fitur. Pengguna bisa lebih praktis lagi ketika hendak mengirim video tapi perlu diedit.

Penutup

Sebenarnya banyak fitur lain yang dimiliki Telegram dan menjadi keunggulannya dibanding WhatsApp. Namun fitur-fitur yang dijelaskan tadi adalah yang utama. Misalnya ada fitur akun lebih dari satu dan verifikasi tidak menggunakan nomor ponsel. Lalu ada pula fitur folder untuk menyimpan obrolan penting dengan teman atau rekan kerja.

Jika Anda sudah membaca kelebihan Telegram dibanding WhatsApp, apakah tertarik? Atau masih ingin menggunakan WhatsApp? Pilihan ada di tangan Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *