Ketika Jokowi Terabas Banjir Kalsel dengan Land Cruiser 200

  • Whatsapp
Jokowi terabas banjir
Presiden Jokowi memantau banjir di Kalimantan Selatan. (Credit: Akun Facebook Presiden Joko Widodo).

Presiden Joko Widodo melakukan kunjugan sekaligus meninjau kondisi banjir di Kalimantan Selatan yang terjadi beberapa terakhir ini. Dalam kesempatan itu, mobil Jokowi dan rombongan menerabas banjir yang cukup tinggi namun kendaraannya tidak mogok.

Dilansir Kompas.com, Jokowi dan rombongan menuju Kota Banjarbaru, Kalsel, dengan menumpangi pesawat kepresiden RI-1. Jokowi bertolak dari Pangkalan Halim Perdana Kusuma, Senin (18/1/2021).

Setibanya di Banjarbaru, Jokowi menggunakan mobil Toyota Land Cruiser 200 yang merupakan mobil dinas. Ia dan rombongan menerabas jalan yang tergenang banjir. Foto Jokowi menerabas banjir pun viral.

Di belakang Jokowi, rombongan mengikutinya dengan menumpangi Toyota Land Cruiser Prado yang merupakan kendaraan jenis sport utility vehicle.

Memantau banjir

Dalam postingan di Facebook resminya, Presiden Joko Widodo, Jokowi mengatakan, pihaknya sudah melihat langsung dampak banjir di sejumlah tempat di Kalimantan Selatan. Menurut Jokowi, banjir di wilayah itu disebabkan oleh meluapnya Sungai Barito akibat curan hujan yang sangat tinggi selama 10 hari.

“Saya sudah melihat langsung dampak banjir di sejumlah tempat di Kalimantan Selatan. Curah hujan yang sangat tinggi selama hampir sepuluh hari berturut-turut menyebabkan Sungai Barito meluap,” tulis Jokowi.

Akibat banjir tersebut, lanjut Presiden, sejumlah sarana penghubung rusak, salah satunya Jembatan Mataraman di Kabupaten Banjar yang runtuh. Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi.

“Saya telah memerintahkan kepada Menteri PUPR untuk memperbaiki beberapa jembatan yang runtuh, kalau bisa selesai dalam tiga atau empat hari ini, agar mobilitas dan distribusi barang tidak terganggu,” katanya.

Menurutnya, pemerintah sudah menangani dengan baik warga yang terdampak banjir. Kini ia tinggal memastikan ketesediaan logistik dan kebutuhan lain untuk pengungsi.

Jokowi juga menyampaikan belasungkawa kepada korban banjir di Kalsel. Diketahui, banjir di Kalimanten Selatan menyebabkan 15 orang meninggal dunia. Hal itu berdasarkan data yang dihimpun Badan Nasonal Penanggulangan Bencana (BNPB). Bencana alam ini juga memaksa 39.549 warga mengungsi.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal dalam musibah banjir di Kalimantan Selatan ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” ucap Jokowi.

Spesifikasi Land Cruiser 200

Jokowi sering menggunakan mobil Toyota Land Cruiser untuk aktivitas kunjungan ke daerah. Mobil tersebut memang cocok untuk jalan-jalan terjal yang sulit dilalui oleh kendaraan kecil.

Land Cruiser 200 yang digunakan untuk menerabas banjir adalah tipe mesin diesel 4.461 cc. Mobil ini di Indonesia dijual seharga Rp 2,4 miliar lebih.

Mobil jenis SUV ini menggunakan mesin V8 Diesel Commonrail 4.461 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 235 PS pada 3.200 rpm dan torsi maksimum 62,8 Ps pada 2.200 rpm.

Ada sejumlah fitur keamanan untuk pengendaranya, yakni dual front SRS Arbags, corner dan parking sensir, ABS, ABS + EBD serta Hill Start Assist Control. Fitur lainnya juga adalah Camera Control, Alarm System, Keyless Entry, Auto Lock System dan Key Smart.

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *