Keunggulan WeChat dibanding BBM dan WhatsApp

  • Whatsapp

Menggunakan aplikasi WeChat ternyata lebih menarik dan menantang dibanding BlackBerry Messenger dan WhatsApp. 

Terutama beberapa fitur WeChat yang tidak tersedia di kedua aplikasi chatting (obrolan) ini. Kami akan sajikan beberapa keunggulan WeChat dibanding BlackBerry Messenger (BBM) dan WhatsApp.

Menambah Pertemanan

Pertama adalah dalam menambah pertemanan. Kedua aplikasi ini memiliki cara berbeda dalam menambah teman. Aplikasi BBM dalam cara menambah teman memang standar dan hampir sama dengan aplikasi lainnya seperti WhatsApp. Bahkan sama dengan aplikasi pesan singkat (SMS) standar. Kalau BBM dengan Pin, WhatsApp dengan nomor telepon dan Id. Kedua aplikasi ini cenderung tertutup. Artinya, orang bisa berhubungan jika masing-masing sudah saling memberi PIN, nomor telepon atau nomor Id.

Sementara WeChat, selain dengan nomor telepon dan nomor Id juga bisa dengan melacak menggunakan GPS dengan dua fitur andalan, yakni “Look Around” dan “Shake” (goncang). Look Around adalah pencarian teman sesama pengguna WeChat yang jaraknya dekat atau di sekeliling, maksimal jauhnya 3 kilometer. Sedangkan Shake adalah pencarian teman dengan menggoncangkan ponsel atau dalam kasus BlackBerry adalah memijit tombol “Shake” atau “goncang”.

Kalau Look Around mencari teman terdekat lokasinya, sementara “Shake” mencari teman tak terbatas jarak. Siapapun dan dimanapun pengguna WeChat baik di kota lain atau di negara lain, bisa terdeteksi dengan cara menggoncangkan ponsel. Tentu saja, mereka terdeteksi jika sama-sama menggoncangkan ponsel.

Kedua fitur ini memungkinkan kita menambah teman yang sama sekali belum dikenal sebelumnya. Filosofi mencari teman baru memang mengena untuk dua fitur “Look Around” dan “Shake” ini. Berbeda dengan BBM atau WhatsApp yang memungkinkan menambah teman jika sudah dikenal sebelumnya. Atau setidaknya, sempat komunikasi terlebih dahulu dengan calon teman dengan saling memberi PIN atau nomor telepon.

Ada fitur lain yang unik dari WeChat adalah “Drift Bottle” atau mengirim pesan lewat botol. Tujuannya sama mencari teman, namun caranya dengan “melempar botol” berisi pesan. Pengguna WeChat dari belahan dunia bisa menemukan botol berisi pesan yang telah “dilemparkan”. Mereka yang sudah menemukan botol bisa memilih apakah botol itu akan disimpan, dengan demikian menerima pertemanan, atau dibuang lagi dan mencari botol-botol yang lain.

Fitur Drfit Bottle memang tidak ada di BBM, whatsapp atau aplikasi chatting lainnya. Ini memang eksklusif untuk WeChat. Hanya saja untuk smartphone BlackBerry, fitur ini belum tersedia.

Oborolan di grup atau Group Chatting

Keunggulan lainnya dari WeChat dibanding BBM dan Whatsapp adalah oborolan di grup atau Group Chatting.
WeChat, BBM, dan Whatsapp sama-sama dilengkapi fitur yang memungkinkan pengguna membuat grup chatting atau obrolan. Namun BBM dan WhatsApp tidak memiliki fitur yang disebut Nearby chatting group atau ruang oborolan terdekat di WeChat.

Fitur ini memungkinkan seseorang masuk ke sebuah grup obrolan tanpa harus diundang terlebih dahulu. Hanya dengan mengklik tombol “ruang obrolan terdekat” di paling atas menu Look Around (lihat sekeliling), pengguna bisa bercuap-cuap ria dengan pengguna WeChat lainnya. Para anggota grup ini juga lokasinya saling berdekatan.

Demikian lah, keunggulan WeChat dibanding BBM dan WhatsApp. Pencarian teman di WeChat lebih bervariasi dan unik dibanding BBM dan WhatsApp. Jika diberi peringkat dari ketiga aplikasi ini, WeChat berada di posisi satu, disusul BBM dan WhatsApp.

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *